10 Trik WhatsApp Berguna yang Mungkin tidak Pernah Anda Gunakan





Baca Juga

10 Trik WhatsApp Berguna yang Mungkin tidak Pernah Anda Gunakan -- Anda mungkin melihat diri Anda sendiri sebagai jagoan WhatsApp kelas atas, tapi Anda tidak mudah mengetahui segala hal tentang aplikasi yang selalu berubah ini. Hal ini karena whatsapp terus melakukan pembaharuan setiap bulannya. Baca juga: 21 Tips dan Trik Whatsapp Android dan iOS

10 Trik WhatsApp Berguna

Facebook meluncurkan versi beta baru dari aplikasi ini beberapa kali dalam seminggu dan dengan setiap versi hadirlah tambahan baru atau tweak ke fitur sebelumnya. Pembaharuan fitur whatsapp ini terus mengikuti perkembangan dan kebutuhan pengguna. Sehingga sangat sulit untuk menguasai betul semua fitur whatsapp yang ada. Tapi tidak ada yang perlu dikhawatirkan karena admin punya sedikit solusi atas semua itu.

Pada artikel ini, admin telah mempersempit 10 trik WhatsApp yang berguna yang mungkin tidak pernah Anda gunakan. Meskipun Anda mungkin menggunakan beberapa fitur whatsapp yang ada, Anda mungkin akan menemukan beberapa yang bahkan tidak Anda ketahui keberadaan fitur tersebut.

Daftar 10 Trik Whatsapp Yang Mungkin Belum Pernah Anda Gunakan

Berikut adalah trik whatsapp Android dan iOS yang berguna namun jarang Anda gunakan. Untuk itu, silahkan Anda baca dengan seksama.

Pakailah Hands-Free

Jika Anda sibuk melakukan sesuatu yang lain, Anda masih bisa mengirim pesan kepada seseorang tanpa mengangkat telepon WhatsApp Anda. Jika Anda memiliki Asisten Google di ponsel Android atau Siri untuk orang-orang yang menggunakan iPhone, cukup katakan "Oke Google" atau "Hey Siri" dan ikuti dengan menyebutkan nama orang yang ingin Anda kirimi pesan. Silakan mendikte pesan yang ingin Anda kirim dan Asisten akan menangani sisanya. Keren ya...

Batasi Penggunaan Data

WhatsApp bisa menjadi adiktif. Ada orang yang jarang melepas aplikasi karena terlalu senang dengan chatting yang ditawarkan whatsapp dan ini bisa mahal bila menyangkut penggunaan data karena kuota data akan terus termakan whatsapp. Sisi baiknya dari cerita ini adalah Anda dapat mengatasinya dengan membatasi bagaimana aplikasi menggunakan data di ponsel Anda.


trik whatsapp membatasi penggunaan data

Cukup menuju ke Settings> Data Usage dan pilih yang paling sesuai untuk Anda, termasuk jenis media yang didownload secara otomatis tergantung pada jenis koneksi yang Anda gunakan. Baca juga: Amankan Whatsapp Anda dengan 7 Tips Ini

Format Pesan

Anda mungkin sudah menggunakan fitur ini, di mana Anda dapat memformat pesan dengan berbagai cara, termasuk mengubah teks menjadi miring, tebal atau garis tengah hingga mengkombinasikan semuanya. Nah, daripada melalui kerumitan mengingat kode-kode menggunakan tanda bintang dan sebagainya, ada cara yang lebih baik dan sederhana untuk melakukannya.

Bila Anda telah menulis teks yang ingin Anda format, tekan lama untuk menyorotnya. Ikuti ini dengan mengetuk tombol Opsi Lainnya dan pada menu pop-up, pilih opsi yang Anda inginkan, yang sekarang mencakup monospace selain tiga opsi pemformatan lainnya yang sudah Anda ketahui. Note: Untuk menikmati fitur monospace Anda harus sudah memperbaharui whatsapp menjadi yang terbaru.

Email Keseluruhan Percakapan

Ini adalah sesuatu yang mungkin jarang Anda lakukan, tapi ini adalah trik bagus untuk membuat semua percakapan WhatsApp Anda tersimpan dalam email, terutama bagi mereka yang tidak menyimpan backup. Cukup tekan Lagi saat berada di dalam obrolan tertentu dan pilih Obrolan email, di mana keseluruhan percakapan, termasuk semua file media dan emojis akan dikirim melalui email ke alamat email yang Anda pilih.

Nonaktifkan Tanda Centang Biru (Pesan Terbaca)

WhatsApp memperkenalkan tanda centang dua biru beberapa waktu lalu dan ini memiliki reaksi beragam, dengan beberapa orang mencintai mereka sementara yang lain tidak senang sama hal tersebut. Untuk menyeimbangkan persamaan, aplikasi obrolan whatsapp ini memungkinkan pengguna memilih apakah mengaktifkannya atau menonaktifkannya. Yang pertama memang secara default sudah ada maksudnya untuk mengaktifkan tanda centang biru sudah tersemat sejak awal, namun untuk menonaktifkannya, buka Settings> Account> Privacy> Read Receipts.

Perhatikan bahwa dengan menonaktifkannya, itu juga berarti Anda tidak dapat melihat apakah orang lain telah membaca pesan Anda.

Sembunyikan terakhir terlihat/Last Seen Whatsapp

Ada kemungkinan untuk mengetahui kapan teman Anda terakhir muncul di WhatsApp berkat fitur yang terakhir terlihat. Namun, mungkin juga menyembunyikan waktu terakhir yang Anda lihat sehingga teman Anda tidak dapat mengetahui kapan Anda masuk dan keluar dari aplikasi. Buka Pengaturan> Akun> Privasi> Terlihat Terakhir, namun mirip dengan kotak centang biru, Anda tidak akan dapat melihat status terakhir teman Anda jika Anda menyembunyikan milik Anda dari foto tersebut.

Tandai Obrolan sebagai Belum Dibaca

Terkadang Anda mungkin membaca pesan tapi tidak membalasnya segera. Bila ini terjadi, namun pesan yang dipermasalahkan perlu dijawab, Anda mungkin lupa untuk menanggapinya dengan mudah di lain waktu karena tidak akan muncul di antara pesan baru yang akan Anda periksa saat itu. Cara terbaik untuk mengatasi kekurangan ini adalah menandai pesan sebagai belum dibaca, bahkan setelah Anda membacanya. Ini akan mengingatkan Anda untuk memeriksanya nanti karena akan muncul di antara pesan baru dan yang belum dibaca lainnya.

Cukup tekan lama pesan yang dipermasalahkan dan dari pilihan menu ketuk "Tandai belum dibaca." Catatan: Pengguna iOS perlu menggesek dari kiri ke kanan.

Sesuaikan Pemberitahuan/Custom Notification

Anda mungkin menyiapkan notifikasi khusus pada WhatsApp, terutama jika Anda mengharapkan menerima pesan istimewa atau agak penting dari seseorang. Cukup buka obrolan, ketuk nama orang yang Anda harapkan dari pesan dan tekan opsi Pemberitahuan Khusus.

Kirim Satu Pesan ke Banyak Kontak Sekaligus

Ada kemungkinan untuk mengirim satu percakapan WhatsApp ke banyak kontak di aplikasi Anda, seperti yang Anda lakukan dengan fitur BCC di email. Cukup ketuk pada menu dan pilih Siaran baru dan dari sana, Anda dapat memilih semua kontak yang ingin Anda kirimi pesan yang Anda buat ini tidak ada yang tahu bahwa pesan itu juga dikirim ke rekan mereka.

Balas ke Kontak Tertentu dalam Grup Whatsapp

Saat dalam percakapan grup whatsapp, Anda dapat menandai individu tertentu dalam grup tersebut dengan mengarahkan pesan kepada mereka. Yang Anda butuhkan adalah menggunakan simbol @ dan daftar kontak dalam grup akan muncul. Pilih yang ingin Anda sampaikan dan tindak lanjuti dengan pesan yang ingin Anda beri tahu.

Anda juga dapat merespons pesan tertentu dalam grup dengan menekan lama pada pesan dan ketuk pilihan balasan di bagian atas layar Anda.

Demikianlah 10 Trik Whatsapp Yang Berguna Namun Jarang Anda Pakai. Semoga dengan paparan ini. Anda semakin paham tentang berbagai macam fitur whatsapp yang sangat berguna untuk semuanya. Baca juga: Cara Mengirim Foto Full Resolution di Whatsapp

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "10 Trik WhatsApp Berguna yang Mungkin tidak Pernah Anda Gunakan"

Post a Comment

Peraturan Dalam Berkomentar:
1. Komentar harus relevan dengan konten blog
2. Harus menggunakan bahasa yang sopan
3. Tidak boleh menyinggung SARA or Bullying.
4. Hindari komentar SPAM. Exp: Nice gan, Makasih Gan, dll
5. Tidak ada link di dalam isi komentar. Aktif maupun tidak.

Gunakanlah Sarana Publik ini dengan Bijak. Baca dan Pahami isinya baru Berkomentar. Terimakasih.