Jenis-Jenis Judul Artikel yang Dapat Menarik Minat Pembaca





Baca Juga

Jenis-Jenis Judul Artikel yang Dapat Menarik Minat Pembaca -- Tujuan dari menulis sudah pasti tentu untuk menuangkan semua ide, gagasan, dan pikiran secara langsung dalam bentuk tulisan. Maksudnya, dengan sebuah tulisan seseorang akan dapat menyampaikan ide-ide yang masih berjubal didalam pikiran. Dengan tulisan yang bagus maka pembaca akan menyukai karya tulisan sobat. Sebagai tolok ukur keberhasilan tulisan yang dimaksud ialah dengan seberapa sering pembaca melihat dan membaca karya tulisan yang telah dibuat. Oke, sebelum masuk lebih dalam lagi admin ingin bertanya berapa target penayangan setiap artikel sobat? Ratusan? Ribuan? Atau Jutaan? Tentu kalian akan menjawab sebanyak-banyaknya. Baca Juga: Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Posting Artikel

Dalam kenyataannya, kemungkinan besar yang terjadi dengan adanya problem pertanyaan diatas ialah banyak dari blogger yang hanya sekedar biasa saja buat judul artikel tanpa memikirkan bagaimana isinya. Alhasil, judul-judul artikel tersebut hanya akan menjadi koleksi postingan saja. Mengapa bisa demikian? Alasan yang jelas karena kualitas artikel yang kurang, gaya penulisan, kesesuaian dengan minat pembaca, iklan yang mengganggu, dan masih banyak lagi. Tak terkecuali masalah optimasi search engine.


jenis judul artikel yang bagus

Untuk hal-hal yang sudah admin paparkan sebelumnya pastinya banyak blogger yang sudah mengetahuinya. Namun ada satu hal yang tidak boleh dilupakan agar postingan dapat dengan mudah ditemukan oleh pengguna. Yap... Title atau yang disebut dengan judul. Judul dalam kode pemrograman disebut dengan Headline (H1). Seringkali banyak blogger yang tidak memperhatikan judul yang dibuatnya. Kira-kira akan ramai pengunjung atau tidak terkadang kurang diperhatikan.

Jika diibaratkan, judul artikel adalah pintu gerbang. Dengan membaca judul yang menarik yang disiapkan oleh mesin pencari maka pembaca akan memilih artikel sobat. Penggunaan judul yang menarik maka akan menarik pembaca untuk membuka artikel tersebut karena kebanyakan pembaca akan menilai judul ialah sebagai ringkasan singkat dari isi artikel yang disajikan. Maka membuat judul yang attractive itu sangat disarankan dan jangan sampai dikesampingkan. Baca juga : Apa itu SEO On Page?

Memilih judul yang dapat mempengaruhi bahkan menghipnotis pembaca itu jarang yang ada. Bahkan pembuat berita itu justru membuat judul artikel hoax. Dengan judul yang sedikit melebih-lebihkan, secara tidak langsung psikologis pembaca akan tertarik dengan sendirinya. Judul yang membuat penasaran, membujuk, menawarkan sesuatu, memberikan informasi penting, bahkan judul yang menimbulkan tanda tanya dan pertentangan bisa jadi merupakan senjata ampuh untuk artikel sobat. Jika disimpulkan sedikit saja, membuat judul memang penting tetapi keselarasan dengan isi artikel juga harus dipertimbangkan. Kualitas artikel justru mengambil poin lebih dalam menulis artikel. Terus apa kriteria atau jenis judul artikel yang dapat mempengaruhi minat baca? Mari bersama-sama kita bahas.

Macam-Macam Judul Artikel yang Dapat Menarik Minat Pembaca

Banyak sekali artikel dengan judul yang spektakular yang dapat mendatangkan pengunjung ribuan perhari. Mereka cenderung menggunakan format yang terbilang fantastis. Untuk mengetahui format judul tersebut berpengaruh atau tidak pada tiap artikel admin, kadangkala admin memantaunya sedikit demi sedikit. Menciptakan judul yang menarik psikologi pengguna itu sangat penting. Judul artikel yang bagaimana kira-kira?

Judul Artikel Pro-Kontra

Yang namanya pro-kontra jelas saja akan membahas dua hal yang berbeda sisi dan pandangan. Ini merupakan judul yang sangat mudah. Jika dalam bahasa biasanya pro dan kontra adalah pihak yang setuju dan pihak yang tidak setuju. Jadi intinya adalah perbandingan dua hal. Biasanya dalam membuat judul yang pro dan kontra ini penulis akan menyampaikan ulasan-ulasannya baik yang setuju ataupun yang tidak setuju terhadap layanan sesuatu, benda, ataupun aktivitas tertentu. Contoh judul artikel biasanya adalah diawali dengan "Kelebihan dan Kekurangan... atau Keuntungan dan Kerugian...". Apa sobat ingat judul admin ini? Kelebihan dan Kekurangan Short Tail Keyword itu merupakan judul yang tergolong disini.

Judul Artikel Tutorial atau Panduan

Yang tergolong judul artikel ini jelas tentu yaitu yang diawali dengan "Cara..., Tips..., dan Tutorial...". Judul ini merupakan judul yang paling banyak ditemui di internet. Isi dari artikel jelas berisi tentang cara-cara melakukan sesuatu, cara menggunakan sesuatu, ataupun cara menginstall sesuatu. Jadi isinya berupa prosedur melakukan sesuatu. Didalam bahasa inggris biasanya dikenal dengan sebutan prosedur text yang isinya langkah-langkah melakukan sesuatu. Contohnya adalah cara membuat syntax highlighter berwarna.

Judul Artikel Buka Rahasia

Setiap orang akan sangat menyukai judul artikel yang berkaitan dengan buka rahasia. Sesuatu hal yang bersifat rahasia memang sangat disenangi oleh pembaca. Rasa penasaran yang tinggi dari pembaca akan menimbulkan tingkat klik yang tinggi pula terhadap artikel tersebut. Meski demikian, artikel buka rahasia ini biasanya cenderung akan menimbulkan kopi paste yang tinggi. Sama halnya dengan judul yang kedua tadi. Meski sudah diulang-ulang berkali-kali tetapi judul buka rahasia memang menjadi salah satu primadona. Contohnya adalah Rahasia Menuju Halaman Pertama Google.

Judul Artikel Negasi

Judul artikel yang berbau negatif ternyata justru menimbulkan rasa penasaran yang tinggi bagi  pengguna. Pembaca yang mulai penasaran terhadap judul yang diberikan akan memiliki rasa takut, ragu dan khawatir. Rasa tersebut yang akan menimbulkan konflik batin sehingga mereka akan dengan sedikit dorongan dari hati membuka artikel tersebut. Pada akhir cerita akan diberikan solusi terhadap ketidaknyamanannya pada awal sebelum membaca tadi. Sehingga, mereka akan merasa puas terhadap artikel yang telah dibacanya. Contohnya adalah Adakah Kelebihan SEO Off-page terhadap Popularitas Blog?

Judul Artikel yang Berbau Dewasa

Ini merupakan judul yang banyak dicari oleh pengguna yang berumur masih belia. Mereka cenderung lebih agresif terhadap artikel-artikel yang demikian. Rasa penasaran yang mereka miliki akan menghantarkan mereka pada hal ini. Menurut admin, ini adalah masalah besar pada kaum remaja. Terutama yang fantasi seksnya melebihi batas kewajaran. Ini merupakan masalah negara dan agama yang sangat berat. Jika diteruskan tentu akan membahayakan dirinya bahkan keluarganya. Sangat disarankan agar dalam membuat judul yang demikian memberikan batas umur untuk mengaksesnya. Meskipun judul ini tergolong dapat meningkatkan minat pembaca. Alangkah lebih bijak jika setiap warga negara Indonesia lebih sadar akan dampak negatifnya jika mengakses judul yang seperti ini. Contohnya Andressa Urrach (Miss Bumbum) Mantan Selingkuhan CR7 Pernah Diperkosa

Demikianlah paparan singkat tentang Jenis-jenis judul artikel yang menarik minat pembaca. Jika ada yang bertanya apakah akan berhasil? Seberapa besar keberhasilannya? Admin tidak dapat menjawabnya dengan jelas karena semua perlu dibuktikan dengan sebuah analisa yang pasti. Namun jika dilihat dari mastah-mastah blogging yang ada, mereka adalah contoh nyata dalam mengambil judul-judul yang admin sebutkan sebelumnya. Jadi berhasil atau tidak itu tergantung penilaian sobat masing-masing.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jenis-Jenis Judul Artikel yang Dapat Menarik Minat Pembaca"

Post a Comment

Peraturan Dalam Berkomentar:
1. Komentar harus relevan dengan konten blog
2. Harus menggunakan bahasa yang sopan
3. Tidak boleh menyinggung SARA or Bullying.
4. Hindari komentar SPAM. Exp: Nice gan, Makasih Gan, dll
5. Tidak ada link di dalam isi komentar. Aktif maupun tidak.

Gunakanlah Sarana Publik ini dengan Bijak. Baca dan Pahami isinya baru Berkomentar. Terimakasih.