Skripsi yang Baik, Sebuah Statement yang Harus Segera Dirubah





Baca Juga

Skripsi yang Baik -- Jika Anda bertanya kepada admin bagaimana ciri-ciri skripsi yang baik? Maka Admin akan langsung menjawab dengan lantang. Skripsi yang baik adalah Skripsi yang Selesai. Oke itulah yang akan admin kupas pada kesempatan kali ini. Anda sebagai praktisi pendidikan tentu sudah tahu betul Apa itu Skripsi. Skripsi adalah karya tulis ilmiah yang disusun oleh mahasiswa strata-1 sebagai prasyarat kelulusan. Bagi sebagian besar mahasiswa atau mahasiswi istilah skripsi tentu sudah tidak asing lagi. Namun, walaupun hanya sebuah istilah nyatanya skripsi menjadi momok bagi mahasiswa.

Skripsi yang Baik

Tak ayal, banyak dari mahasiswa yang semakin lama semakin molor kelulusannya karena tidak segera merampungkan skripsinya. Banyak dari mereka yang beranggapan bahwa skripsi yang baik dan benar itu haruslah bagus dan memakan waktu yang lama. Itu bisa saja, asal kemampuan diri mampu untuk menyelesaikan dengan kualitas yang bagus. Namun bagaimana jika kemampuan akademis Anda hanya pas-pasan? Apakah Anda akan menyerah dan tidak melanjutkan skripsi Anda? Inilah sebuah miskonsepsi skripsi dalam otak Anda. Baca juga: Ciri-Ciri Proposal.

Miskonsepsi Skripsi Bagi Mahasiswa/i

Jangan beranggapan bahwa skripsi hanya diperuntukkan bagi mahasiswa yang memiliki kecerdasan diatas rata-rata. Bagi penulis, menyelesaikan skripsi bisa dirampungkan oleh siapa saja asalkan mempunyai keseriusan, gigih, kerja keras dan pantang menyerah. Jadi bagi siapa saja yang mempunyai kecerdasan pas-pasan tentu Anda juga bisa merampungkan skripsi Anda asalkan Anda mau berusaha.

Sudah sering admin temukan bahwa justru mahasiswa yang berkemampuan IQ tinggi lama sekali menyelesaikan skripsinya. Pasalnya mereka cenderung mengejar perfectionisnya bukan mengejar cepat selesainya. Ingat statement admin diatas, skripsi yang baik adalah skripsi yang selesai bukan yang perfect dan dikerjakan dalam waktu yang lama.

Sebagai mahasiswa strata-1, tugas Anda adalah membuktikan kebenaran teori yang ada. Jadi Anda hanya sekedar membuat replika dari teori yang sudah ada bukan harus membuat sebuah teori baru. Inilah terkadang yang membuat mahasiswa menjadi kebingungan saat menginjak pada tahap skripsi. Mereka cenderung membuat skripsi menjadi masalah pelik yang membuat hidup mahasiswa bertambah kacau. Cukup ambil teori yang sudah ada lalu Anda berusaha membuktikan kebenarannya.

Hal-Hal Yang Harus Dilakukan untuk Menyelesaikan Skripsi

Jika Anda sudah mencapai tahap skripsi maka Anda harus membuat diri Anda senyaman mungkin. Lakukanlah seperti biasanya. Lalu cobalah beberapa saran dari admin berikut ini.

Mintalah Doa Restu

Sebuah ilmu tidak akan menjadi sebuah ilmu yang bermanfaat tanpa adanya sebuah doa restu dari orang tua dan guru. Didalam sebuah perkumpulan yang pernah admin ikuti, ada sebuah statement bahwa jika Anda mau ilmumu bermanfaat maka hormatilah gurumu. Mintalah doa restunya dan minta maaflah akan semua kesalahan terhadap gurumu. Niscaya dan percayalah bahwa semua urusan Anda akan selesai dengan sendirinya. Dan, perlu Anda ketahui bahwa meskipun orang tua Anda tidak lulus sekolah mintalah doa restunya, mintalah kepada beliau semua bahwa apa yang Anda lakukan pasti berhasil karena restu keduanya. Ini adalah ilmu yang jauh lebih sempurna daripada ilmu akademis di sekolah Anda.


Buatlah Schedule

Jika skripsi Anda belum juga selesai segeralah buat jadwal. Anda bisa membuat jadwal tersendiri setiap minggunya untuk konsultasi kepada pembimbing Anda. Jangan malas. Karena orang malas tidak akan pernah ada untungnya


Manfaatkan Internet

Jika Anda kehabisan ide dan sumber maka sangat disarankan untuk segera browsing di internet. Cobalah akses digital library milik negara ataupun milik kampus baik dalam ataupun luar negeri. Anda bisa masuk ke Google ScholarPro Quest dan EBSCO untuk mendapatkan sumber skripsi Anda.

Jujur

Anda sangat disarankan agar membuat skripsi dengan tangan Anda sendiri. Apapun karya Anda maka segeralah membuat skripsi dengan usaha Anda sendiri. Jangan membeli skripsi dari pihak ketiga. Percuma dan sia-sia. Apakah Anda mau dicap sebagai lulusan copi paste? Maka pikirkan hal ini.

Menabung

Lhah kok menabung? Iya jelas, Skripsi akan sangat membutuhkan pengeluaran yang sangat banyak. Jadi, menabunglah dari sekarang. Kalau ada apa-apa dengan skripsi Anda setidaknya Anda punya cadangan untuk menyelesaikannya.

Kesimpulan

Ingatlah bahwa Skripsi yang baik itu belum ada tolok ukurnya. Jadi sebisa mungkin rubahlah statement Anda bahwa skripsi harus baik. Anda cukup kerjakan sebisa mungkin dan secepat mungkin. Segera selesaikan maka itulah skripsi yang baik.

Demikianlah sebuah opini dari admin mengenai Skripsi yang baik, sebuah statement yang harus dirubah. Semoga bermanfaat. Baca juga: Cara Belajar Bahasa Inggris dengan Cepat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Skripsi yang Baik, Sebuah Statement yang Harus Segera Dirubah"

Post a Comment

Peraturan Dalam Berkomentar:
1. Komentar harus relevan dengan konten blog
2. Harus menggunakan bahasa yang sopan
3. Tidak boleh menyinggung SARA or Bullying.
4. Hindari komentar SPAM. Exp: Nice gan, Makasih Gan, dll
5. Tidak ada link di dalam isi komentar. Aktif maupun tidak.

Gunakanlah Sarana Publik ini dengan Bijak. Baca dan Pahami isinya baru Berkomentar. Terimakasih.