--> Skip to main content

Cara Membuat Blog dari Blogger.com

Cara Membuat Blog -- Selamat pagi para sobat dumay dimanapun berada. Ketemu lagi dengan saya mimin yang super ganteng mimin yang super cute hehe siapa lagi kalau bukan mimin SEO Anyaran. Kali ini mimin akan sedikit berbagi tutorial. Tutorial cara membuat blog gratis di Blogger.com. Sebenarnya mimin dulu sudah mempublish artikel juga yang berkaitan dengan membuat blog baru di blogger.com namun dalam versi bahasa Inggris. Selain itu, di artikel tersebut tidak menjelaskan proses awal pembuatan blog namun dalam artikel tersebut mimin menjelaskan pembuatan blog baru so itu penjelasan bagi yang sudah tahu tata cara membuat blog dan ingin menambah jumlah blognya. Nah yang akan mimin beberkan sekarang adalah cara membuat blog bagi yang belum tahu sama sekali tentang cara membuat blog.

Ide ini muncul ketika tadi malam mimin pulang bekerja. Saat mimin membuka akun facebook, mimin menemukan status dari mahasiswa mimin dari semester 7. Dia ingin belajar membuat blog. Nah untuk membantunya agar terealisasi, mimin akan memberikan artikel ini untuk mereka yang ingin belajar ngeblog/blogging. Hehehe. Mari simak tutorial dari mimin.

Cara Membuat Blog Gratis dari Blogger.com

Sebelum membuat blog, tahap pertama yang harus dipunyai si calon pembuat blog adalah minimal 1 email aktif. Email yang dapat digunakan dalam hal ini hanya email dari Google yaitu GMAIL. Apakah email yang lain dapat digunakan untuk membuat blog? Jawabannya tidak. Ymail dsb tidak dapat digunakan untuk membuat blog yang bersubdomain blogspot.com ini nantinya. Jadi hanya akun Gmail yang dapat digunakan. Blogger.com dan Gmail ini adalah milik Google sendiri. Jadi ostosmastis hanya fitur ini yang dapat dipakai.

Langkah-Langkah Pembuatan Blog

  • Harus punya minimal 1 email dari Gmail yang masih aktif. Saya yakin semua sudah tahu cara membuatnya. Baca juga What is Gmail?
  • Setelah akun gmail sudah siap, maka langkah selanjutnya adalah mengunjungi www.blogger.com, mengapa kok blogger.com? Ya karena tutorial kali ini hanya membahas tentang cara membuat blog dari blogger.com meskipun masih ada tempat lain untuk membuat blog gratis seperti Wordpress dan Mywapblog.
Cara membuat blog

  • Maka setelah kita di halaman awal www.blogger.com kita akan disuguhkan halaman awal seperti ini.
Cara membuat blog

Ini lah alasan mimin agar memiliki akun gmail diawal penjelasan tadi. Saat berada disini maka kalau tidak memiliki akun gmail, sobat tidak akan bisa log in.

  • Setelah sobat dapat log in melewati service log in dari blogger.com, sobat akan masuk ke dalam halaman pertama dashboard blog (Homepage). Di pojok kanan atas homepage sobat ada tulisan New Blog/Blog baru. Klik saja maka sobat akan dibimbing untuk membuat blog.
Cara membuat blog


  • Kemudian akan muncul kotak pemberitahuan tentang pembuatan blog sobat seperti di bawah ini.
Cara membuat blog


  • Sobat hanya isikan Title dengan Judul Blog dan Address dengan Alamat Blog. Dalam menentukan alamat url blog sobat usahakan yang akan mengandung kata kunci dari konten blog sobat. Ini akan membantu SEO sobat nantinya. Satu lagi pastikan saat sobat dumay memilih Nama Blog, harus sampai muncul Simbol Check berwarna hijau di sebelah kanan kotak, jika muncul tanda atau Simbol Pentung berarna merah, artinya Nama Blog yang sobat pilih kemungkinan sudah di pakai orang lain.
Cara membuat blog


  • Setelah URL blog yang sobat pilih tersedia, maka sobat harus memilih template blog yang akan sobat pakai untuk membuat tampilan blog sobat lebih ciamik. Setelah semua tahapan selesei maka sobat dapat mengeklik tombol Create Blog.

Demikianlah tutorial tata cara membuat blog di blogger.com. Perlu dicatat sampai pada tahap ini memang sobat sudah berhasil membuat satu buah blog namun tampilan masih sangat sederhana. Sobat perlu belajar lebih lanjut lagi dalam mendekorasi blog sobat. Sobat harus belajar tentang XML. XML adalah semacam kode (CSS) yang ada di template sobat. Jadi inilah yang nantinya dijadikan tempat mendekorasi isi (bukan artikel) namun tampilan blog sobat.

Untuk mendekorasi blog, sobat dapat mencari di konten blog ini atau sobat dapat mencarinya di internet. Sekian dulu dari mimin SEO Anyaran. Ada kurang lebihnya mimin mohon maaf atas pengambilan source dari pembuatan blog ini.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar