Dapatkah Artikel Pendek Memenuhi Kriteria SEO?





Baca Juga

Dapatkah Artikel Pendek Memenuhi Kriteria SEO? -- Sebenarnya admin kurang begitu yakin dengan artikel ini. Namun admin beranikan diri untuk membuatnya. Mungkin secara pengalaman admin masih kurang. Harus belajar dan belajar agar paham betul akan dunia blogging. Admin hanya akan sedikit mengulas tentang dampak penggunaan dari artikel panjang ataupun artikel pendek terhadap SEO Blog. Bagaimana sih cara membuat artikel yang SEO? Inilah yang sering muncul dalam benak admin sendiri. Mulai dari A sampai dengan Z admin belum begitu jelas memaknainya. Namun admin punya definisi sendiri akan hal itu.

Artikel SEO adalah artikel yang dibuat oleh seorang blogger entah panjang atau pendek dengan menyertakan kata kunci tertentu pada judul, kemudian dioptimasi pada meta tag (meta deskripsi, meta keyword dll). Pembuatan isi artikel ini sangat relevan dengan judul artikel. Kontennyapun harus original dan memiliki sejumlah kata tertentu. Jumlah kata yang bagus kurang lebih 500 s.d 700 kata.

Namun demikian jangan dijadikan definisi diatas sebagai patokan. Pendapat ini bersifat relatif menurut sudut pandang orang lain. Memang sih setelah admin liat sana-sini dan baca sana-sini banyak blogger yang menggunakan artikel yang memiliki kata berkisar dengan angka tersebut. Banyak diantara blogger yang beranggapan bahwa artikel panjang memiliki segudang informasi bagi pembaca. Artikel panjang memang dipandang sebagai artikel yang informatif dan menarik. Tapi apakah ada artikel panjang yang tidak berguna? Jawabannya adalah banyak. Hehe.

Cara membuat Artikel SEO Friendly

Nah berangkat dari situlah apakah ada alternative pemecahan masalah terhadap penggunakan jumlah kata yang harus panjang atau yang pendek untuk memenuhi kaidah artikel SEO. Mari kita sedikit berdiskusi untuk hal tersebut? Mau pilih artikel panjang SEO atau Artikel pendek SEO. Atau justru malah tidak kedua-duanya. Maka dari situ, baca dengan seksama sudut pandang dari admin berikut ini.

Kriteria Artikel Pendek yang SEO

Berikut adalah pemaparan tentang kriteria artikel pendek namun SEO.
  1. Mengandung Elemen Untuk Tujuan SEO. Elemen-elemen artikel seperti <h2> dan subheading <h3> sudah sangat jelas dipaparkan oleh mastah-mastah blogging bahwasanya keduanya sangatlah penting bagi tujuan SEO. Artikel boleh pendek. Namun jika ditata dengan pas dan rapi justru lebih SEO.
  2. Jumlah Keyword yang Pas (Keyword Density). Dalam menentukan jumlah kata kunci jujur saja admin belum begitu paham berapa yang sudah admin masukkan kedalam satu artikel admin sendiri. Menurut sumber, artikel boleh pendek hanya berkisar 300 kata namun jika penempatan kata kunci yang pas maka artikel tersebut justru akan mendongkrak posisi blog kita. Manfaatkan penempatan kata kunci dengan benar maka artikel akan sangat SEO. Dalam 300 kata sobat dapat menyisipkan 3 s.d 4 kata kunci saja. [Baca juga : Definisi Keyword Density English Version]
  3. Memasangkan Internal Link. Yang dimaksud disini adalah dengan menautkan halaman yang satu dengan halaman yang lain namun masih dalam satu blog. Gunakan link tersebut untuk menghubungkan artikel yang masih berkaitan satu dengan yang lain. Jangan lupa sobat juga harus memasangkan anchor teks yang relevan dengan judul postingan sobat yang lain dimana artikel tersebut sudah terlebih dahulu sobat tautkan didalamnya.
  4. Maksimalkan Title text dan alt text pada gambar dan pemilihan kata pada label. Kalau bisa dalam membuat artikel entah panjang atau pendek pilihlah kata yang pas untuk label sehingga lebih SEO. Ini juga berlaku pada pemasangan Title text dan Alt text pada image. Sedikit tambahan saja buanglah "imageanchor = 1" dan "border = 0" setiap kali posting artikel. Sehingga Optimasi pada gambar akan lebih maksimal. Kata orang sih? Bener or tidaknya sobat buktikan sendiri deh?! Hehe. Menurut Arlina kode diatas disarankan diganti dengan "style="border:none;". [Baca juga :  Apa itu Bounce Rate? English Version]
  5. Bagian yang terpenting adalah, Artikel yang dibuat harus Informatif dan Relevan. Dengan artikel pendek yang tidak bertele-tele dalam penyampaiannya adalah salah satu keunggulan dari artikel pendek SEO. Sobat juga tidak akan capek dalam membuatnya. Seorang blogger dapat membuat artikel yang lebih padat, kaya, lugas, tajam dan terpercaya dari pada membuat artikel panjang yang penuh dengan basa-basi. Jadi dengan artikel pendek namun SEO, sobat dapat meminimalisir waktu membaca. Sehingga pokok dari tema dapat segera ditangkap dengan benar oleh pembaca. Disisi lain, dalam membuat artikel pendek namun SEO juga harus memperhatikan bahwa konten harus tetap relevan dengan judul artikel sehingga Google akan senang dan artikel juga akan cepat terindex.

Demikian pemaparan singkat mengenai Artikel SEO yang pendek. Jadi kesimpulannya meski menggunakan artikel pendek untuk memenuhi kaidah SEO harus tetap menggunakan teknik White hat seperti diatas. Jangan lupa baca juga Hal-hal yang Harus dihindari agar blog disenangi pengunjung. Ketemu lain waktu ya sob. Terimakasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Dapatkah Artikel Pendek Memenuhi Kriteria SEO?"

Post a Comment

Peraturan Dalam Berkomentar:
1. Komentar harus relevan dengan konten blog
2. Harus menggunakan bahasa yang sopan
3. Tidak boleh menyinggung SARA or Bullying.
4. Hindari komentar SPAM. Exp: Nice gan, Makasih Gan, dll
5. Tidak ada link di dalam isi komentar. Aktif maupun tidak.

Gunakanlah Sarana Publik ini dengan Bijak. Baca dan Pahami isinya baru Berkomentar. Terimakasih.