Pengertian Software dan Hardware Serta Brainware dalam Sistem Operasi Komputer





Baca Juga

Pengertian Software dan Hardware Serta Brainware dalam Sistem Operasi Komputer -- Pada kesempatan ini admin akan menjelaskan pengertian software dan hardware yang disertai dengan Brainware dalam sistem operasi komputer. Kita memang sudah tahu bahwa komputer untuk era-era saat ini sudah tidak bisa dipisahkan lagi dari kehidupan manusia. Manusia membutuhkan komputer untuk menyelesaikan setiap pekerjaannya. Dalam menjalankan setiap pekerjaannya tentu komputer tersusun atas berbagai macam pondasi yang kuat agar mampu menyelesaikan setiap tugasnya.


Pengertian Software dan Hardware

Pondasi umum dalam komputer disebut dengan Software, Hardware dan Brainware. Tiga hal utama yang ada di komputer ini memiliki fungsi dan tugas masing-masing. Dengan adanya kerja sama antara ketiga komponen tersebut maka komputer dapat bekerja dengan semestinya.

Berikut adalah penjelasan diantara ketiganya. Baca juga: Pengertian Sistem Operasi Komputer

Pengertian Software

Software atau Perangkat Lunak adalah perangkat yang tersusun atas intruksi-intruksi atau program-program komputer yang gunanya untuk melakukan suatu pekerjaan sesuai dengan apa yang diinginkan oleh pengguna.

Software dapat diartikan sebagai suatu bentuk data yang berada di komputer yang memiliki format tertentu dan disimpan secara digital di dalam komputer (baik program komputer, dokumen, ataupun yang lainnya).

Software tidak dapat disentuh secara fisik karena berada di dalam komputer. Jadi memang software hanya bisa dilihat saja sebagai benda digital. Data atau instruksi yang terdapat didalam software berupa angka-angka biner dan bahasa pemrograman yang hanya dimengerti oleh komputer kemudian diterjemahkan oleh komputer hingga mudah dipahami oleh manusia.

Macam-Macam Software

Berikut adalah macam-macam software yang perlu Anda tahu.

Sistem Operasi

Sistem Operasi komputer adalah sistem yang berfungsi secara menyeluruh mengelola sumber daya yang ada di sistem komputer serta menghubungkan sumber daya tersebut dengan pengguna ataupun dengan program lainnya sehingga program-program yang ada di komputer dapat mengakses dan menggunakan sumber daya tersebut. Contohnya adalah Windows, Linux dan MacOS

Program Aplikasi

Program yang dipakai untuk mengolah data secara elektronik seperti aplikasi pengolah kata, pengolah angka, paket aplikasi kantoran dan lain-lain merupakan sebuah program aplikasi yang dibuat oleh programmer. Program aplikasi ini dibuat berbentuk paket yang disusun sedemikian rupa sehingga dapat pakai oleh banyak orang untuk berbagai kepentingan. Contoh, Microsoft Office word, Excel, Power Point dan PDF.

Utility atau Program Bantu

Program bantu maksudnya adalah program yang berfungsi sebagai alat bantu mengatasi masalah dan ancaman terhadap jalannya software komputer. Contohnya, antivirus, Norton Utility dan masih banyak lagi.

Software Development Tool

Software Development Tool adalah program yang berguna untuk kompilator bahasa pemrograman tingkat tinggi, tingkat menengah dan bahasa pemrograman tingkat rendah. Contohnya Pascal, C, C++, Delphi, PHP, dan Phyton sebagai bahasa pemrograman tingkat tinggi. Assembler dan translator sebagai bahasa pemrograman menengah, dan bahasa mesin sebagai bahasa pemrograman tingkat rendah.

Firmware

Contohnya yang terdapat di ponsel, jam tangan digital, dan pengendali jarak jauh.

Malware

Malware berbentuk bahasa pemrograman yang mencurigakan yang dapat menganggu, mengusik, bahkan merusak sebuah komputer.

Pengertian Hardware

Hardware adalah komponen penyusun komputer yang dapat disentuh secara fisik atau diraba secara langsung oleh pengguna. Dengan kata lain, Hardware mempunyai wujud/bentuk secara fisik. Hardware berguna untuk menopang kinerja komputer agar bekerja sebagaimana seharusnya. Sebuah perangkat keras yang dapat bekerja berdasarkan perintah yang sudah ditentukan oleh pengguna disebut dengan Instruction Set. Disini sebabkan oleh hardware hanya mengerti bahasa perintah tersebut, maka dengan begitu hardware dapat melakukan berbagai macam kegiatan/aktivitas sesuai dengan apa yang sudah diperintahkan sebelumnya oleh pengguna.

Setiap pekerjaan dari hardware yang ada di komputer ditata dan dikendalikan oleh sebuah otak. Otak ini disebut dengan Central Processing Unit atau CPU. Kadangkala ada pengguna yang menyebutnya dengan Processor. CPU didalam komputer menjadi pusat pengolahan data, pengontrol kerja komputer, dan memegang peranan penting dalam sistem komputer. Jika di komputer tidak ada CPU maka komputer tidak akan bekerja. Oleh karena itu, kinerja komputer snagat tergantung pada kinerja CPU tersebut. Agar bekerja dengan optimal, CPU juga membutuhkan alat bantu. Alat ini berupa alat masukkan dan alat keluaran. Alat masukkan digunakan untuk memberikan perintah sedangkan alat keluaran digunakan  untuk memunculkan hasil pemrosesan sebuah intruksi. Hasil keluaran nantinya akan berupa informasi atau data yang dapat disimpan melalui alat penyimpanan.

Contoh Hardware Komputer

Alat masukkan yaitu perangkat komputer yang gunanya untuk memasukkan sebuah perintah atau lebih yang akan diproses oleh program komputer. Contohnya adalah keyboard, mouse, joystick, scanner, taouchpad, touchscreen, dan masih banyak lagi.

Alat pemrosesan yaitu perangkat komputer yang digunakan untuk melakukan proses dari sebuah masukkan yang diperintahkan oleh pengguna melalui alat input. Contohnya, processor atau CPU.

Alat keluaran yaitu perangkat yang digunakan untuk mencetak hasil keluaran atau menyampaikan sebuah informasi kepada pengguna. Contohnya, monitor, plotter, speaker, printer, proyektor, dan lain sebagainya.

Media penyimpanan yaitu alat untuk menyimpan data secara tetap. Contoh, harddisk, Flashdisk, CD, DVD, floppy disk dan masih banyak yang lainnya.

Pengertian Brainware

Brainware adalah seseorang yang mengendalikan segala aktivitas hardware dan software komputer agar saling bekerjasama satu sama lain. Brainware juga dapat diartikan sebagai perangkat pintar dimana alat ini mampu memaksimalkan kinerja dari hardware ataupun software komputer.

Tanpa adanya brainware maka komputer tidak akan bisa digunakan. Jadi jika disimpulkan, hardware membutuhkan software, software membutuhkan brainware, dan brainware membutuhkan hardware dan software. Itulah relasi diantara ketiga hal pokok yang harus ada di sistem operasi komputer.

Contoh Brainware

User atau operator adalah orang yang bertugas menjalankan komputer.

Administrator adalah orang yang mengatur sistem kerja, urutan, dan pengelolaan data komputer hingga sampai tahap proses output data.

Programmer adalah orang yang membuat sebuah program komputer. Orang inilah yang membuat software komputer yang kemudian dipakai oleh user atau administrator.

Sistem Analis adalah orang yang membuat cetak biru skema global yang nantinya akan dikerjakan oleh programmer.

Teknisi adalah orang yang bertugas dan berwewenang untuk menjalankan perawatan dan perbaikan terhadap sistem komputer yang rusak.

Demikianlah Pengertian Software dan Hardware Serta Brainware dalam Sistem Operasi Komputer. Semoga bermanfaat. Baca juga: Cara Mengetahui Versi Windows di Laptop

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Software dan Hardware Serta Brainware dalam Sistem Operasi Komputer"

Post a Comment

Peraturan Dalam Berkomentar:
1. Komentar harus relevan dengan konten blog
2. Harus menggunakan bahasa yang sopan
3. Tidak boleh menyinggung SARA or Bullying.
4. Hindari komentar SPAM. Exp: Nice gan, Makasih Gan, dll
5. Tidak ada link di dalam isi komentar. Aktif maupun tidak.

Gunakanlah Sarana Publik ini dengan Bijak. Baca dan Pahami isinya baru Berkomentar. Terimakasih.