5 Kesalahan Dasar Seorang Blogger Pemula (Newbie)





Baca Juga

5 Kesalahan Dasar Seorang Blogger Pemula -- Postingan kali ini admin simpulkan dari beberapa hari ini mengamati beberapa hal dalam dunia blogging. Artikel ini sekaligus mengingatkan kejadian admin 1 tahun silam saat admin baru memulai dunia per-bloggingan ini. Saat itu awal mula admin mengenal yang namanya blog/web. Admin tidak memiliki seorang guru yang mengajari tentang tata cara membuat blog. Semua admin pelajari secara otodidak. Mulai dari membuat akun gmail, akun blogger, dan akun-akun lain yang berkaitan dengan dunia blogging ini. Hanya bermodal tekad dan asa admin searching sana-sini mengenai semua hal ini. Meskipun sekarang hasilnya tak begitu keliatan tapi cukuplah. Yang awal mulanya admin tidak tahu menjadi tahu itu sudah melebihi harapan admin.

Saat memulai blogging, admin sangat menggebu-gebu. Pengen ini pengen itu. Tanpa menghiraukan peringatan-peringatan yang ada. Beberapa yang admin ingat adalah admin mendekorasi blog secara berlebihan. Admin fikir, admin bisa sombong ke teman-teman sekolah admin karena sudah bisa membuat blog sendiri tanpa bantuan siapa-siapa. Admin kasih dekorasi ini itu mulai dari background yang berlatar foto kesukaan, dipasangi musik, dipasangi CCTV dipojok kiri, di rubah kursornya, kasih bling-bling taburan salju, buat widget burung terbang, kasih box buku tamu, animasi berjalan, dan ganti template berkali-kali (Nggaya karena pengen tampil beda dengan yang lain. hehehe) dsb hampir semua admin sudah lakukan dalam perjalanan blog admin ini. Namun apa yang terjadi, dengan berjalannya waktu admin malah seperti kehilangan arah. Gag ada tujuan dalam membangun sebuah blog. Admin sampai bingung sendiri. Kenapa ya kok sekarang malah bosan dengan sendirinya dengan masalah ngeblog ini? Hal ini yang mendasari admin agar berubah pikirannya. Jangan hanya untuk gaya-gayaan didepan orang tapi pahami betul apa yang dimau. Apa sih tujuan dari ngeblog ini harus tertata rapi. Jangan asal-asalan. Begitu dalam benak admin kala itu.

Nah mulai saat itu lah admin berfikir kenapa gag buat artikel yang banyak dicari orang ya? Kenapa gag merubah desain tampilan blog yang simple namun elegan ya? Dan kenapa tidak memasang widget seadanya saja ya? Yang kesemuanya itu menjadikan pengunjung blog lebih nyaman dalam membaca informasi dari admin ini. Hari demi hari admin terus bereksplorasi. Dari sinilah admin bertemu dengan salah seorang teman yang sudah mengerti tentang blog. Dia yang sempat mengajarkan sedikit ilmu tentang blogging ini. Beliau yang tidak mau disebutkan namanya, memberitahukan kalau dengan blogging kita dapat menghasilkan uang tapi gag usah buru-buru benai aja dulu blognya serapi mungkin dan perbanyak artikel yang bermanfaat bagi pembaca. Dalam angan admin wah pasti senang ya kalau sambil ngeblog dapat uang dari google. hehehe. Satu pertanyaan admin saat itu? Darimana kita dapat bayaran? Beliau menjawab salah satunya adalah dari Google Adsense mitra dari Google.

Apa ada min yang lain? Untuk saat ini sudah banyak affiliasi yang menjanjikan dollar instan setiap hari. Maunya sih pasti menyaingi Google Adsense. Tapi sistem kerjanya ya begitulah apalah-apalah.

Nah berangkat dari itu semua admin hanya memaparkan 5 saja mengenai kesalahan dasar dalam memulai blogging ini. Hal ini karena pada dasarnya admin merasa juga telah melakukan kesalahan yang banyak dalam dunia perbloggingan ini. Yuk kita simak apa ja...

5 Kesalahan Seorang Newbie dalam Dunia Blogging

Berikut ini adalah 5 hal kesalahan yang sering dilakukan oleh seorang newbie. Baca dengan seksama ya...

Kesalahan newbie dalam memulai blogging

1. Tidak memiliki tujuan yang jelas.
Seharusnya, sebelum melangkah lebih jauh dalam dunia blogging seoarang blogger harus sudah memikirkan tujuan utama dia melakukan blogging. Blogger pemula harus sudah memikirkan topik apa yang cocok untuk postingan artikel mereka. Paling tidak ada 1 atau 2 pikiran utama sebelum memulai blogging. Sehingga nantinya blogger pemula bisa lebih fokus dalam menulis konten blog mereka kedepannya. Ibaratnya blogger pemula sudah memiliki "Brand Dagang" yang pasti. Bukan hanya label aja tapi juga pembaca tetap.

2. Ambisius dalam hal mempercantik blog/menarik pengunjung
Didalam benak seorang blogger pemula seperti halnya admin pada waktu yang lalu sangat berfikiran untuk mendekorasi blog menjadi bagus dan memiliki tampilan yang mewah. Contohnya dengan memasangi banyak animasi, musik, dan widget tidak penting. Harapannya sih pengen banyak pengunjung yang datang. Tapi apa nyatanya, sepi kayak kuburan. kwkwkw.

Pandangan admin pada waktu itu sangat salah. Blog yang berlebihan seperti punya admin justru malah memperlambat loading blog. Kata orang, search engine seperti Google, Bing dan Yandex serta lainnya sangat tidak menyukai blog yang lambat loadingnya. Alhasil, artikel tidak akan cepat terindex. Saran dari admin, kalau hendak menginginkan konten blog cepat terindex atau mengharapkan banyak pengunjung maka kata kunci yang dimasukkan kedalam pencarian harus relevan dengan isi blog kita. Namun perlu disadari bahwa persaingan untuk menuju page one search engine itu tidak mudah. Hehe. Kalau secara simple sih kesimpulannya adalah kalau blognya pengen banyak ditemukan orang lain ya harus terindex oleh mesin telusur. Untuk sering ditemukan oleh banyak orang berarti harus paham dalam hal peletakan kata kunci. Kata kuncipun tidak boleh berlebihan.

Semoga aja dengan cara tersebut pola pikir kita sebagai Newbie segera berubah menjadi lebih baik belajar SEO yang benar dari pada fokus memberatkan blog kita diakses oleh orang lain. Yang perlu diingat adalah konten blog yang berkualitas adalah “raja” dari search engine karena akan sering muncul disana. Sedangkan blog yang "terlalu" heboh malah tidak akan didatangi pengunjung untuk kedua kalinya. Paling-paling ya pemilik blog sendiri yang melihatnya.


3. Salah pilih template
Menurut admin pribadi, pemilihan template yang tepat akan menambah poin plus pada blog sobat. Template yang responsive dan SEO friendly (baik PC maupun Mobile friendly) akan sangat disenangi oleh mesin pencari. Saran admin, antara konten, tema dan template harus bernuansa yang sama. Misalnya, tentang gossip ya pakai saja template magazzine.

4. Ujung-ujungnya adalah Duit
Seorang newbie yang baru kenal dengan blogging pasti ketika ditanya apa alasan mereka melakukan blogging adalah mendapatkan duit. Sehingga sering sekali admin temukan sebuah blog seorang newbie yang penuh dengan iklan. Admin tahu pasti dia berharap akan mendapatkan duit yang gede dari pemasangan iklan yang belebih itu. Akan sangat percuma apabila blog yang masih sepi pengunjung sudah buru-buru dimonetize karena tidak akan ada yang mengeklik iklannya. Saran admin, lakukan satu demi satu saja. Tujuan utama blogging jadikan prioritas utama. Bawalah cerita/info yang menarik ke dalam konten blog yang akan menghasilkan pengunjung organik yang banyak. Jangan yang bot/jingling yang malah akan menghancurkan blog sobat sendiri. Baru kalau semua itu sudah terlewati, blogger newbie boleh memikirkan bagaimana cara menghasilkan duit melalui blog ?


5. Cenderung menjadi plagiator
Banyak sekali blogger pemula yang beranggapan bahwa menjiplak artikel yang sama di situs yang besar juga akan mendapatkan jumlah pengunjung yang sama ke blog yang memiliki artikel yang sama. Anda salah kalau beranggapan seperti itu, yang perlu newbie ketahui adalah plagiarism itu justru akan memperburuk blog sobat. Blog akan semakin tenggelam dan dibenci mesin telusur. Google tahu milik siapa artikel tersebut. Jadi saran admin jangan copy paste. Copy boleh tapi ada pembaharuan. Jangan sama dengan pemilik situs aslinya. Jadikan gaya penyajian yang berbeda sehingga menjadikan ciri khas Anda dalam menyajikan artikel.


Demikianlah 5 hal dasar kesalahan yang sering dilakukan oleh seorang newbie. Kesimpulan ini admin kaitkan antara pengalaman pribadi dan dari sejumlah pengamatan admin sampai hari ini. Semoga bermanfaat. Jangan lupa saran dan komentarnya. Berbagi gratis juga boleh. Thanks

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Kesalahan Dasar Seorang Blogger Pemula (Newbie)"

Post a Comment

Peraturan Dalam Berkomentar:
1. Komentar harus relevan dengan konten blog
2. Harus menggunakan bahasa yang sopan
3. Tidak boleh menyinggung SARA or Bullying.
4. Hindari komentar SPAM. Exp: Nice gan, Makasih Gan, dll
5. Tidak ada link di dalam isi komentar. Aktif maupun tidak.

Gunakanlah Sarana Publik ini dengan Bijak. Baca dan Pahami isinya baru Berkomentar. Terimakasih.