Jenis-Jenis Printer Terlengkap





Baca Juga

Jenis-Jenis Printer -- Printer adalah sebuah perangkat keras yang dihubungkan dengan komputer atau laptop yang fungsinya sebagai perangkat keluaran. Perangkat keluaran maksudnya adalah sebagai pencetak sebuah hasil kerja. Printer merupakan sebuah alat untuk mencetak data baik berupa dokumen tulisan ataupun gambar. Printer memiliki beberapa bagian dan juga memiliki banyak jenisnya.

Yang termasuk kedalam bagian-bagian printer adalah alat pengambil kertas, tempat menaruh kertas dan tinta. Bagian-bagian tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda. Contohnya saja, ketika toner atau laser ingin digunakan harus dipanaskan dahulu. Sedangkan tinta atau inkjet tidak perlu dipanaskan. Jadi ada bagian penting dari printer yang harus digunakan dengan hati-hati dan benar-benar waspada. Baca juga: Cara Mengatasi Tinta Printer Tidak Keluar

Berikut adalah jenis-jenis printer yang perlu Anda ketahui. Ada kurang lebih empat buah macam printer yang ada. Apa saja? Ini dia jawabannya.


Jenis-Jenis Printer Terlengkap

Berikut adalah jenis printer yang umum dipakai oleh instansi ataupun organisasi.


Printer Dot Matrix

Printer Dot Matrix merupakan sebuah printer yang masih memakai pita sebagai alat untuk mencetak data. Untuk kualitas hasil percetakan memang kurang memuaskan jika menggunakan printer jenis ini. Hasil percetakan cenderung kasar dan tidak rapi karena masih menggunakan pita. Berhubung sistem percetakan masih memakai ketukan maka Anda dapat melapisinya dengan karbon agar hasil cetakan lebih bagus. Untuk masalah warna masih belum bervariasi. Kita tahulah warna pita hanya kebanyakan berupa hitam, merah, dan biru saja. Bahkan hampir tidak ada pengguna yang langsung memakai ketiga warna tersebut saat mencetak data. Jika dilihat dari hasil resolusi cetakan tentu masih sangat rendah. Gambar yang dihasilkan masih berupa garis-garis yang berhubungan.


printer dot matrix epson

Satuan kinerja dari printer ini dilambangkan dengan simbol cps yang artinya character per second. Jadi, printer ini bekerja dengan menghitung jumlah karakter yang dihasilkan per detiknya. Kebanyakan dari jenis printer ini memiliki kecepatan sebesar 500 cps yang artinya ada 500 karakter yang dicetak per detiknya. Meskipun kini teknologi sudah semakin tinggi, ternyata printer jenis ini masih saja diproduksi pasalnya printer dot matrix dapat dipakai untuk mencetak dokumen tembusan seperti kwitansi, bon, dan dokumen-dokumen keuangan yang lain.


Printer Ink Jet - Buble Jet - Desk Jet

Printer Ink Jet adalah alat percetakan yang menggunakan tinta sebagai media produksinya. Hingga saat ini tinta yang dijual dipasaran sudah sangat bervariasi dan memiliki kualitas yang sangat bagus. Dengan berbagai macam tinta tersebut, kini Anda dapat mencetak dokumen dengan kertas yang sangat halus hingga yang sangat tebal. Printer jenis ini mempunyai resolusi yang cukup bagus yakni 5760×1440 dpi. Untuk proses percetakan printer ink jet sudah memakai sistem dor on demand atau yang biasa di kenal dengan penyemprotan tinta melalui lubang pipa yang sangat kecil berupa titik-titik atau yang disebut dengan nozzel.


printer ink jet

Produsen printer ink jet seperti HP dan Canon telah menyematkan teknologi panas pada jenis printer ini. Semakin panas tinta maka akan membuat gelembung-gelembung dan pada akhirnya tinta akan didorong menuju nozzle untuk melakukan percetakan. Jika tidak ada teknologi panas ini maka tinta akan berupa cairan semata saat dokumen dicetak dan lama keringnya. Untuk masalah tinta, printer ini sudah dapat dimodifikasi. Banyak yang dulunya hanya melakukan suntik tinta jika tinta habis namun sekarang sudah banyak yang menggunakan infus untuk mengisi ulang tinta.


Printer Laser Jet

Jika dibandingkan dengan dua printer sebelumnya, printer laser jet memiliki kualitas yang lebih bagus. Untuk melakukan percetakan printer ini sudah menggunakan toner dan infra merah bukan lagi tinta seperti pada Ink Jet. Kecepatan percetakan printer ini lebih tinggi dari pada dua printer diatas. Perlu Anda tahu, printer kelas terendah dari jenis ini masih memiliki kualitas yang lebih bagus jika dibandingkan dengan dot matrix dan Ink Jet. Hebat bukan !?


printer laser jet

Untuk masalah kinerja printer ini mirip sekali dengan mesin fotocopy. Untuk hasil yang dihasilkan jangan tanyakan lagi karena cepat dan sangat tajam. Printer ini sangat direkomendasikan bagi orang atau instansi yang memang bekerja dengan cepat dan membutuhkan hasil yang sempurna. Untuk masalah harga jangan tanya lagi, tentu lebih mahal jika dibandingkan dengan dua printer sebelumnya.


Printer Thermal

Thermal Printer merupakan sebuah printer yang menggunakan tenaga panas untuk mencetak data-datanya. Ini sesuai dengan makna Thermal yang berarti panas. Dengan kelebihan teknologi ini, thermal printer tergolong printer yang halus dan tidak bising saat dipakai untuk mencetak diatas kertas.


thermal printer

Printer ini sangat cepat untuk mencetak dokumen karena tidak lagi menyemprot tinta ataupun lainnya. Untuk masalah harga, printer ini lebih mahal jika dibandingkan dengan dot matrix. Namun meskipun demikian justru printer ini banyak yang memakai.

Demikianlah penjelasan mengenai Jenis-Jenis Printer Terlengkap. Pilihlah printer yang memang sesuai kebutuhan Anda. Jangan membeli yang memang tidak Anda inginkan. Semoga bermanfaat. Baca juga: Cara Reset Printer Canon Pixma iP 2770

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jenis-Jenis Printer Terlengkap"

Post a Comment

Peraturan Dalam Berkomentar:
1. Komentar harus relevan dengan konten blog
2. Harus menggunakan bahasa yang sopan
3. Tidak boleh menyinggung SARA or Bullying.
4. Hindari komentar SPAM. Exp: Nice gan, Makasih Gan, dll
5. Tidak ada link di dalam isi komentar. Aktif maupun tidak.

Gunakanlah Sarana Publik ini dengan Bijak. Baca dan Pahami isinya baru Berkomentar. Terimakasih.