Tips dan Trik SEO Ala Sumbodo Malik





Baca Juga

Tips dan Trik SEO Ala Sumbodo Malik -- Tidak ada yang tidak tahu dengan Sumbodo Malik untuk tahun-tahun terkahir ini. Seorang pemuda atau yang kini sudah menjadi bapak-bapak mastah blogging. Sumbodo Malik kini kian terkenal berkat liputan sekilas tentang dirinya di SCTV. Bapak yang satu ini bukan sembarangan orang. Beliaulah yang mendirikan sebuah perkampungan di Magelang yang disebut dengan Kampung Blogger. Sebuah kampung pedesaan yang hampir sebagian besar penduduknya ialah seorang blogger yang mampu meraup jutaan dollar tiap bulannya. Bagi pecinta SEO blogger mungkin sudah tidak asing lagi dengan sebuah tool andalan beliau untuk menembak keyword dengan CPC yang sangat fantastis, yaitu Eskeyword.

Tips SEO Blog ala Sumbodo Malik

Untuk memberikan wawasan tentang SEO pada blog, beliau memiliki wejangan yang mampu membuat blogger muda geleng-geleng kepala. Sungguh memang aneh dan mungkin tidak masuk akal. Apa sih sebenarnya tips mas Sumbodo Malik dalam mengajarkan kepada warga masyarakat yang lain? Berikut adalah kupasan singkatnya. Baca juga: Apa yang dimaksud dengan SEO On-Page?

Tips Melakukan Riset Kata Kunci (Keyword)

Untuk menentukan kata kunci tidaklah boleh sembarangan. Anda harus menentukan negara dimana kata kunci tersebut Anda tembak. Jangan hanya mematok di kawasan USA saja yang memang konon dari dulu terkenal dengan CPC tinggi untuk masalah klik Adsense. Tapi menurut beliau dikawasan German, Italy, dan Russia ternyata juga memiliki nilai CPC yang tinggi juga. Dan yang paling menguntungkannya adalah pesaing atau kompetitornya sangat rendah. Inilah yang akan meningkatkan pendapatan adsense Anda.

Disisi lain, Anda harus memperhatikan musim dimana target negara yang di tembak. Admin sendiri sedikit kurang paham dengan ini. Mungkin dengan memperhatikan musim, para pembaca dari luar memang sedang hangat-hangatnya menikmati informasi terbaru pada musim tersebut. Misalnya saja, kalau di Rusia masih musim dingin tapi topik yang Anda angkat justru informasi tentang musim gugur. Ini akan sangat aneh dan mubazir. Sehingga, Anda juga harus menentukan bahwa website atau situs Anda sudah siap untuk bersaing di bulan-bulan pergantian musim sehingga trafik perkiraan Anda akan dapat diraih.

Ini merupakan poin penting dalam riset kata kunci yang paling penting. Menurut mas Sumbodo Malik carilah niche blog yang berbeda sekali dengan blogger-blogger Indonesia. Alasannya agar pesaing tidak terlalu banyak. Jangan hanya mengangkat topik yang sama dengan milik admin ini sendiri yaitu tentang "tips blogging". Ini merupakan sebuah niche yang sudah sangat umum. Sehingga, akan banyak sekali kompetitor untuk menuju halaman pertama google. Perlu Anda ketahui bahwa setiap niche yang Anda ambil memiliki potensi yang sama.

Untuk menunjang riset kata kunci, Anda bukan hanya dapat memakai keyword planner dari Google Adwords tapi ternyata masih banyak lagi. Anda dapat memakai Google Trends, Google News, Semrush dan Senuke bahkan masih banyak lagi. Anda dapat mencarinya di internet.

Tips Membuat Artikel Berkualitas Meskipun Copas

Untuk membuat artikel yang berkualitas tentu Anda harus menentukan kata kuncinya terlebih dahulu. Jika sudah ketemu, Anda harus dapat menembak kata kunci tersebut sebaik mungkin hingga menjadi sebuah artikel yang berkualitas. Untuk mendukung artikel tersebut jangan hanya memakai satu situs saja tetapi pakailah cara mengetik allintitle:keyword tersebut sehingga kata kunci yang Anda tembak akan sangat relavan dengan satu sama lain. Semakin banyak sumber yang Anda masukkan kedalam artikel Anda maka Google akan semakin menyukai tulisan Anda. Asalkan? Anda tidak menekan CTRL + C kemudian CTRL + V. Maknanya adalah Anda harus menulis ulang dengan cara prafrase atau summarizing langsung di blog Anda. Keuntungan yang Anda dapat dengan cara ini ialah Google akan langsung dapat mendeteksi keaslian tulisan yang Anda tulis.

Tips lain untuk menulis artikel berkualitas ialah dengan mencari sumber artikel berupa bahasa Inggris atau lainnya. Tahap selanjutnya ialah translate artikel tersebut kedalam bahasa yang Anda inginkan. Pahami dengan benar kemudian tulis ulang artikel tersebut minimal menjadi 300 kata. Peran editing disini bermain penting untuk mendukung karya baru yang Anda buat. Jika sudah memulai menulis artikel maka selanjutnya Anda harus menyisipkan kata kunci senatural mungkin kedalam artikel yang sedang Anda tulis. Jangan sampai berlebihan dalam menyisipkan kata kunci dan berusahalah untuk mencampurnya dengan kata kunci turunannya. Cukup dengan mengulang kata kunci utama sebanyak 2 sampai dengan 3 kali maka Anda sudah mampu menciptakan artikel yang berkualitas. Jika Anda semisal menembak negara Australia yang notabene menggunakan bahasa Inggris maka artikel yang sudah terbentuk tadi translate ulang dalam bentuk bahasa Inggris. Cek ulang grammarnya karena ini sangat penting agar setiap kalimat yang Anda buat tadi dapat dipahami pembaca dari negara yang Anda tembak tadi. Disini Anda jangan memakai Google Translate karena grammar yang akan terbentuk tidak akan terbaca dengan sempurna. Baca juga: Cara Mengoptimasi Gambar Agar Lebih SEO

Nah, jika Anda sudah mampu untuk melakukan hal diatas cobalah untuk membuat artikel minimal 2-3 kali dalam sehari. Anda harus tekun dan giat dalam meraih tujuan Anda , karena harus tahu mengapa Anda harus menjadi blogger. Senangilah passion yang Anda jalani tersebut dan coba tes seberapa kuat Anda dalam menulis. Jangan sampai membatasi diri Anda tetapi Anda disarankan untuk memberikan batas waktu kira-kira kapan tujuan Anda dapat diraih.

Yang tidak kalah pentingnya disini ialah masalah penentuan gambar dalam postingan. Cukup dengan 2 sampai dengan 3 buah saja. Jangan lupa namai file image tersebut dengan judul yang akan Anda ambil. Jika sudah di pasang di blog, pasangi alt tags dan title tags sesuai dengan keyword yang Anda tembak.

Jika sudah semuanya, sekarang masalah tujuan Anda menulis. Jika ditarik kesimpulan bahwa tulisan Anda ditujukan untuk mendaftar adsense maka buatlah artikel yang memenuhi algoritma Google terbaru dan jangan sampai melanggar TOS Google.

Tips Melakukan Backlink

Dalam mengembangkan sebuah situs tidak salah jika kita sebagai blogger juga harus menanam link building. Tips termudahnya dalam melakukan backlink ialah dengan menanam link di situs yang setidaknya memiliki umur 1 tahun. Jangan yang masih terlalu muda. Karena dengan umur yang cukup situs tersebut akan memiliki Domain Authority yang tinggi. Saran dari mastah blogging, situs yang baik jika memiliki DA sebesar 25. Nah, jika sudah semua hal penting lain yang harus dipahami sebagai blogger, situs yang sedang diambil backlinknya harus juga memiliki Google Backlink yang cukup tinggi. Dengan begitu, situs yang Anda ambil akan mengahsilkan trafik yang besar untuk situs Anda.

Demikianlah tips dan trik SEO yang sempat mas Sumbodo Malik sampaikan di catatan facebooknya. Semoga bermanfaat. Baca juga: Cara Mengoptimasi Artikel Agar SEO Friendly

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips dan Trik SEO Ala Sumbodo Malik"

Post a Comment

Peraturan Dalam Berkomentar:
1. Komentar harus relevan dengan konten blog
2. Harus menggunakan bahasa yang sopan
3. Tidak boleh menyinggung SARA or Bullying.
4. Hindari komentar SPAM. Exp: Nice gan, Makasih Gan, dll
5. Tidak ada link di dalam isi komentar. Aktif maupun tidak.

Gunakanlah Sarana Publik ini dengan Bijak. Baca dan Pahami isinya baru Berkomentar. Terimakasih.