Cara Menggunakan dan Mengaktifkan Cortana di Windows 10





Baca Juga

Cara Menggunakan dan Mengaktifkan Cortana di Windows 10 -- Cortana adalah asisten digital Microsoft yang sekarang sudah terdapat di desktop Windows 10 Anda. Berikut ini cara menggunakan Cortana di Windows 10.

Cortana telah ada di Windows Phones terlebih dahulu, tapi asisten pribadi digital datang ke Windows ketika versi Windows berikutnya diluncurkan pada tanggal 29 Juli 2015 yang lalu. Berikut adalah cara untuk mengatur Cortana pada Windows 10 dan bagaimana dia dapat membantu mendapatkan barang-barang dengan lebih cepat. Windows 10 masih dalam versi beta hingga saat ini dan Cortana jelas belum selesai. Contoh disini admin ambil dengan menggunakan Build 10130. Simak dengan seksama. Baca juga: 5 Fitur Wajib yang Harus Anda tahu di Windows 10 Creator Update

Cara Menggunakan Hey Cortana di Windows 10

Ada lima step yang harus dilalui dalam penataan Hey Cortana di Windows 10. Anda harus mengikutinya agar setting Cortana Anda bisa terkonfigurasi dengan benar.

Step 1
Klik kotak pencarian di sebelah tombol Start (simbol Windows) dan jendela mirip dengan menu Start akan muncul. Cortana akan muncul dan menawarkan layanan-nya: hanya tekan ‘I'm In’ untuk memulai proses setup-nya. Jika Anda setuju dengan syarat dan kondisi, klik Saya setuju. Jika tidak, Anda tidak dapat menggunakan Cortana. Ada pengaturan privasi yang dapat Anda sesuaikan. Akhirnya, puutuskan apakah Anda ingin bisa mengatakan “Hey Cortana” untuk memohon asisten tanpa harus klik di kotak pencarian.

Cara Menggunakan Cortana di Windows 10

Step 2
Berikutnya ketikkan nama Anda atau nama panggilan, dan klik 'Use that. Anda kemudian akan melihat tampilan default Cortana, yang menampilkan berita terhangat. Anda kemudian dapat mengetik atau tekan ikon mikrofon untuk memasukkan pertanyaan atau perintah. Sebagai contoh, kita mengetik “Akan seperti apa cuaca akhir pekan ini?” Dan Cortana akan menampilkan perkiraan cuaca untuk hari Sabtu dan Minggu.

Cara Menggunakan Cortana di Windows 10

Step 3
Agar Cortana benar-benar berguna untuk Anda maka dia perlu tahu lebih banyak tentang Anda. Klik Home (tiga garis horizontal) di sudut kiri atas jendela Cortana untuk menampilkan menu. Bahkan, menu selalu ditunjukkan; mengklik home hanya menunjukkan tugas setiap ikon yang ada. Anda dapat melihat deskripsi menu di paling kiri gambar di bawah ini.


Untuk memberitahu Cortana tentang minat Anda, klik bagian Notebook. Setiap item di sini dapat disesuaikan, dan Anda dapat menambahkan lebih kategori  kesini dengan mengklik tombol + di bagian bawah. Bila Anda melakukannya, Anda akan melihat daftar kategori. Misalnya saja diklik ‘makanan’ dan Anda akan mendapat dua pilihan yang ditampilkan di paling kanan atas. Anda dapat menambahkan sebanyak yang Anda inginkan.

Klik Sport di menu kategori dan Anda dapat menambahkan tim favorit Anda untuk mendapatkan pemberitahuan. Namun, ini masih (seperti di Windows 8) sangat terbatas di Inggris. Anda akan menemukan tim sepak bola tapi tidak begitu banyak.


Step 4
Untuk menyempurnakan Cortana dan memilih pengaturan privasi, klik ikon roda penggerak dalam menu sebelah kiri. Anda dapat mengubah nama Anda, memilih bagaimana Cortana mengucapkan itu dan banyak lagi. Di bawah bagian pelacakan, Anda dapat mengatur apakah ada atau tidak email Anda, pesan teks dan kalender yang menjadi milik Anda untuk menyampaikan informasi. Jika Anda mengizinkannya, Cortana dapat memberitahu Anda ketika berangkat ke pertemuan atau sekitar penundaan lalu lintas yang mungkin bisa membuat Anda ketinggalan penerbangan, misalnya.

Cara Menggunakan Cortana di Windows 10

Anda dapat menggunakan Cortana untuk membuat catatan cepat dan untuk mengatur pengingat seperti tempat, waktu atau orang.

Step 5
Jika Anda ingin tahu jenis musik apa yang sedang diputar, ketuk ikon catatan musik dan Cortana akan mendengarkan dan mengidentifikasi trek tersebut. Pencarian sebelumnya akan ditampilkan dalam daftar juga lokasinya berada di bawah, kanan.

Cara Menggunakan Cortana di Windows 10

Seperti pada Windows Phones, Anda dapat memiliki sedikit waktu untuk bersenang-senang dengan Cortana juga. Anda dapat meminta dia untuk memberitahu Anda tentang lelucon, atau bahkan bertanya tentang dirinya. Anehnya, jawabannya adalah berbeda dari yang ada di Windows Phone ketika ditanya apa artinya Cortana.

Anda juga bisa menggunakan Cortana untuk mengatur alarm, yang akan sinkron dengan Windows Phone Anda (selama itu juga memiliki Cortana), menanyakan arah ke tempat-tempat dan mencari web. Hebat bukan?!

Demikianlah Cara Menggunakan Cortana di Windows 10. Semoga bermanfaat. Baca juga: Cara Menggunakan Family Account di Windows 10

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menggunakan dan Mengaktifkan Cortana di Windows 10"

Post a Comment

Peraturan Dalam Berkomentar:
1. Komentar harus relevan dengan konten blog
2. Harus menggunakan bahasa yang sopan
3. Tidak boleh menyinggung SARA or Bullying.
4. Hindari komentar SPAM. Exp: Nice gan, Makasih Gan, dll
5. Tidak ada link di dalam isi komentar. Aktif maupun tidak.

Gunakanlah Sarana Publik ini dengan Bijak. Baca dan Pahami isinya baru Berkomentar. Terimakasih.