--> Skip to main content

Apakah Blog Sobat Sudah Mobile Friendly? Hati-hati Ditendang Google

Dari hari ke hari Google telah meningkatkan kemampuannya. Meningkatkan kualitas demi pencapaian terbaik bagi pengguna internet. Google telah merombak kinerjanya untuk mengawasi pengaruh website/blog bagi pengguna. Apakah konten yang didalamnya bermanfaat atau tidak. Salah satu trend terbaru di pertengahan 2015 ini yang diluncurkan Google adalah Situs harus Mobile friendly. Mengapa demikian? Mari kita ulas satu demi satu.

Apa yang dimaksud dengan Mobile Friendly?

Sobat blogger pasti sudah tau, ditahun-tahun ini sejak 2013 - 2015 pengguna perangkat mobile telah mengalami peningkatan yang signifikan. Konsumsi terhadap peralatan elektronik semakin tinggi. Pengguna tablet ataupun smartphone yang berbasis Android ataupun yang lain semakin meningkat dan sudah bukan hal yang aneh jika anak kecil saja sudah mahir dalam pengoperasiannya.

Dari situlah, Google sedang memanfaatkan peluang yang ada. Google akhirnya mewajibkan semua situs yang menggunakan jasanya harus Mobile Friendly. Hal ini bertujuan agar setiap pengguna lebih mudah dalam mengakses informasi melalui tablet atau smartphone mereka tanpa harus datang ke warnet.

[Baca Juga : Macam-Macam Black Hat SEO]

Nah sobat, seiring dengan perkembangan tersebut maka muncullah istilah Mobile-friendly. Yang intinya adalah design blog yang menyesuaikan dengan tampilan yang muncul pada tablet atau smartphone.

Alasan Mengapa Situs harus Mobile friendly, ini dia?

Dengan berkembangnya internet, pengguna smartphone dan tabletpun semakin meningkat pula sehingga terjadilah hubungan korelasi yang menguntungkan diantara keduanya. Google berusaha dalam peningkatan mutu informasi yang disajikannya sehingga sudah menjadi barang yang wajib jika situs yang menampilkan informasi-informasi terkini harus memiliki design yang Mobile-friendly. Kenapa? Karena Google tidak mau para pengguna jasanya semakin menurun. Siapa sih yang mau barang dagangannya ditinggal oleh pembeli? Pasti tidak ada. Jadi seperti itulah kalau diibaratkan. Yang ada, Penjual harus menunjukkan barang dagangan yang semakin berkualitas.

Pengguna internet masa kini tidak seperti pada tahun-tahun yang lalu. Kini, pengguna internet dapat mengakses informasi/ mencari data yang dibutuhkan hanya dengan tablet dan smartphone digenggaman tangannya. Seolah dunia berada dikepalan tangan kita. Dengan demikian jika sobat tidak ingin ketinggalan jaman / ditinggal oleh peminat situs sobat. Maka sobat harus mendesign ulang blog menjadi Mobile-Friendly. Jika blog yang sobat miliki sangat sulit untuk diakses di dalam Smartphone/tablet. Maka dapat dipastikan kalau visitors blog sobat akan semakin menurun.

Terlebih lagi, Google saat ini telah meluncurkan informasi terbaru jika situs sobat diakses dari Google Search Engine. Google akan menampilkan label Mobile-Friendly. Lihat contohnya... ini mimin ambil dari blog Mas Sugeng. Seorang Blogger ternama asal Indonesia.

mobile friendly

Dari gambar tersebut terlihat jelas bahwa Google memberikan label "Mobile-Friendly". Artinya situs milik Mas Sugeng telah resmi mempunyai Keunggulan dalam hal Mobile-friendly. Sehingga dapat disimpulkan bila situs sobat semua tidak memiliki label tersebut. Peminat blog anda akan berfikir dua kali untuk mengeklik situs sobat. Terus bagaimana untuk mengatasi hal itu? Tunggu lanjutkan saja membacanya. Hehehe.

Oke sebelum kita menginjak bahasan selanjutnya alangkah lebih baik kalau blog sobat di test dulu. Sudah Mobile Friendly atau belum. Sudah memenuhi kriteria atau belum.

Ada beberapa cara untuk mengetest blog kita, caranya:
  1. Kadang ada tombol "Restore Down" dipojok kanan atas browser kita. Klik saja.
  2. Cara lain adalah dengan mengetest blog kita di ami.responsivedesign.is dan studio press
  3. Cara termudah adalah dengan menggunakan fasilitas yang disediakan Google sendiri. Mau test Klik disini
Mobile friendly situs

Setelah kita mengetahui blog kita kriterianya bagaimana. Ini dia tata cara untuk mengatur blog sobat agar nampak cihuy di perangkat seluler. Simak ya...


Tata Cara Membuat Blog nampak Mobile-Friendly

Sobat blogger tidak perlu berpusing-pusing untuk mengatur blog sobat agar nampak lebih responsive di perangkat seluler. Sobat hanya perlu sedikit mengatur pengaturan blog sobat di bagian Template. Sobat hanya perlu mengaktifkan fitur template seluler untuk blog sobat.

Hmhmhm, Mohon maaf Mas Sugeng lagi-lagi saya minta ijin untuk ambil gambarnya hehehe mohon diijinkan membagi ilmunya... lihat gambar dibawah ini.

Template selular

Kalau sobat bingung bagaimana cara settingnya, baca nih:
  1. Masuk Akun Blogger sobat
  2. Klik Template
  3. Klik Icon "Roda" dan sobat pilih "Ya". Untuk menerapkan tampilan responsive pada perangkat selular

Kekurangan Design Mobile-Friendly

Dengan digunakannya situs mobile friendly pada situs sobat maka bukan hanya memberikan dampak positif tetapi juga negatif, diantaranya:

  1. Tampilan blog menjadi sangat simple
  2. Blog menjadi tidak keren sama sekali
  3. Untuk itu maka gunakan design / template blog yang responsive untuk mejaga tampilan blog sobat
Demikianlah informasi yang bisa mimin sampaikan. Jadi bersiap-siaplah ditendang Google jika design blog sobat tidak Mobile Friendly. Namun, agar tetap lebih ciamik maka sobat perlu mejaga template blog sobat dengan template yang responsive. Disisi lain sobat harus lebih memahami tentang bagaimana effect baik atau buruk penggunaan template blog responsive. Thanks
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar