Cara Setting IP Camera Secara Praktis dan Mudah





Baca Juga

Cara Setting IP Camera -- Jika Anda masih belum tahu apa itu IP Camera maka admin akan menjelaskannya. IP camera adalah sebuah perangkat kamera CCTV yang hasil rekamannya sudah dapat diakses dengan menggunakan jaringan internet. Untuk melakukan setting pada model kamera ini sangatlah mudah dan praktis. Tidak hanya itu, saat pemasangan IP Camera yang tidak membutuhkan kabel yang begitu banyak juga menambah kemudahan dalam pemasangan. Jika dibandingkan dengan jenis kamera CCTV yang lainnya, IP Camera justru lebih keren.

Cara Setting IP Camera

Satu hal yang patut dipertimbangkan agar Anda menggunakan IP Camera, yaitu hasil rekamannya dapat Anda nikmati dimanapun berada asal terkoneksi dengan internet. Sehingga jika IP Camera, Anda gunakan untuk mengawasi rumah dan kantor, Anda tidak perlu lagi sering-sering mengawasinya. Cukup biarkan IP Camera bekerja. Baca juga: Kegunaan Power Supply dan Jenis-Jenis Power Supply

Begini Cara Setting IP Camera dengan Mudah

Ikuti petunjuk-petunjuk dibawah ini agar settingan IP Camera dapat terkonfigurasi dengan benar dan Anda tidak perlu lagi dalam mengotak-atiknya.

Jaringan Harus bisa diakses

Pastikan bahwa jaringan internet yang terhubung dengan segala aktivitas Anda dirumah masih aktif. Jangan sampai jaringan nirkabel yang berada di rumah kacau dan dibiarkan begitu saja. Bagaimana mau menjalankan setting IP Camera jikalau tidak ada jaringan yang bisa diakses. Jadi cek kembali sebelum melakukan setting IP Camera.

Setting IP Address

Sebelum IP Camera dapat dipakai maka Anda harus menata terlebih dahulu IP Addressnya. Cara untuk mendeteksi IP Address cukup mudah. Anda hanya harus mendeteksi IP Camera yang sudah dipasang. Sedangkan untuk mendeteksi IP Camera Anda dapat memakai CD drivernya. Nah, installer IP Camera dari CD tersebut dapat langsung Anda pakai di laptop. Kemudian, Anda akan diberikan IP Address yang sesuai dengan buatan pabrik. Oleh karena itu, Anda harus merubahnya menjadi IP lokal. Caranya dengan masuk ke dalam browser.

Setting Port Number

Selepas IP Camera terkoneksi dengan laptop maka serial number milik pabrik akan keluar. Anda harus menggantinya dengan 4 digit angka sesuai dengan keinginan Anda. Jika Anda merasa 4 digit masih kurang silahkan tentukan sendiri berapa jumlahnya.

Temukan Jaringan

Dalam melakukan setting IP Address maka Anda harus menemukan jaringan melalui browser. Dengan masuk kedalam jaringan, Anda dapat melakukan akses kepada kamera dan menentukan kualitas pada kamera. Jika proses sudah selesai jangan lupa berikan password agar settingan terkunci dengan aman. Selanjutnya, Anda harus mereboot perangkat Anda.

Tes IP Camera

Lakukan tes IP Camera sebelum digunakan. Untuk menggunakan tes ini maka Anda harus sudah tahu IP Address yang sudah di konfigurasi sebelumnya. Dengan langkah ini maka Anda dapat mengetes sejauh mana IP Camera dapat digunakan melalui internet. Langkah pengetesan yang dapat Anda ambil ialah dengan menyambungkan IP Camera ke laptop/komputer dan tunggu hingga layar menambilkan sebuah gambar dari kamera. Jika CCTV sudah keluar maka IP Camera siap dipakai.

Selalu Terhubung dengan Internet

Setelah proses setting IP Camera selesai maka Anda dapat melakukan pemantauan dari jarak jauh. Jika setting pada kamera dilakukan dengan benar maka dimanapun Anda berada, Anda dapat memantau kinerjanya langsung dari browser laptop atau perangkat mobile Anda. Oleh karena itu, pastikan Anda dan IP Camera yang sudah dipasang selalu terkoneksi dengan internet agar Anda mudah memantaunya dimana saja.

Demikianlah Cara Setting IP Camera. Semoga bermanfaat dan dapat Anda gunakan untuk menjaga keamanan rumah dan kantor Anda. Baca juga: Cara Biar Antena TV Lebih Jernih

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Setting IP Camera Secara Praktis dan Mudah"

Post a Comment

Peraturan Dalam Berkomentar:
1. Komentar harus relevan dengan konten blog
2. Harus menggunakan bahasa yang sopan
3. Tidak boleh menyinggung SARA or Bullying.
4. Hindari komentar SPAM. Exp: Nice gan, Makasih Gan, dll
5. Tidak ada link di dalam isi komentar. Aktif maupun tidak.

Gunakanlah Sarana Publik ini dengan Bijak. Baca dan Pahami isinya baru Berkomentar. Terimakasih.