Apa itu Saracen? Mengenal Lebih Dekat Apa itu Saracen





Baca Juga

Apa itu Saracen? Apa sih Saracen? -- Saracen adalah sebuah kelompok yang diduga menebar isu HOAX dan menebar isu SARA belakangan ini. Apa itu Saracen kian menjadi viral setelah pihak kepolisian Indonesia mengidentifikasi bahwa kelompok ini diduga sebagai kelompok yang menebarkan isu SARA.

Apa itu Saracen?

Menurut kamus Oxford, Saracen memiliki dua makna. Pertama, An Arab or Muslim, especially at the time of the Crusades dan Kedua, A nomad of the Syrian and Arabian desert at the time of the Roman Empire. Jadi, jika dilihat dari makna yang ada didalam kamus sebenarnya, Saracen adalah sebuah istilah untuk orang muslim yang dilihat dari sudut pandang orang Kristian pada zaman pertengahan.

Pengertian Apa itu Saracen Dilihat dari Segi Arti Di dalam Kamus

Didalam kamus Oxford juga telah disebutkan bahwa makna kata ‘saracen’ juga berasal dari bahasa Inggris Tengah yang diserap dari kata ‘sarrazin’ (Bahasa Prancis Kuno). ‘Sarrazin’ diambil dari bahasa Yunani ‘sarakenos’ yang diduga memiliki keterkaitan yang sangat erat dengan bahasa Arab ‘syarqiyyin’ yang berarti orang-orang Timur.


Dilihat dari sumber lain bahwa Saracen awal mulanya digunakan pada awal jaman Romawi Kuno untuk menyebutkan nama suku di kawasan Arab terutama di bagian Semenanjung Sinai. Di jaman berikutnya, orang-orang Kristen bangsa Romawi menjabarkan yang lebih luas tentang penggunaan kata Saracen untuk memaknai bangsa Arab secara keseluruhan.

Pada jaman Perang Salib saat Islam sudah mulai berkembang pesat, istilah Saracen dipakai untuk menyebut seluruh orang muslim, lantas istilah Saracen ini dibawa oleh bangsa Romawi Timur dan Tentara Salib ke Eropa Barat.

Pada abad ke-18, seorang yang bernama Simon Ockley, menulis tentang The History of Saracens didalam buku sastra karangannya. Ockley tidak menyebut semua muslim dengan Saracen namun dia hanya menulis cerita terhadap orang-orang yang disebut dengan Saracen saja.

Secara umum, makna Saracen ialah orang-orang Arab pengikut Nabi Muhammad. Inilah pandangan dari tulisan Ockley. Bahkan, cerita tentang Khalifah para sahabat nabi juga dia tulis. Di negara asal Ockley, orang-orang muslim mulai menetap dan mengajarkan semua ajaran islam secara blak-blakan dimulai dari abab ke-16. Menurut Ockley, akibat dikucilkannya Ratu Elizabeth dari Katolik Eropa oleh Paus Pius V tahun 1570 inilah yang menyebabkan warga muslim datang ke negara Inggris. Alasan Paus mengucilkan Ratu Elizabeth adalah karena Ratu tersebut mengizinkan umat katolik berdagang dengan umat muslim. Padahal, jelas-jelas Paus melarangnya.

Sejak masa itu, akhirnya islam yang awalnya tidak dikenal oleh orang Inggris akhirnya diketahui dengan pasti oleh warga asli negara tersebut. Dan itulah yang disebut kaum Saracen. Barulah mulai abad ke - 17, kata Islam dan Muslim bisa diserap dalam bahasa Inggris.

Admin sendiri belum begitu tahu apa maksud orang yang menggunakan kata Saracen masuk ke negara Indonesia ini. Padahal jika dilihat dari sejarah makna Bahasa, Saracen adalah sebutan kaum muslim di era jaman pertengahan. Semoga saja, tindak hukum yang dibawa oleh negara NKRI bisa mengatasi permasalahan pelik tentang Apa itu Sarachen di Indonesia. Semangat untuk Barisan pertahanan Negara Kesatuan Indonesia tercinta ini. Sekian.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apa itu Saracen? Mengenal Lebih Dekat Apa itu Saracen"

Post a Comment

Peraturan Dalam Berkomentar:
1. Komentar harus relevan dengan konten blog
2. Harus menggunakan bahasa yang sopan
3. Tidak boleh menyinggung SARA or Bullying.
4. Hindari komentar SPAM. Exp: Nice gan, Makasih Gan, dll
5. Tidak ada link di dalam isi komentar. Aktif maupun tidak.

Gunakanlah Sarana Publik ini dengan Bijak. Baca dan Pahami isinya baru Berkomentar. Terimakasih.