Adakah Kelebihan SEO Off-Page Untuk Popularitas Blog?





Baca Juga

Adakah Kelebihan SEO Off-Page? -- Simpang Siur tentang SEO On-Page dan SEO Off-Page sudah terdengar sejak dulu kalaBlogger dimanapun berada pasti sudah paham betul dengan adanya istilah SEO atau yang lazim disebut dengan Search Engine Optimization. Dari istilah tersebut telah dengan pasti dibagi menjadi dua bagian penting yaitu On-Page dan Off-Page SEO. Kedua istilah ini sangat penting untuk dipelajari bagi blogger pemula ataupun blogger profesional untuk mendongkrak posisi blog/web mereka dimata mesin telusur. Banyak blogger yang berjibaku dan jatuh bangun dalam menerapkan kedua istilah ini. Mengapa? Karena blogger tidak hanya dari Indonesia saja melainkan diseluruh dunia. Namun mendapatkan posisi google page one di negara masing-masing adalah prestasi yang luar biasa bagi seorang blogger. Mendapatkan posisi pertama di mesin telusur ini tak lepas dari peran penting dari On-page dan Off-page SEO.

Manfaat dan Kelebihan SEO Off-Page

Nah dari thesis argument diatas maka admin akan dengan senang hati membuka sedikit permasalahan tentang salah satu teknik SEO tersebut. Ya SEO Off-page. Mana ada yang namanya Off artinya Mati kok ada kelebihannya? Kalau yang SEO On-Page jelas ini penting bagi kelangsungan Blog. Jadi SEO On-page pasti penting banget. Untuk masalah On-Page tidak usah dibahas lebih lanjut karena sudah banyak betebaran artikel tentang hal tersebut. Hehehe

SEO Off-Page adalah usaha dari seorang blogger untuk mendongkrak posisi web/blog mereka sendiri dari luar web/blog mereka. Teknik ini banyak digunakan oleh blogger yang memiliki blog baru dan belum memiliki jumlah pengunjung secara pasti. Teknik SEO Off-Page dipakai apabila teknik SEO On-Page dirasa tidak mampu mendongkrak posisi SERP Blog/web.
Begitulah kurang lebih tentang definisi yang admin simpulkan dari beberapa sumber. Sekali lagi, jangan menjadikan definisi tersebut sebagai patokan pola pemikiran. Ini hanyalah sekedar sudut pandang admin. Ok, admin lanjutkan tentang topik hari ini. Menyibak hal penting dari teknik yang satu ini admin rasa penting sekali. Dibandingkan dengan SEO On-page, teknik SEO Off-page sekarang ini justru diperdalam oleh banyak blogger terutama di Indonesia. Apa saja sih bentuk SEO Off-page itu? Mari admin kasih tahu.

Macam-Macam SEO Off-Page

Dari sekian banyak artikel yang bertebaran di Internet maka admin simpulkan sedikit hal tentang variasi SEO Off-page. Kesimpulannya sebagai berikut ini:
  1. Sosial Bookmark. Variasi teknik SEO ini sangat digemari blogger terutama dari luar. Mereka justru menjadikan lahan yang utama untuk membangun link yang mengarah ke blog. Sehingga traffik akan meningkat dengan sendirinya. Blogger seharusnya tidak hanya meninggalkan link saja namun juga harus berinteraksi antar sesama blogger yang lain. Contoh social bookmark yang baik adalah Digg, Pinterest, Delicious, dan StumbleUpon.
  2. Social Media. Social media merupakan hal pokok dalam dunia SEO. Sudah tahukan macam-macam social media yang terpopuler sekarang. Yap, facebook, twitter, dan Instagram adalah beberapa diantaranya. Google memperkirakan bahwa social media adalah tempat dimana banyak orang berkumpul sehingga social media diperhitungkan sebagai tempat yang memberikan dampak bagi algoritma Google dan sangat berhasil bagi peningkatan jumlah pengunjung melalui mesin telusur Google.
  3. Bergabung dengan Forum. Forum merupakan tempat yang pas untuk meningkatkan jumlah traffik. Caranya cukup mudah yaitu dengan berkomentar pada thread anggota yang lain. Thread yang dipilih haruslah sama dengan topik blog kita. Sehingga ketika kita memberikan komentar dan memberikan signature yang mengarah ke blog kita tidak akan menjadi masalah bagi anggota yang lain.
  4. Artikel dan Web Directory. Yang dimaksud dengan artikel directory adalah cara seorang blogger untuk mendongkrak blog/web dengan cara menulis artikel dan kemudian mempromosikannya kepada orang lain. Tak lupa mencantumkan link website milik kita agar pengunjung mau berkunjung ke website kita tadi. Sedangkan web directory adalah salah satu teknik off-page yang manjur. Cara ini dengan submit ke website directory. Jika kita submit ke website directory yang dofollow dan page rank tinggi bukan tidak mungkin blog kita akan terus nangkring di pencarian Google.

Nah itulah macam-macam SEO Off-page yang dapat dilakukan untuk mendongkrak posisi web/blog kita. Terus apakah ada Keuntungan dari Teknik tersebut? Yuk kita ulas kembali.

Manfaat SEO Off-Page

Dari penjelasan sebelumnya maka admin bisa sedikit menyimpulkan bahwa Teknik SEO Off-page:
  • Meningkatkan Traffic Blog. Backlink yang berasal dari website yang tergolong dofollow dan memiliki pagerank tinggi akan meningkatkan posisi blog sobat. Pada Situs dofollow tidak harus mengeklik dulu link yang sobat tanam agar menjadi backlink. Kelebihan situs dofollow adalah mesin telusur akan secara langsung mengindex link yang sudah ditanam telebih lagi jika ditanam di situs berpagerank tinggi.
  • Menambah Jumlah Sumber lalu lintas. Dengan menanam link pada website yang relevan dengan blog kita, secara otomatis akan menambah jumlah sumber lalu lintas yang mengarah pada blog kita. Menurut sumber yang terpercaya seorang mastah SEO, dengan menanam link yang terus relevan dengan blog/website yang kita miliki ,secara tidak langsung Google akan memberikan hadiah berupa status Google Page rank. Sehingga web/blog kita akan semakin dipercaya oleh pengguna situs lainnya.
  • Memperoleh Rangking Blog/website. Dalam kaitannya dengan pemberian rangking, Google memberikannya tidaklah mudah. Off-page SEO dapat dikatakan sebagai permainan popularitas web/blog. Jadi apabila kita benar dalam melakukan trik ini maka status terpercaya dari Google akan didapatkan. Terus apa saja yang harus diperhatikan agar mendapatkan rangking? Berikut adalah beberapa diantaranya. (a) Kualitas Backlink, (b) Jumlah Backlink, (c) Jumlah anchor text pada backlink, (d) Keragaman Backlink, (e) Reputasi Blog/web, dan (f) Aktivitas Sosial.
  • Dengan ketiga hal diatas maka manfaat yang terkahir tentunya Blog/web menjadi terkenal. Hayo siapa yang tidak mau terkenal?

Begitu kurang lebih tentang manfaatnya, nah bagaimana kalau ternyata jalan yang ditempuh untuk melakukan Teknik SEO itu salah? SEO Off-page yang salah biasanya ditandai dengan cara menanamkan Link Building secara berlebihan. Blogger yang demikian bersifat angkuh, malas, dan kurang komunikatif dalam memasarkan blog/web mereka sendri. Tak hanya itu, mereka jarang membuat artikel yang tidak original dan berkualitas alias Copy Paste karya orang (AGC juga termasuk).

Link Building sebenarnya memang erat kaitannya dengan teknik seperti ini. Dengan menanam link pada web/blog yang lain dengan benar maka akan membawa sejumlah trafik pada blog kita. Bila sobat belum memiliki konten yang belum berkualitas sama halnya dengan punya admin sih hehe disarankan jangan menanam backlink berlebihan. Kategori semacam ini bisa tergolong pada kegiatan SPAMMING dan Link Schemes. Apa itu semua? Lain hari kita bahas hehe.

Penanaman Link yang baik bukanlah yang menggunakan bot ataupun software. Penanaman backlink yang baik menggunakan cara-cara yang sudah disebutkan diatas sebelumnya. Nah oleh karena itu, admin mau sedikit berbagi tentang proses penanaman backlink yang kurang benar dan disalah gunakan. Diantaranya adalah sebagai berikut.

Kesalahan Dalam Menanam Backlink Untuk SEO

Berikut ini adalah sedikit sudut pandang dari admin mengenai kesalahan dalam melakukan penanaman backlink. Mari cermati dengan seksama.
  1. Membeli dan Menggunakan Jasa Backlink. Cara ini memang cepat dalam menaikkan posisi blog namun juga cepat dalam mendapatkan hukuman dari Google. Pilih mana, pakai yang aman atau tidak?
  2. Exchange Link/Tukar Link. Dulu sebelum era 2000 habis cara ini tergolong populer. Dengan bertukar langsung kepada sesama blogger maka jumlah backlink yang didapat akan segera naik dengan drastis. Tapi cara ini sudah tidak tergolong efektif. Apa masih boleh dilakukan? Monggo admin tidak melarang.
  3. Menggunakan Tool/Software Bot. Memang banyak tool/software yang menyidakan berbagai keunggulan. Dengan iming-iming ini itu dengan mudah, ternyata backlink yang ditanam justru relatif rendah. Jika demikian malah akan merusak blog/web sobat sendiri. Jadi berhati-hati adalah cara terbaik yang bisa ditempuh. Apakah cara ini boleh dilakukan? Monggo admin tidak melarang karena ini hanya sebuah diskusi.
  4. Auto-approve Link. Link yang tanpa melalui moderasi dari pemilik/admin blog disebut dengan Auto approve.
  5. Spamming. Yang namanya SPAM tidak akan pernah membawa dampak positif bagi blog/web sobat sendiri. Berupa apa sih SPAM ini? Saat sobat menjadikan sebuah forum sebagai lahan untuk menanam link (belebihan) maka dikategorikan sebagai SPAM. (#Wah admin harus berbenah juga nih. wkwkwkwk). Terkadang ada juga yang menjadikan private blog network sebagai lahan SPAM. Apakah itu? Yaitu dengan membuat anak blog dengan jumlah besar kemudian mengarahkannya pada satu blog utama. Ya katanya sih sebagai door way or pintu masuk ke blog utama. Jadi bagaimana? Yap berbenah ya... (^_^)
Demikian pemaparan singkat tentang diskusi kali ini semoga memberikan manfaat. Jangan lupa kritik dan sarannya ya. Berbagi gratis juga boleh. Sebelum ditutup, perlu admin bahas kembali Adakah keunggulan SEO Off-page untuk Blog? Jawabannya sobat semua sendiri yang menyimpulkan ya? Oh iya ini hanya sebagai lahan diskusi jangan ada bullying ataupun pencemoohan terhadap karya orang lain karena hal jelek yang kalian hina suatu saat akan terjadi pada diri Anda sendiri so respect to others is the best key for life. If you do not believe it, you can prove it someday. Thanks.

Salam Blogging !!!


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Adakah Kelebihan SEO Off-Page Untuk Popularitas Blog?"

Post a Comment

Peraturan Dalam Berkomentar:
1. Komentar harus relevan dengan konten blog
2. Harus menggunakan bahasa yang sopan
3. Tidak boleh menyinggung SARA or Bullying.
4. Hindari komentar SPAM. Exp: Nice gan, Makasih Gan, dll
5. Tidak ada link di dalam isi komentar. Aktif maupun tidak.

Gunakanlah Sarana Publik ini dengan Bijak. Baca dan Pahami isinya baru Berkomentar. Terimakasih.