Skip to main content

UKG Online tetep Berjalan Meski Jumlah Komputer Tidak Memadai

UKG Online

UKG Online -- Selasa, 3 November 2015 tepatnya hari ini, sekitar 2087 guru dari berbabagai jenjang mulai dari TK, SD, SMP, SMA di kota Pagaralam telah mengikuti UKG Online. Apa sih UKG? UKG adalah Ujian Kompetensi Guru. Jadi ujian ini diperuntukan untuk mengetahui seberapa tinggi kemampuan seorang guru. Sudah seberapa berpengaruhnya dia menjadi seorang guru dalam dunia pendidikan. Apa yang sudah dia hasilkan selama menjadi guru? Guru bukan selalu orang yang berada didepan kelas. Air hujan yang terus menetes diatas batu hingga berbekas itupun juga disebut GURU. Makanya ujian ini wajib diikuti seorang yang dikatakan sudah menyandang sebagai GURU.

Simulasi UKG Online 2015, UKG Online

Menurut Kepala Dinas Pendidikan Kota Pagaralam, Bapak Supawi Cekman jika tidak ada sama sekali halangan, UKG akan digelar selama 10 hari. Dari 10 hari itu peserta dibagi kedalam 3 lokasi ujian yang terpisah. 3 lokasi tersebut adalah sekolah yang ditunjuk untuk mengadakan UKG Online ini. UKG menurut beliau kembali akan dimulai pada tanggal 9 November 2015 nanti. Jadi masih ada sekitar seminggu untuk persiapan.

Menurut beliau, guru di Kota Pagaralam sudah siap mengikuti UKG. Namun dari segi panitialah yang masih kurang. "Masih ada keterbatasan pada jumlah komputer yang akan digunakan untuk ujian kali ini" ujar beliau. Menurut beliau keterbatasan komputer yang dimiliki sekolah yang ditunjuk sebagai tempat UKG tidak menjadi hambatan. Beliau menambahkan bahwa pelaksanaan UKG akan diadakan di sekolah-sekolah yang memiliki kelas komputer. Makanya sekitar 2087 peserta akan diperkirakan sekitar 10 hari saja. Tempat pelaksaan UKG online akan berada di SMP Negeri 8, SMK PGRI, dan SMPN 1.

Sebenarnya, Kabid TTNT melalui Kasi Kenaikan Pangkat bapak Junaya mengatakan bahwa persiapan untuk pelaksanaan UKG Online sudah dikoordinasikan ke sekolah yang ditunjuk sebagai penyelenggara ujian. Beliau menambah penjelasan bahwa peserta kali ini diikuti oleh guru-guru yang telah memiliki NUPTK sekaligus juga sudah terdaftar di pusat kemendikbud secara online.

UKG Online kali ini adalah program yang seperti biasanya yaitu program nasional. Jadi UKG Online ini akan dilakukan serentak diseluruh tanah air. Peserta dari ujian ini adalah semua guru yang telah memiliki NUPTK bahkan yang masih honorer ataupun yang sudah sertifikasi. Begitulah ujarnya.

Jadi initinya sobat, UKG ini adalah salah satu kewajiban bagi semua guru nantinya. UKG adalah salah satu bentuk test yang harus dijalani seorang guru. Guru tidak boleh selalu merasa benar atas apa yang dia katakan kepada siswa. Guru adalah panutan. Meskipun Guru datang dari anaknya yang masih bayi seorang pendidik harus menerimanya dengan lapang dada.

Baca Juga : Arzeti Bilbina Selingkuh
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar