Tips Menghemat Baterai iOS 10 Agar Tahan Lebih Lama





Baca Juga

Tips Menghemat Baterai iOS 10 Agar Tahan Lebih Lama -- September tahun lalu Apple secara resmi merilis iOS 10. Apple telah melengkapi kecerdasan yang sangat hebat pada produk terbarunya ini, mulai dari aplikasi Perpesanan, Home, News dan Music, integrasi Siri untuk aplikasi pihak ketiga, Voicemail transcript dan masih banyak lagi. Kelebihan-kelebihan dari iOS 10 ini tidak dimiliki oleh para pendahulunya. Pendahulunya yang hanya memiliki spesifikasi yang lebih rendah tidak dapat menikmati kecanggihan yang dibawa oleh iOS 10. Disisi lain, dengan segudang kecanggihan ini ternyata efeknya adalah baterai yang digunakan oleh iOS 10 lebih cepat terkuras habis. Jika dibandingkan dengan iPhone 5 atau iPhone 5C, daya tahan baterai jauh berbeda. Baca juga: Tips dan Trik Menggunakan iPhone 7 dan iPhone 7 Plus

Apakah tidak ada solusinya? Mungkin itu adalah pertanyaan didalam benak Anda selaku pengguna iOS 10. Tidak perlu khawatir, Anda harus segera memutar otak jika baterai Anda cepat sekali habis. Ada beberapa tips dan trik yang harus Anda kuasai agar baterai gadget pintar Anda tidak cepat habis. Garis besarnya, penggunaan baterai itu cepat habis atau tidak tergantung pada penggunanya itu sendiri. Gadget pintar ataupun tidak, jika penggunanya pintar dalam merawatnya tentu akan tahan lebih lama baterai yang digunakan.

Tips Hemat baterai iOS 10

Contoh-contoh penggunaan gadget yang berlebihan seperti berselancar di dunia maya siang malam, main game berjam-jam dan di charge dalam posisi menyala merupakan beberapa contoh yang dapat mempercepat baterai cepat terkuras habis. Oleh karena itu, jika Anda memiliki gadget iOS 10 yang mencoba menghemat daya baterai Anda dapat memakai tips berikut ini sesuai dengan kebutuhan Anda.

Tips Menghemat Baterai iOS 10

Menghemat baterai adalah sebuah kewajiban yang harus Anda lakukan terhadap penggunaan iOS 10. Bayangkan saja jika baterai mati tiba-tiba pada saat Anda harus presentasi atau pada waktu yang sangat genting. Bagaimana? Apa Anda tidak khawatir jika demikian? Yuk.. mari kita ulas agar baterai lebih lama sehingga saat diposisi yang sangat genting gadget Anda masih dapat digunakan. Baca juga: Review Nokia 6 - Kelebihan dan Keunggulan Nokia 6

Matikan Aplikasi yang tidak Penting

Tips pertama yang dapat Anda pakai untuk menghemat baterai pada iOs 10 ialah dengan menonaktifkan aplikasi-aplikasi yang kurang penting bagi Anda. Masuklah ke dalam Settings ⇒ Battery dan kemudian cek mana saja aplikasi yang memakan konsumsi baterai yang berlebih. Jika aplikasi tersebut kurang berguna segera saja uninstall aplikasi. Namun jika aplikasi tersebut masih Anda perlukan setidaknya Anda harus mengatur penggunaan baterainya. Jangan sampai aplikasi-aplikasi yang tidak berguna tersebut berjalan di balik layar Anda. Sehingga, jika sewaktu-waktu terkoneksi dengan internet yang cukup kuat, aplikasi tersebut akan update dengan sendirinya. Inilah yang menyebabkan baterai cepat habis.


Membatasi Background App Refresh

Aplikasi-aplikasi semacam timeline sosial media, pesan dari aplikasi Mail dan sebagainya terkadang juga memakan baterai yang banyak. Cara mudahnya agar aplikasi tersebut tidak mengambil data dari luar cukup masuk pada bagian Settings  General  Background App Refresh. Kemudian, pilihlah aplikasi mana saja yang Anda izinkan untuk mengambil data dari luar dan mana yang tidak Anda perlukan.

Atur Lokasi Anda

Tidak hanya satu atau dua aplikasi yang membutuhkan data dimana pengguna berada dimana. Mungkin Anda sebagai pengguna iOS 10 tidak menyadari bahwa dengan cara tersebut gadget Anda akan mengkonsumsi baterai yang berlebih. Alhasil, baterai Anda akan cepat habis. Mengapa bisa demikian? Sebenarnya, dengan cara seperti ini GPS didalam gadget Anda akan selalu Aktif sehingga aplikasi tersebut akan bekerja dibelakang layar Anda. Oleh karena itu, konsumsi baterai yang ia butuhkan juga semakin meningkat. Untuk mematikan agar pelacakan lokasi pengguna tidak selalu terdeteksi Anda cukup masuk ke bagian Settings  Privacy  Location Services. Cari dan temukan aplikasi-aplikasi yang tidak Anda inginkan melacak keberadaan Anda. Caranya, pilih mode "While Using Apps" untuk semua aplikasi tersebut. Apabila menemukan aplikasi yang sangat tidak memerlukan pelacakan lokasi Anda, maka pilihlah pengaturan "Never". Jika dalam bahasa Indonesia artinya adalah "Tidak Pernah".

Tata Tingkat Kecerahan pada Layar


Ini adalah hal yang sering dilupakan oleh pengguna iOs 10. Banyak dari pengguna yang membiarkan begitu saja tingkat kecerahan pada layar gadgetnya. Justru yang sering ditemui ialah mereka membiarkan tingkat kecerahan bekerja secara otomatis. Atau kalau tidak seperti itu, pengguna iOs 10 selalu menyesuaikan kecerahan layar dengan melihat lokasi dimana dia berada. Kadang ketika diluar ruangan berhubung cahaya matahari cukup terang, mereka justru menaikkan tingkat kecerahan agar dapat terlihat. Sehingga, jika terlupa merubahnya kembali normal saat dibawa pulang dan ditaruh di ruang yang lebih gelap konsumsi daya baterai juga akan naik terus. Agar tidak terjadi kejadian seperti hal itu maka lakukanlah pengaturan seperti berikut ini. Masuklah pada Settings ⇒ Display & Brightness. Ini merupakan cara untuk mematikan "Auto-Brightness". Auto-Brightness adalah setting otomatis untuk mengatur kecerahan pada layar. Sehingga, pengaturan ini akan menyesuaikan dengan situasi dimana penggunanya berada. Matikan saja pengaturan ini agar Anda lebih mudah mengatur tingkat kecerahan layar sesuai dengan keinginan.

Matikan Raise to Wake

Fitur Raise to Wake merupakan fitur terbaru untuk iOS 10. Fitur ini memberikan kenyamanan bagi pengguna untuk tidak harus menekan tombol switch on-off pada gadget untuk menyalakannya. Cukup dengan mengangkatnya dari posisi gadget diletakkan maka secara langsung gadget akan menyala dengan sendirinya. Sebenarnya fitur ini dapat tergolong sebagai cara mudah untuk memaksimalkan gadget tetapi menurut admin sendiri alangkah lebih baik jika Anda mematikannya saja agar supaya baterai lebih tahan lama.

Nyalakan Fitur Low Power Mode


Fitur yang dimaksud disini ialah fitur yang hadir di iOs 9. Sistem sebelumnya dari iOS 10. Pengguna yang menggunakan mode ini akan sangat dengan mudah dapat membatasi semua aktifitas jaringan atau fitur lainnya. Jika dalam bahasa Indonesia, mode ini dinamai dengan sebutan mode penghematan daya. Untuk menikmatinya Anda cukup masuk pada Settings ⇒ Battery ⇒ Pilih mode ON untuk pilihan Low Power Mode.

Maksimalkan Mode Night Shift

Mode ini akan mengurangi tingkat kecerahan layar yang berwarna biru dari layar iOS 10. Meskipun belum ada bukti bahwa cara ini dapat mengurangi penggunaan baterai tidak ada salahnya Anda sebagai pengguna untuk memaksimalkannya. Dengan cara ini juga, Anda juga mengurangi resiko minus pada mata Anda. Untuk mengaktifkan mode ini, Anda masuklah pada Settings ⇒ Display & Brightness ⇒ Night Shift.


Demikianlah cara-cara yang dapat dipakai untuk mengemat baterai pada iOS 10 agar lebih tahan lama. Gunakan gadget Anda dengan pintar. Sepintar namanya "Smartphone". Jangan hanya gadget yang pintar, tapi Anda juga harus lebih pintar daripadanya. Oke semoga bermanfaat. Baca juga: Tips Membeli iOs 10 untuk iPhone 7 dan iPhone 7 Plus

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Menghemat Baterai iOS 10 Agar Tahan Lebih Lama"

Post a Comment

Peraturan Dalam Berkomentar:
1. Komentar harus relevan dengan konten blog
2. Harus menggunakan bahasa yang sopan
3. Tidak boleh menyinggung SARA or Bullying.
4. Hindari komentar SPAM. Exp: Nice gan, Makasih Gan, dll
5. Tidak ada link di dalam isi komentar. Aktif maupun tidak.

Gunakanlah Sarana Publik ini dengan Bijak. Baca dan Pahami isinya baru Berkomentar. Terimakasih.