Cara Menggunakan Kamera Kedua iPhone 7 Plus





Baca Juga

Cara Menggunakan Kamera Kedua iPhone 7 Plus -- iPhone 7 Plus memang sudah diluncurkan semenjak September tahun lalu. Namun, kelebihan yang dibawa generasi iPhone 7 ini tidak ada habisnya. Perbedaan yang jelas antara iPhone 7 dengan iPhone 7 Plus ialah terletak pada kedua kamera. Kamera utama iPhone 7 Plus memiliki kekuatan sebesar 12 megapixel dengan didukung lensa berbukaan F1.8. Dengan adanya kamera ini Anda akan mendapatkan sebuah tangkapan gambar yang sangat super mewah.

iPhone 7 dan iPhone 7 Plus memang diluncurkan secara bersamaan dan memang kedua iPhone ini memiliki keunggulan yang luar biasa jika dibandingkan dengan generasi iPhone yang dibawahnya. Kita ambil satu contoh kelebihan dari iPhone 7 Plus, yaitu pada saat peluncurannya iPhone 7 Plus telah dilengkapi dengan kamera ganda di bagian punggung body iPhone dengan kekuatan sebesar masing-masing 12 Megapixel.

cara menggunakan kamera kedua di iPhone 7 Plus

Untuk mengetahui perbedaan iPhone 7 dan iPhone 7 Plus ialah terletak pada lensa yang dipakai untuk menangkap gambar. Untuk kamera pertama pada iPhone 7 Plus, lensa yang digunakan setebal 28 mm yang berukuran sama dengan framenya dengan bukaan F1.8. Sedangkan kamera kedua memiliki ketebalan 56 mm dengan bukaan F2.8. Jadi lensa kedua memiliki kekuatan lebih besar dua kali dari pada kamera pertama. Dan kabar menyebutkan bahwa kamera kedua memiliki kemampuan yang setara dengan lensa normal pada kamera digital. Baca juga: Cara Membedakan iPhone Asli atau Palsu

Bukan Fitur "Zoom" Optik

Apple memang suka memberikan kejutan bagi penggunanya. Saat iPhone 7 Plus ini diluncurkan, mereka memberikan sebuah statement yang membingungkan, yaitu "optical zoom at 2x". Pada dasarnya, jika seorang photographer handal memberikan sebuah instruksi pasti mengatakan "2x optical zoom" yang mempunyai arti bahwa focal length camera dapat diperpanjang hingga 2x dari angka semula dari titik lebar dengan cara Zooming.

Tapi apakah Anda tahu bahwa iPhone 7 Plus tidak memiliki kemampuan zoom optik. iPhone 7 Plus sangatlah berbeda dengan smartphone dari Samsung dan Motorola. Jika pada smartphone tersebut memang memiliki kemampuan zoom optik sedangkan di iPhone 7 Plus hanya memiliki dua buah kamera yang memiliki kemampuan lensa yang berbeda-beda sudut pandangnya. Sehingga dapat dikatakan bahwa iPhone 7 Plus memiliki dua buah lensa prime. Yang pertama, non-zoom lens dan yang kedua, fixed lens.

Maksud dari penjelasan pihak Apple terkait dengan istilah "Optical Zoom" adalah kemampuan kamera iPhone untuk melompat dari bidang pengambilan gambar dengan menggunakan lensa 28 mm menuju kamera kedua 56 mm. Saat melakukan zoom 2x pada objek yang akan diambil, iPhone 7 Plus tidak menggunakan kemampuan Optical Zoom melainkan hanya Digital zoom yang berfungsi bukan untuk mengurangi ketajaman gambar.

Sehingga, dapat katakan bahwa kamera iPhone 28 mm ini memang cocok dipakai untuk mengambil gambar pemandangan, arsitektur dan benda-benda lain yang memiliki sudut pandang yang lebih lebar. Sedangkan, kamera 56 mm ini sangat cocok untuk memotret orang secara close up.

Fitur "Dept of Field"

Dengan hadirnya kamera ganda pada iPhone 7 Plus memberikan pola pengambilan gambar yang baru, yaitu "Mode Potrait". Disisi lain ternyata juga menambah efek Dof atau yang disebut dengan Dept of Field yang menjadikan efek buram pada layar belakang gambar namun gambar utama masih sangat tajam.

Cara kerja dari kamera ini sama halnya dengan kamera yang ada di Android. Saat kamera bekerja berbarengan untuk mengambil gambar maka masing-masing kamera akan mencari informasi yang berkaitan dengan jarak obyek yang diambil dan background-nya. Didalam sebuah sistem yang dijalankan tersebut tersematlah sebuah aplikasi yang mana memisahkan gambar dengan latar belakangnya lantas memburamkan latar tersebut secara artifisial. Sehingga, preview dari apa yang akan ditangkap kamera akan muncul pada layar iPhone Anda.

Setelah Anda melakukan tangkapan dengan cara diatas maka foto yang Anda tangkap akan memiliki latar belakang yang buram dan obyek utama memiliki ketajaman yang sangat bagus. Efek Dof semacam ini sudah tertata rapi diaplikasi kamera Anda. Jadi saat Anda mau mengambil sebuah gambar dengan kualitas kelas wahid tidak perlu memakai kamera digital ataupun DSLR.

Meskipun pada dasarnya memang jika mengambil gambar dengan menggunakan kamera digital ataupun DSLR akan menghasilkan kualitas foto yang sangat bagus. Namun setidaknya bagi pengguna iPhone 7 Plus ini sudah cukup untuk mendapatkan sebuah foto dengan efek blur yang sangat eksotis.

Fitur-Fitur Lain

Untuk mengetahui fitur lain apa saja yang tersemat pada iPhone 7 Plus berikut adalah ulasannya.
  1. Mode penyimpanan dengan ekstensi .RAW yang lebih muda di edit dari pada JPEG.
  2. Tersematnya fitur image stabilization
  3. Terdapat fitur wide color capture.
  4. Mempunyai empat LED Flash (Quad-LED System)
  5. Mampu mengurangi flicker saat mengambil gambar dibawah cahaya lampu.
  6. Semua pengolahan data yang berkaitan dengan foto dibawah kendali Image Signal Processor.
  7. Kamera depan sebesar 7 Megapixel untuk berselfie.

Demikianlah Cara Menggunakan Kamera Kedua iPhone 7 Plus. Tidak hanya itu, disini Anda juga dikenalkan dengan mengenal teknologi kamera ganda di iPhone 7 Plus. Semoga bermanfaat. Jika Anda mengalami masalah kebersihan pada kamera iPhone Anda dapat membaca Cara Membersihkan Kamera iPhone.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menggunakan Kamera Kedua iPhone 7 Plus"

Post a Comment

Peraturan Dalam Berkomentar:
1. Komentar harus relevan dengan konten blog
2. Harus menggunakan bahasa yang sopan
3. Tidak boleh menyinggung SARA or Bullying.
4. Hindari komentar SPAM. Exp: Nice gan, Makasih Gan, dll
5. Tidak ada link di dalam isi komentar. Aktif maupun tidak.

Gunakanlah Sarana Publik ini dengan Bijak. Baca dan Pahami isinya baru Berkomentar. Terimakasih.