--> Skip to main content

Daftar Wallet Ethereum Terbaik [Review Wallet Ethereum]

Daftar Wallet Ethereum Terbaik -- Ethereum sebuah platform blockchain yang memungkinkan Anda untuk membuat kontrak yang sangat cerdas kini menjadi semakin populer. Sejak awal 2017 harga Ethereum telah melonjak dari $ 8.22 menjadi sekitar $ 50. Admin telah membahas bagaimana cara membeli Bitcoin dan Ethereum di posting sebelumnya tapi itu hanya bagian dari prosesnya saja. Hari ini admin ingin meliput 5 jenis wallet Ethereum yang berbeda sehingga Anda akan tahu di mana menyimpan Etheruma Anda di tempat yang paling aman.

Ethereum adalah mata uang yang sangat teknis (bahkan lebih baik dari Bitcoin). Berhubung wallet di luar sana tidak ramah dengan pemula. Admin akan membahasnya dari yang paling sederhana sampai yang paling rumit sehingga Anda bisa memilih yang paling sesuai dengan tingkat pengetahuan Anda.

Daftar Wallet Ethereum Terbaik untuk Pemula

Agar Anda paham dengan baik wallet atau tempat menyimpan hasil kerja keras Anda maka Ethereum yang sudah Anda dapat harus segera disimpan. Berikut adalah tempat menyimpan Ethereum yang baik untuk Pemula.

Coinbase - Pilihan Wallet Ethereum Paling Sederhana

Coinbase memasok Wallet Ethereum dan Bitcoin. Wallet Coinbase mudah diatur dan sangat mudah digunakan, namun memiliki beberapa keterbatasan yang harus Anda sadari, yaitu:
  1. Perusahaan memegang kunci pribadi Wallet untuk Anda. Ini berarti Anda tidak mengendalikan dana Anda dan Coinbase dapat memutuskan untuk mematikan akun Anda jika mereka menginginkannya. Ada kasus di masa lalu bahwa Coinbase menutup akun pengguna yang melakukan aktivitas ilegal.
  2. Wallet ETH Coinbase tidak mendukung ETC (Ethereum Classic).
Begitu Anda membuka akun Coinbase, Anda akan segera melihat dompet ETH yang muncul di tab "akun".

coinbase

Anda kemudian bisa masuk ke akun ETH Anda dan klik "wallet address" untuk mendapatkan alamat publik Ethereum Anda.

Exodus - Pilihan Wallet Ethereum untuk Desktop

Exodus adalah Wallet desktop Bitcoin dan Altcoin dengan desain yang indah dan antarmuka yang intuitif. Ini merupakan salah satu wallet yang terbaik yang pernah ditemukan sejauh ini. Bila menyangkut keterbatasan eksodus, ingatlah bahwa itu bukan 100% open source. Banyak komponen di dalam Exodus bersifat open source, tapi tidak semuanya. Ini berarti kode tersebut tidak ditinjau secara penuh oleh masyarakat.

exodus

Juga, wallet exodus saat ini hanya tersedia dalam versi desktop (belum ada versi mobile). Seperti Coinbase, Exodus tidak mendukung ETC only ET. Namun, tidak seperti Coinbase, Exodus adalah dompet independen yang menyimpan kunci pribadi pada mesin Anda dan bukan pada pemutusan eksternal. Ini berarti Anda memiliki kontrol penuh (dan tanggung jawab penuh) untuk koin Anda.

Exodus memungkinkan Anda menerima Bitcoin, Ethereum, Dash, Dogecoin dan Litecoin. Pergilah ke "Wallet" dan pilih kripto yang Anda inginkan. Setelah itu klik "Receive" untuk melihat alamat Ethereum Anda.

Jaxx

Banyak yang belum sepenuhnya meninjau Jaxx. Ini adalah distro Bitcoin dan Altcoin yang sangat bagus untuk semua perangkat Anda (desktop dan mobile). Mirip dengan Exodus, Jaxx menyediakan antarmuka yang sederhana dan intuitif untuk banyak altcoin.

Tidak seperti kebanyakan wallet lain di luar sana, Jaxx mendukung ET dan ETC. Juga, kunci pribadi Anda tidak pernah dibagikan dengan server Jaxx dan tersimpan dengan aman di komputer Anda. Jaxx bukan open source tapi kodenya tersedia gratis di situs wallet yang membuatnya lebih mudah diakses untuk ditinjau. Baca juga: Wallet Bitcoin Terbaik untuk Android

Untuk menerima Ethereum dengan Jaxx, pastikan Anda memiliki uang yang ditetapkan saat pertama kali menginstal program. Kemudian pilih mata uang di bar bagian atas dan Anda akan melihat alamat Ethereum Anda tepat di bawah.

ETHAdress

Bagi Anda yang ingin menyimpan Ethereum secara offline Anda bisa mencetak wallet Ethereum Paper. ETHAdress adalah proyek open source yang akan menciptakan wallet kertas Ethereum untuk Anda. Pergi ke BitAddress.org, situs ini akan membuat sepasang kunci pribadi dan publik dengan satu klik tombol saja. Anda kemudian dapat mencetak informasi ini dan menyimpannya di tempat yang aman sehingga tidak ada hacker eksternal yang bisa mendapatkan koin Anda.

Satu lagi pilihan yang tersedia adalah mengenkripsi kunci pribadi Anda sehingga jika Anda atau orang lain ingin menggunakan koin itu, mereka perlu mengetahui kata kunci untuk mendekripsinya.

Anda TIDAK HARUS berbagi kunci pribadi dengan siapa pun. Begitu seseorang mengetahui kunci pribadi Anda, dia memiliki kendali atas koin Anda. Menggunakan ETHaddress mungkin akan menjadi cara yang aman untuk menyimpan Ethereum Anda. Namun, ETHaddress hanya bisa digunakan dengan ETH (bukan ETC). Juga, jika Anda ingin mengirimkan koin ke orang lain, Anda perlu memasukkan kunci ke dalam dompet online (misalnya, Exodus, Jaxx) dan hanya dengan itu Anda dapat menggunakannya.

MyEtherWallet - Web Antarmuka untuk Ethereum

MyEtherWallet adalah situs web yang memungkinkan Anda membuat, mengirim dan menerima Ethereum tanpa memiliki kendali atas kunci pribadi Anda. Saat pertama kali masuk ke situs, Anda bisa memilih apakah ingin membuat wallet, kirimlah Ethereum atau berbagai pilihan lainnya.

Jika Anda meembuat wallet, situs akan membuat pasangan kunci publik-private yang akan dilindungi oleh kata sandi yang Anda pilih. Anda kemudian akan mendapatkan file yang dapat didownload dengan pasangan kunci tersebut untuk penggunaan selanjutnya. Kapan pun Anda ingin mengirim Ethereum dari file ini, Anda perlu mengunggahnya ke situs dan menyediakan kata sandinya.

Pengiriman bisa dilakukan melalui website itu sendiri atau melalui wallet lain seperti TREZOR atau Ledger. Kode situsnya open source dan hanya bekerja dengan ETH.

Bonus: Wallet Perangkat Keras

Jika Anda serius dalam mengamankan altcoin Anda, Admin sarankan untuk menyimpan Ethereum Anda di dompet perangkat keras. Namun dompet perangkat keras ini tidak gratis dan harganya antara $ 50 - $ 100 (pengiriman tidak termasuk). Wallet perangkat keras terkemuka hari ini adalah TREZOR, Ledger dan KeepKey semua memberi Anda pilihan untuk menyimpan Ethereum Anda dengan aman disana. Baca juga: Wallet Bitcoin Terbaik untuk Perangkat Keras

Wallet Ethereum Masih Terbilang Baru

Meskipun Ethereum telah ada selama beberapa tahun, seperti yang dapat Anda lihat dari variasi di atas, hal itu tidak sepopuler Bitcoin. Namun, karena harga Ethereum mulai meningkat akhir-akhir ini, admin kira, kita akan melihat lebih banyak wallet Ethereum dan dukungan pertukaran untuk mata uang ini sesegera.

Pada saat penulisan artikel ini, ada juga beberapa pertukaran yang sudah mendukung Ethereum (misalnya, BitPanda, Cex.io dan banyak lagi) namun admin rasa ini bukan pilihan bagus untuk menggunakannya sebagai wallet.

Demikianlah penjelasan mengenai daftar Wallet Ethereum Terbaik. Semoga bermanfaat review singkat ini. Semoga beruntung dengan permainan Bitcoin dan Ethereum Anda.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar