Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membuat Blog





Baca Juga

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membuat Blog -- Pada kesempatan yang baik ini, admin akan sedikit berbagi pengetahuan mengenai tahapan yang harus disiapkan sebelum sobat semua memulai bisnis blogging. Mungkin sebagian besar dari kalian sudah tahu sendiri bagaimana tata caranya agar blog mudah dibuat sekaligus juga mudah untuk dikembangkan. Bagaimana perasaan sobat semua pada waktu pertama kali membuat blog? Senang? Bingung? atau Penasaran? Banyak hal yang muncul sewaktu kita akan memulai hal ini. Tidak hanya satu dua hal yang harus disiapkan untuk memulai bisnis ini. Bisnis? Iya admin mengatakan demikian karena dalam dunia per-bloggingan ini terjadi persaingan bisnis yang kasat mata. Maka untuk dapat terus eksis dalam dunia maya harus memiliki persiapan yang kuat, mental baja, konsistensi dan semangat pantang menyerah.

Diawal memulai bisnis blog tentu sobat akan dihadirkan banyak hal. Hal-hal yang dimaksud ialah bagaimana sih tata cara membuat blog? Apa sih syarat-syarat membuat blog? Dari mana dan siapa kita dapat belajar blog? Bagaimana cara mendatangkan pengunjung blog? Dan Apakah dengan blog kita dapat menghasilkan uang? Itu semua adalah contoh-contoh pertanyaan yang hadir sewaktu kita dulunya memulai untuk bermain blog. Untuk yang sudah memiliki blog tentu PRnya sekarang adalah bagaimana agar tetap konsisten dalam menulis dan bagaimana agar blog tetap ramai oleh pengunjung? Maka mereka akan dengan senang hati untuk mempelajari teknik SEO On-Page dan SEO Off-Page. Sedangkan bagi yang belum memiliki blog ada baiknya sobat membaca artikel kali ini. Agar lebih afdol setelah membaca artikel ini, sobat juga sangat disarankan untuk membaca artikel tentang Hal-hal yang harus diperhatikan sebelum posting artikel.

Bagaimana Membuat Blog?

Pertanyaan inilah yang sering muncul didalam benak seseorang yang masih awam betul dengan per-bloggingan. Perlu digaris bawahi bahwasanya ada banyak sekali platform-platform gratis yang dapat dipakai untuk membuat blog yang bertebaran di internet. Hanya pada artikel ini admin memfokuskan pada satu hal saja yaitu Blogger.com. Platform ini sangatlah mudah untuk di otak-atik dan dikembangkan. Disisi lain platform ini juga termasuk free charge atau gratis. Siapa sih yang tidak mau gratis? hehe. Eiiitzz kalau ada yang tanya, lha yang lain ada yang berbayar lho min? Perlu diingat statement admin sebelumnya, admin memfokuskan pada satu hal saja. Noh tau maksud admin? Oke lanjut ke tahap berikutnya. Untuk dapat mengakses platform tersebut juga sangatlah mudah. Untuk Blogger bagaimana cara membuatnya? Bagaimana cara merawatnya? Mari bahas satu demi satu.


Cara Mendaftar Blog dengan Blogger

Pada bagian ini admin menyarankan sebelum sobat membuat blog, sobat harus tahu terlebih dahulu bahwa blogger adalah platform gratis yang merupakan anak langsung dari Google. Ekstensi yang dihasilkan dengan platform ini adalah .blogspot.com/co.id atau yang lainnya sesuai dengan negara si-pembuatnya. Sehingga, sobat juga akan memiliki hostingan yang tidak akan habis sepanjang Google masih belum tutup usia. hehe. Itu merupakan salah satu kelebihannya. Banyak blogger yang tidak mau untuk merubah ekstensinya menjadi domain TLD karena dengan blogspot saja jika tata pengelolaannya dijalankan dengan benar maka blogspot juga mampu bersaing dengan domain TLD. Baca juga: Cara Redirect Custom Domain TLD dari Idwebhost ke Blog

Untuk memulai pembuatan blog dengan blogger berhubung ini adalah anak dari google so tentu sobat harus memiliki sebuah email yang juga merupakan anak dari google yakni Gmail. Jadi sobat minimal harus memiliki satu buah Gmail baik yang baru atau yang lama. Jika sudah siap sobat dapat ikuti tahap berikut ini.

Halaman depan Blogger

  • Pada tahap ini, yang harus dipahami betul adalah akun gmail harus disiapkan bukan yahoo ataupun yang lainnya. Klik Create Your Blog.
  • Jika sudah maka akan diarahkan seperti pada gambar berikut ini.
halaman depan membuat blog

  • Pada bagian ini, masukkan gmail dan passwordnya. Jangan sampai salah dan jangan sampai keliru. Jika sudah maka akan diarahkan pada hal berikut ini.
Pendaftaran Blog baru

  • Untuk bagian ini, sobat akan diwajibkan untuk mengisi tiga hal penting dalam memulai bisnis blog dengan blogger yaitu Judul, Alamat URL, dan Template.

Cara Memaksimalkan Judul dan URL Blog

Setelah mencapai pada tahap diatas maka admin akan memberikan sedikit masukkan mengenai apa yang harus diperhatikan agar judul blog tidak mengalami pergantian yang dikarenakan sobat kurang puas dengan namanya. Apa saja yang harus diperhatikan dalam membuat judul blog? Mari kita jawab. Baca Juga: Cara membuat widget Melayang dengan SumoMe
  1. Buat judul yang umum dan mudah diingat.
  2. Judul harus mengandung kata kunci
  3. Judul harus unik, simple dan sesederhana mungkin.
  4. Judul mudah divisualisasikan.
  5. Judul disusun sesuai dengan EYD. Contoh Bos Informasi bukan Informasi Bos
  6. Buatlah judul blog yang relevan dengan isi dan tema blog yang akan disusun.
  7. Judul yang baik terdiri dari 2 atau 3 kata saja. Bahkan admin pernah menemukan sebuah statement yaitu paling bagus adalah 3 kata yang merujuk pada isi pokok bahasannya nanti.
  8. Judul yang baik juga tidak ambigu.
  9. Tidak bertele-tele dan tidak mengandung angka.
  10. Jangan ada kata hubung dibagian judul.
  11. Judul yang baik bukan yang berharga tinggi melainkan yang brandable. Disini artinya tidak boleh memakai brand yang ternama semacam Youtube.com atau Amazon.com. Tetapi buatlah brand milik sobat sendiri.
Nah itu kalau untuk judul blog, bagaimana kalau URL Blog min? Ok kita bahas satu demi satu.

Cara Memaksimalkan URL Situs

Setelah memaksimalkan URL blog, maka tahap selanjutnya adalah memaksimalkan URL Situs. Apa saja yang harus diperhatikan? Baca juga: Cara Memasang Form Komen Disqus di Blog
  1. Sama halnya dengan judul blog, sangat disarankan agar url situs juga memiliki referensi yang sama dengan judul blog.
  2. URL situs jangan dipisah-pisah. Dipisah maksudnya dengan tanda - antar katanya. Google akan sedikit kesusahan jika demikian. Maka dianjurkan untuk membuat judul yang berhimpitan. Kalau terpaksa dipisah jangan terlalu banyak (lebih dari satu -).
  3. URL situs harus mencangkup tema dari keseluruhan blog atau yang disebut dengan niche.
  4. URL stus yang pendek agar mudah diingat dan diucapkan
  5. Hindari penggunaan simbol dan angka pada penulisan url situs.
  6. Harus mengandung kata kunci.
Jika sudah pada tahapan ini, maka harus memperhatikan apa-apa saja yang harus diperhatikan saat memilih template blog. Apa saja?

Cara Memaksimalkan Pemilihan Template Blog

Setelah mengisi judul dan url situs saat pertama kali mendaftar di blogger, sangat disarankan untuk yang masih newbie pilihlah template yang merupakan bawaan dari blogger. Pilihlah tema yang simple saja atau Jendela Gambar. Menurut admin, itu yang paling bagus bawaan dari blogger. Namun jika sudah berjala beberapa waktu maka sobat harus menggantinya dengan yang lebih SEO Friendly. Baca juga: Tips Memilih Template Blog yang Baik dan Berkualitas.

Inilah yang harus diperhatikan setelah memulai blogging dibagian penggantian template secara umum:
  1. Pilih template yang Responsive
  2. Pasang template yang User Friendly
  3. Jangan memasang template yang Kurang rapi tetapi pasang yang Bersih
  4. Pilih yang cepat loadingnya
  5. Pilih yang SEO
  6. Pasang template yang Valid HTML dan CSS
  7. Opsional dikarenakan masih dalam tahapan pengembangan, gunakan AMP Template
Itulah yang harus diperhatikan sebelum memulai pembuatan blog. Dengan memaksimalkan hal-hal diatas insyaallah sobat akan mudah untuk mengisi artikel dan gambar. Bahkan nanti jika sobat hendak menyisipkan video didalam postingan tentu blog akan semakin luar biasa bagus. Jaga terus konsistensi menulisnya, konsistensi mood dalam menulisnya, dan terus kembangkan kemampuan pengelolaan situsnya. Jangan khawatir akan dapat bayaran atau tidak. Dapatkanlah kepercayaan dari pengunjung terlebih dahulu maka dengan berjalannya waktu Google akan menghargai sobat dengan mengijinkan situs sobat bergabung didalam program Google adsense. Sekian dahulu, Terimakasih. Baca Juga: Daftar Alternatif Adsense Terbaik

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membuat Blog"

Post a Comment

Peraturan Dalam Berkomentar:
1. Komentar harus relevan dengan konten blog
2. Harus menggunakan bahasa yang sopan
3. Tidak boleh menyinggung SARA or Bullying.
4. Hindari komentar SPAM. Exp: Nice gan, Makasih Gan, dll
5. Tidak ada link di dalam isi komentar. Aktif maupun tidak.

Gunakanlah Sarana Publik ini dengan Bijak. Baca dan Pahami isinya baru Berkomentar. Terimakasih.