Pengertian Istilah Kebugaran Jasmani





Baca Juga

Pengertian Istilah Kebugaran Jasmani -- Kebugaran Jasmani adalah Kemampuan seseorang dalam menjalankan aktifitas sehari-hari tanpa adanya kelelahan yang berarti dan masih mempunyai cadangan tenaga untuk menjalankan aktifitas yang lainnya. Hal ini dilakukan oleh seseorang tanpa adanya rasa terbebani dan selalu merasa ringan. Terdapat tiga hal pokok dalam istilah kebugaran jasmani, yaitu:
  • Otot, tulang dan lemak yang tergolong dalam bagian fisik.
  • Efisiensi sistem jantung, pembuluh darah dan pernapasan (paru-paru) yang tergolong dalam fungsi organ.
  • Kelenturan, kekuatan, kecepatan dan ketahanan yang tergolong dalam Respon Otot.
Tujuan diadakannya latihan kebugaran jasmani adalah untuk meningkatkan daya tahan kebugaran jasmani dan mempertahankannya agar tetap selalu sehat. Kekuatan, daya tahan, dan keseimbangan merupakan unsur-unsur kebugaran jasmani yang berkaitan erat dengan konsep kebugaran jasmani dalam kehidupan sehari-hari. Untuk menjaga kebugaran jasmani setiap orang dapat melakukan sebuah latihan kekuatan dan daya tahan agar kebugaran jasmani yang dimilikinya semakin maksimal. Melakukan latihan-latihan tersebut harus dilakukan dengan cara yang benar, teratur, dan dalam jangka waktu yang lama.

Pengertian Istilah Kebugaran Jasmani

Istilah Kekuatan dalam Olahraga berarti kemampuan otot dalam melakukan kontraksi untuk membangkitkan tegangan terhadap sebuah tahanan. Latian-latian tahanan seperti mengangkat, mendorong dan menarik beban merupakan latihan yang tepat untuk meningkatkan kekuatan. Dalam melakukan latihan tersebut setiap individu dapat memakai beban yang berasal dari diri sendiri atau dari luar. Agar hasil maksimal dalam melakukan latihan kekuatan, Anda harus menambah sedikit demi sedikit beban yang Anda pakai. Dengan jangka waktu yang cukup lama kiranya sudah cukup untuk meningkatkan kekuatan otot. Contoh yang jelas mengenai latihan kekuatan otot adalah mengangkat barbel, lempar bola medicine, latihan dengan spring device dan mengangkat dumb-bell. Baca juga: Unsur-Unsur Kebugaran Jasmani

Untuk mengetahui lebih jelas mengenai manfaat otot dalam kehidupan sehari-hari silahkan baca keterangan dibawah ini.

Manfaat Kekuatan Otot

  1. Setiap aktifitas fisik membutuhkan kinerja otot
  2. Melindungi tubuh dari kemungkinan cidera
  3. Memperkuat stabilitas persendian.
  4. Menambah lari lebih cepat.
  5. Menendang lebih jauh.
Untuk meningkatkan kekuatan otot dan daya tahan tubuh dalam menjaga kebugaran jasmani Anda dapat memakai latihan-latihan dasar berikut ini.

Latihan-Latihan Untuk Meningkatkan Kekuatan Otot Tubuh

  1. Push-Up: Untuk menambah kekuatan otot lengan
  2. Pull-Up: Untuk melatih dan meningkatkan daya tahan otot lengan.
  3. Back-Up: Untuk meningkatkan daya tahan otot punggung.
  4. Squat-Jump: Meningkatkan daya tahan otot tungkai.
  5. Naik turun bangku: Meningkatkan dan melatih otot tungkai.
Pada dasarnya, latihan-latihan untuk menjaga kekuatan otot tubuh hanyalah menggerakkan tubuh berulang-ulang dan dilakukan sesuai dengan kemampuan setiap individu. Semakin bagus daya tahan fisik seseorang maka akan semakin bagus kebugaran jasmani yang mereka miliki.

Demikianlah Pengertian Kebugaran Jasmani beserta dengan contoh latihan untuk meningkatkan kebugaran jasmani. Semoga bermanfaat. Baca juga: Pengertian Persatuan dan Kesatuan Bangsa Indonesia

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Istilah Kebugaran Jasmani"

Post a Comment

Peraturan Dalam Berkomentar:
1. Komentar harus relevan dengan konten blog
2. Harus menggunakan bahasa yang sopan
3. Tidak boleh menyinggung SARA or Bullying.
4. Hindari komentar SPAM. Exp: Nice gan, Makasih Gan, dll
5. Tidak ada link di dalam isi komentar. Aktif maupun tidak.

Gunakanlah Sarana Publik ini dengan Bijak. Baca dan Pahami isinya baru Berkomentar. Terimakasih.