Cara Mengatasi Dismon (Disable Monetization) akun Youtube





Baca Juga

Setelah kemarin malam saya sudah menerbitkan artikel tentang Cara mengatasi pentung permanent ( ! ) akun youtube. Sekarang saya akan sedikit berbagi tips bagaimana untuk mengatasi Disable Monetization atau yang lebih sering dikenal dengan Dismon akun Youtube. Jangan khawatir jika akun Youtube sobat yang sudah memiliki banyak subscriber, viewer yang sudah mencapai 5 jutaan, dan bahkan mampu menghasilkan 10 - 50 $ perhari tiba-tiba terkena Dismon. Bagaimana perasaan anda? Pasti bingungkan... maka dari situ artikel ini semoga bisa bermanfaat bagi anda semua.

Pengalaman pribadi saya, saya sudah berkali-kali terkena teguran oleh security Youtube. Alhasil, akun youtube saya sudah berkali-kali terkena Strike. Disini, Youtube hanya memberikan 3x Strike terhadap channel kita. Apabila mencapai Strike yang ketiga Akun Youtube kita pasti tewas. heheh Kalau masih mencapai Strike 1 atau Strike 2 kayanya masih aman-aman saja. Namun, Anda perlu memperhatikan agar akun anda benar-benar aman ketika mendapatkan Strike dari Akun Youtube yang lain.

Note: Waspadalah terhadap beberapa Channel Pertelevisian Indonesia seperti Indosiar, SCTV, aataupun Trans Corp.

Dari channel-channel tersebut, merekalah yang sangat sering melakukan Strike ke akun Youtube orang lain. Mereka benar-benar menerapkan keamanan Content ID dan Copyright dari setiap video yang mereka miliki. Itu hanya beberapa sample saja, diluar sana masih banyak perusahaan yang sering melakukan Razia akun Youtube. Jadi saran sih upload saja video original buatan Anda sendiri. Ya kalau tidak bisa buat yang bagus buat saja yang simple seperti video slide foto. Seperti video yang saya miliki ini. Mau bukti ini !!! nih liat... Meskipun hanya simple editan videonya namun ini bisa jadi alternative bagi anda. Liat di Keindahan Pelabuhan Ratu (Click Here)Gmana Sob?

Oke, kembali kembali lagi terhadap bunyi-bunyi pasal yang kita terima saat terjadi Strike. Baca dengan teliti ya...

Strike 1 Youtube Channel (Strike 1 Saluran Youtube)

Peringatan Pertama (Strike 1): awalnya akun saya menerima teguran hak cipta (Copyright Takedown Notice) dari Surya Citra Televisi (SCM). Di email tersebut menerangkan bahwa video yang beralamatkan di [(teeet teeet... teet... (sensor)] tidak lagi bisa di tayangkan dan kita juga tidak punya akses lagi ke video tersebut karena adanya teguran Hak Cipta. Gag usah panik sob, akun youtube ente masih aktif kok. Warna juga masih ijo ( $ )Namun, kalau sobat mau menampilkannya sobat harus membuktikannya dengan bukti hak komersial. hehe.Bagaimana mudahkan?


Strike 1 youtube


Kalau gag salah bunyinya kaya gini nih sob:

Hi Seo Anyaran:
Due to a copyright takedown notice that we received, we had to take down your video from YouTube:
Video title: ....
Video url: ...
Takedown issued by: Surya Citra Media (SCM)
This means that your video can no longer be played on YouTube, and you may have lost access to some features of YouTube.
  • You received a copyright strike
You now have 1 copyright strike. Getting multiple copyright strikes can lead to the termination of your account and the removal of all your videos. To avoid that from happening, please don’t upload videos that contain copyrighted content that you aren’t allowed to use.
  • Why this can happen
One or more of your videos contained copyrighted content.
Copyright owners can choose to take down videos that contain their content.
  • What to do next
If you believe you're not at fault, you can try to appeal this takedown by submitting a counter notification. Keep in mind that there may be severe legal consequences for submitting a counter notification with false information.
You can also contact the party that removed your video and ask them to retract their takedown.
Kurang lebih seperti itulah, Intinya jika mendapatkan Strike 1 kita jangan mengupload lagi video yang berbau Content yang memiliki hak cipta. Karena dapat menyebabkan pengahapusan video kita dan penghentian akun youtube kita. Masa hukuman bagi akun yang terkena Strike 1 adalah 6 Bulan. Sobat bisa mempercepat hukuman dengan membuktikan hak komersial dan satu hal lagi yakni dengan menghubungi langsung pihak yang memberikan teguran hak cipta untuk melepas tegurannya. Berdoalah agar mereka mau melepas laporannya. heheh



Strike 2 Youtube Channel (Teguran Kedua)


Hanya menyambung dari penjelasan sebelumnya, Strike 2 terjadi kurang lebih adalah sama dengan Strike 1 terhadap akun Youtube kita. Jadi setelah menerima Strike 1 besok atau lusa Akun anda mendapatkan teguran lagi. Nah kalau ini sobat perlu berfikir lebih keras lagi untuk mengatasinya. Kenapa??? Coba bayangkan kalau terjadi di awal bulan dan tinggal menunggu bayaran ke akun Adsense kita. Akun youtube kita menerima Teguran 2 kali. Hmhm sangat tidak mengenakkan bukan??? Selain uang kita yang kemungkinan tidak dibayarkan. Atau bahkan akan memungkinkan untuk terjadinya Strike 3 yang mengakibatkan penutupan akun Youtube kita. Namun sobat jangan khawatir ternyata setelah saya surfing disana-sini melalui mbah Google. Saya menemukan jawaban seperti ini.

  • Penghasilan yang sudah diterima tetap diterima dan dimasukkan akun kulkas Adsense kita.
  • Akan tetapi, semua video kita sudah tidak bisa dimonetize alias Dismon (kata blog sebelah) nyatanya kalau sudah kena Strike 2 juga menambah masa hukuman menjadi 6 bulan lagi. Jadi total 1 tahun hukuman jika kena sampai Strike 2.
Dismon Youtube

Nah itu gambaran tentang sampai Strike 2 saja sob, Soalnya Admin belum pernah sampai Strike 3. Alhamdulillah...



Ok, kalau begitu ini dia tips manis dari Admin untuk mengatasi Dismon Akun Youtube kita. Baca dengan seksama ya..

Tips Mengatasi Dismon (Disable Monetization) Akun Youtube

  1. Centanglah semua video sobat yang ada pada saluran, kemudian masukkan ke dalam list Private Video. Sobat tak perlu menghapusnya.
  2. Ketika mendapatkan Strike, baik Strike 1 atau 2, Sobat diwajibkan untuk mengikuti Sekolah hak cipta. Kalau tidak lulus agan harus mencobanya berulang-ulang agar dapat mengakses akun anda lagi. Soalnya hanya 5 buah saja. Mudah kok asal paham. Bagaimana tips agar cepat lolos. Tunggu postingan selanjutnya atau agan bisa search di Google. dengan Key word "Tips sukses sekolah hak cipta youtube."
  3. Video-video yang terkena teguran diberbagai negara, menerima pentung permanent, dan sama dengan konten 3rd party access. Hapus semua (Delete all)
  4. Jangan masuk ke akun anda selama menerima teguran. Diamkan selama masa hukuman. Sesuai dengan lama hukuman. Lihat dibagian feature. Disana tertulis jelas berapa masa hukuman yang kita terima. 6 bulan atau 12 bulan.
  5. Selama masa hukuman jangan pernah sekalipun upload video ya sob
  6. Dengan adanya pendiaman akun youtube kita diharapkan untuk menghidari Strike ke 3
  7. Setelah masa hukuman berlalu, akun Dismon anda yang tadinya merah akan kembali segar berwarna hijau.
Kaya gini hasilnya jadinya sob:

Good standing channel
Monetization enabled

Sekian dari admin tentang tips mengatasi Dismon akun Youtube kita. Semoga bermanfaat sob. Kalau ada komentar silahkan komen dibawah ini ya...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengatasi Dismon (Disable Monetization) akun Youtube"

Post a Comment

Peraturan Dalam Berkomentar:
1. Komentar harus relevan dengan konten blog
2. Harus menggunakan bahasa yang sopan
3. Tidak boleh menyinggung SARA or Bullying.
4. Hindari komentar SPAM. Exp: Nice gan, Makasih Gan, dll
5. Tidak ada link di dalam isi komentar. Aktif maupun tidak.

Gunakanlah Sarana Publik ini dengan Bijak. Baca dan Pahami isinya baru Berkomentar. Terimakasih.