Tips Jitu Lulus Tes Interview Kerja





Baca Juga

Cara Untuk Lulus Interview Kerja -- Semua orang yang hendak mendapatkan atau melamar sebuah pekerjaan tentunya akan melalui sebuah tahap yang disebut dengan tes interview atau wawancara kerja sebelum pelamar dinyatakan diterima. Menurut para pelamar kerja, tes interview adalah tes penentu bagian terkahir yang menyatakan layak atau tidaknya pelamar menerima pekerjaan. Tes ini biasanya dilaksanakan setelah tes psikotest. Dari fakta yang ada, tes interview terbilang sebagai tes yang sangat menegangkan bagi pelamar kerja yang masih terbilang baru. Alhasil, mereka banyak yang gagal dalam tahap wawancara ini. Saran dari admin, alangkah lebih baik sebelum mengikuti tes wawancara pelamar harus mengetahui profil perusahaan yang akan dilamar dengan baik.

Tips sukses lolos wawancara kerja

Berangkat dari hal diatas admin akan sedikit berbagi tips bagaimana agar lolos dalam mengikuti tes wawancara atau interview. Sehingga pada akhirnya, Anda dapat diterima di perusahaan yang Anda minati. Yuk langsung saja ikuti ulasan dari admin.

Cara Jitu Lolos Interview Kerja

Berikut ini adalah beberapa tips agar sukses dalam mengikuti tes interview atau wawancara. Pelajari dengan seksama ya...

1. Perhatikan Penampilan Sebelum Tes Dimulai
Sebelum Anda mengikuti tes interview, alangkah lebih baik jika Anda mengenakan pakaian yang lebih formal. Anda lebih baik mengenakan baju seperti kemeja yang berwarna cerah namun jangan terlalu mencolok. Usahakan jangan pernah mengenakan celana jeans saat mengikuti tes wawancara. Point penting sebelum Anda mengikuti wawancara adalah penampilan Anda so perhatikan betul ya sob.

2. Sopan Santun Saat Memasuki Ruangan Tes
Jika nama Anda dipanggil untuk memasuki ruangan tes interview atau wawancara, sangat disarankan agar Anda mengetuk pintu terlebih dahulu kemudian mengucapkan salam. Setelah Anda dipersilahkan masuk ke dalam ruangan, cepat-cepatlah Anda bersalaman dengan pewawancara karena ini adalah salah satu cara yang sangat berguna untuk mencairkan suasana yang tegang sebelum proses wawancara dimulai. Senyum manis kepada pewawancara juga akan membantu Anda agar lebih percaya diri saat memulai tes interview.

3. Lakukan Kontak Mata Saat Interview
Janganlah Anda memberikan tatapan kosong saat Interview berlangsung. Tataplah mata sang pewawancara agar Anda kelihatan bersungguh-sungguh dan serius dalam menjawab pertanyaan. Kesan yang Anda berikan saat wawancara berlangsung akan memberikan poin plus kepada hasil interview Anda. Jangan berlebihan saat melakukan kontak mata. Jangan malah memberikan kesan bahwa Anda terlalu genit kepada pewawancara.

4. Jawaban Singkat dan Jelas
Jika Anda diberi sebuah pertanyaan oleh sang pewawancara, jawablah pertanyaan tersebut dengan singkat, jelas dan jangan sampai bertele-tele. Hal ini karena apabila jawaban yang Anda berikan sangat bertele-tele, pewawancara akan menilai Anda sebagai orang yang tidak bisa fokus dalam menangani sebuah masalah. Berikanlah jawaban yang singkat, jelas, padat dan meyakinkan.

5. Jaga Emosi
Pada umumnya, saat tes interview berlangsung pewawancara akan menanyakan tentang tempat kerja Anda sebelumnya atau biasanya disebut dengan pengalaman kerja Anda sebelumnya. Apabila pada saat itu juga, Anda diberikan sebuah pertanyaan mengapa Anda secara pribadi keluar dari perusahaan/lembaga Anda sebelumnya, maka Anda jangan sampai memberikan jawaban yang kesannya menjelek-jelekkan tempat kerja Anda sebelumnya ataupun membuka atau menjelasakan sebuah permasalahan Anda dengan perusahaan sebelumnya jika ada. Anda dapat menjawab seperti ini "Saya keluar dari tempat kerja saya yang sebelumnya karena saya menemukan peluang kerja yang lebih baik di perusahaan Bpk / Ibu". Jawaban yang lebih diplomasi dan sopan tanpa menjelek-jelekkan pihak manapun dirasa adalah jawaban yang lebih sempurna.

6. Perhatikan Hal-Hal yang Tidak Boleh Saat Wawancara Berlangsung
Perhatikan hal-hal berikut ini agar Anda tidak salah ambil keputusan saat mengikuti tes wawancara.
  • Jawablah pertanyaan sejujur-jujurnya saat wawancara dan jangan berbohong
  • Jangan menggunakan kalimat tidak baku seperti "lu, gue, gak, dan emangnya, dll".
  • Jangan memalingkan wajah saat menjawab pertanyaan
  • Jangan menggaruk kepala atau leher. Ini kelihatan Anda tidak siap.
  • Jangan menyilangkan tangan di depan dada.


Demikianlah tips jitu menghadapi tes interview kerja. Semoga Anda berhasil dalam mengikuti interview namun jangan Anda lupakan satu hal yang sangat penting, yaitu do'a. Berdo'alah setiap waktu dan dimanapun. Semoga tujuan Anda terkabul. Amin.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Jitu Lulus Tes Interview Kerja"

Post a Comment

Peraturan Dalam Berkomentar:
1. Komentar harus relevan dengan konten blog
2. Harus menggunakan bahasa yang sopan
3. Tidak boleh menyinggung SARA or Bullying.
4. Hindari komentar SPAM. Exp: Nice gan, Makasih Gan, dll
5. Tidak ada link di dalam isi komentar. Aktif maupun tidak.

Gunakanlah Sarana Publik ini dengan Bijak. Baca dan Pahami isinya baru Berkomentar. Terimakasih.