Manfaat Hubungan Internasional Bagi Negara Dalam Berbagai Bidang





Baca Juga

Manfaat Hubungan Internasional Bagi Negara -- Bagi kelangsungan sebuah negara tentu tidak lepas dari hubungan dengan suatu negara lainnya. Inilah yang disebut dengan hubungan internasional. Di jaman yang sudah sangat kompleks seperti ini hampir tidak ada negara yang mampu berdiri sendiri kecuali negara yang memang sudah sangat maju. Dengan melakukan hubungan dengan negara lain tentu tujuan negara dan perdamaian dunia akan lebih mudah terwujud. Setiap negara tentu ingin selalu memenuhi semua kebutuhan warga negaranya namun masalahnya kenyataan yang ada berkata lain. Justru pemenuhan kebutuhan warga negara tidak tercukupi. Dengan keadaan yang seperti inilah yang mendasari sebuah negara untuk melakukan hubungan dengan negara lainnya. Tapi hubungan dengan negara lain tidak bisa ditentukan seketika itu juga karena harus mempertimbangkan banyak hal.

Manfaat Hubungan Internasional

Banyak negara yang memiliki sumber daya alam. Banyak juga negara yang hanya banyak memiliki penduduk saja tapi kekurangan sumber daya alam. Sementara negara lain juga hanya ada negara yang menghandalkan ilmuwannya untuk berkembang. Gap-gap yang terjadi diantara negara-negara tersebut dapat diatasi dengan menjalin sebuah hubungan internasional. Inilah kadangkala yang mendasari lahirnya hubungan antar negara dan antar bangsa. Tujuan umum dari hubungan internasional ini adalah untuk mempererat hubungan antar negara. Sehingga jika salah satu negara mengalami kesulitan negara yang lain akan membantunya dengan suka rela. Disisi lain, manfaat hubungan internasional bagi negara adalah mengadakan berbagai macam hubungan kerjasama antar negara misalnya dalam bidang ekonomi, bidang pemasaran, bidang hukum, dan bidang pendidikan. Baca juga: Pengertian Hubungan Internasional, Asas-Asas Hubungan Internasional, Sarana-Sarana Hubungan Internasional, dan Arti Penting Hubungan Internasional

Manfaat lain dari hubungan internasional adalah memperjelas batas-batas negara sehingga akan lebih mudah dalam menegakkan kedaulatan negara. Hubungan internasional ini juga akan melahirkan sebuah kesepakatan pakta non agresi sehingga perdamaian antar negara akan lebih cepat terwujud. Tidak berhenti disitu saja, hubungan internasional akan membantu negara dalam memenuhi kebutuhan ekonomi sesuai dengan kebutuhannya. Perlu kita ketahui bahwa setiap negara berbeda dalam hal pandangan pemenuhan kebutuhan ekonomi, keamanan, politik, keuangan, maupun sumber daya alam dan manusia. Jadi kesimpulannya, hubungan internasional ini sangat penting bagi setiap negara karena negara tidak akan mampu memenuhi kebutuhan negaranya sendiri-sendiri.

Dengan menjalin hubungan internasional yang baik maka setiap negara akan mendapatkan segudang manfaat yang dapat dijadikan sebagai indikator perdamaian suatu negara. Semua kebutuhan negara akan terpenuhi dengan singkat. Peran negara juga akan semakin terlihat jelas dalam perundingan suatu kerjasama internasional antar negara. Hal ini karena setiap negara tidak akan pernah bisa mengabaikan peran penting dari negara lain. Banyak dari kebutuhan suatu negara yang hanya dapat dipenuhi dengan hubungan internasional. Banyak dari manfaat hubungan internasional antar negara yang diabaikan oleh peserta kerjasama sehingga hasil kerjasama yang diperoleh tidak semaksimal yang diharapkan. Banyak sekali pelajaran yang dapat dipetik dari hubungan internasional dengan negara lain salah satunya adalah mempererat hubungan antar kedua negara.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat Hubungan Internasional Bagi Negara Dalam Berbagai Bidang"

Post a Comment

Peraturan Dalam Berkomentar:
1. Komentar harus relevan dengan konten blog
2. Harus menggunakan bahasa yang sopan
3. Tidak boleh menyinggung SARA or Bullying.
4. Hindari komentar SPAM. Exp: Nice gan, Makasih Gan, dll
5. Tidak ada link di dalam isi komentar. Aktif maupun tidak.

Gunakanlah Sarana Publik ini dengan Bijak. Baca dan Pahami isinya baru Berkomentar. Terimakasih.