Cara Mengatasi SPAM Komentar di Blog





Baca Juga

Cara Mengatasi SPAM Komentar di Blog -- Komentar adalah salah satu indikator keberhasilan membangun sebuah situs. Banyaknya komentar yang dimiliki sebuah situs merupakan tolok ukur sejauh mana minat pembaca terhadap sebuah artikel. Komentar juga jalan yang paling baik dalam membangun sebuah komunitas dan jumlah pembaca. Dengan adanya interaksi antara si empunya situs dengan penggunanya melalui komentar maka akan semakin komunikatif antar keduanya dalam melakukan kerja sama. Tidak ada yang di rugikan karena semua akan mendapatkan manfaat yang banyak dari pesan komentar.
Namun apa yang terjadi? Sebagian dari pembaca ada yang menyalahgunakan fitur tersebut. Merekalah yang disebut dengan SPAMMER. Orang yang tergolong kedalam SPAMMER ialah orang yang memposting komentar yang mirip dengan sebuah iklan atau tautan acak yang mengarah ke situs yang lain. Situs tersebut berada diluar url yang diberi komentar. SPAMMER selain dapat memposting komentar secara manual ternyata juga dapat memposting komentar dengan script ataupun perangkat lunak lainnya. Tujuannya adalah memperbanyak jumlah SPAM yang dia akan terbitkan.

Cara Mengatasi SPAM Komentar di Blog

Banyak sekali macam-macam bentuk SPAM sebenarnya. Untuk kali ini, admin akan memberikan sedikit tips saja untuk mengatasi SPAM Komentar di Blog. Mengapa admin membuka tentang artikel yang demikian? Jawabannya simple. Yap liatlah beberapa kutipan dari Google mengenai Komentar SPAM.

Dampak Komentar SPAM di Blog

SPAM dapat membahayakan kesehatan situs. Dampak berbahayanya adalah dapat mengurangi kepercayaan Google terhadap situs yang kita miliki. Dampak lain apa saja yang dapat kita terima, diantaranya:
  1. Konten menjadi berkualitas rendah. Jika ada salah satu konten yang mendapatkan komentar SPAM bertubi-tubi maka secara tidak langsung konten tersebut menjadi berkualitas rendah. Pada akhirnya, konten yang tidak berkualitas tersebut meski hanya berjumlah satu saja akan mempengaruhi seluruh peringkat situs.
  2. SPAM mengurangi reputasi situs. Situs yang sudah ternama pasti menjadi target utama para SPAMMER. Tujuannya hanya ingin mendapatkan backlink yang berkualitas. Sehingga apa yang dipopulerkan oleh SPAMMER dapat laku dengan cepat. Tapi tahukah Anda? Reputasi situs yang diberi komentar SPAM akan semakin turun.
  3. Biaya bandwith akan melonjak drastis bahkan situs juga akan semakin lemot seiring dengan banyaknya lalu lintas yang tidak dikira dari url/link yang tidak terkait dengan situs pribadi.
  4. Demi meningkatkan kualitas hasil penelusuran, Google akan mendemosikan ataupun menghapus laman yang penuh dengan SPAM.
  5. Jika situs yang dikaitkan oleh SPAMMER mengarah ke situs berbahaya maka dampaknyapun juga sangat negatif kepada pemilik situs.
Begitulah sedikit kutipan dari Google mengenai dampak komentar SPAM. Jadi jangan biarkan SPAM berkeliaran dan jangan jadikan SPAM sebagai jalan yang benar untuk mempopulerkan sesuatu.
Permasalahan kita kali ini adalah Apakah ada jalan keluar untuk mengatasi komentar SPAM? Yuhu, ada. Mari dengan admin membahas jalan keluar alternatif untuk mengatasi SPAM Komentar di blog.

Cara Mengatasi SPAM Komentar Secara Umum

Pertama kita bahas dulu cara umum yang dapat kita lakukan untuk mencegah komentar SPAM, diantaranya:
  1. Gunakan moderasi komentar
  2. Aktifkan mode pengisian Captcha
  3. Gunakan tag "nofollow"
  4. Gunakan meta noindex standar
  5. Gunakan robot.txt standar
  6. Gunakan Google Alerts
Ketujuh cara tersebut merupakan hal umum yang dapat kita lakukan untuk mencegah komentar SPAM. Selanjutnya, adalah cara khusus untuk mencegah komentar SPAM di Blog. Kali ini hanya keterangannya saja untuk implementasi atau tutorial pemasangannya tunggu di artikel berikutnya.

Cara Khusus Mengatasi SPAM Komentar di Blog

Cara dibawah ini adalah cara khusus dengan menggunakan script pada kode HTML agar komentar SPAM langsung dihapus setelah dipublikasikan, berikut caranya:
  1. Menghilangkan Link aktif di komentar dengan Javascript. Dengan cara ini URL yang dimasukkan kedalam komentar akan berubah menjadi teks biasa.
  2. Ganti Link URL dengan Javascript. Cara ini lebih tegas dari pada cara yang sebelumnya. Cara ini dapat dilakukan dengan cara mengarahkan link yang dimasukkan SPAMMER dengan link lain ataupun link milik pribadi.
  3. Blacklist / Banned sang SPAMMER. Ini cara yang paling tegas yang akan membuat jera SPAMMER.
  4. Tandai atau Coret Kata Terlarang dalam Komentar. Dengan menggunakan Javascript didalam kode HTML maka kata-kata terlarang yang tidak seharusnya ada di komentar akan dapat ditandai.
  5. Gunakan filter kata-kata kotor. Cara ini untuk mengatasi jika SPAMMER sudah keterlaluan dengan mengucapkan kata-kata kotor kepada artikel yang kita buat. Untuk tutorialnya [Klik Disini].

Yap demikianlah cara mengatasi SPAM komentar di Blog. Tunggu tutorial cara memasangkannya di blog agar situs yang sobat miliki tetap berkualitas dan bereputasi baik dimata Google dan Pengguna. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengatasi SPAM Komentar di Blog"

Post a Comment

Peraturan Dalam Berkomentar:
1. Komentar harus relevan dengan konten blog
2. Harus menggunakan bahasa yang sopan
3. Tidak boleh menyinggung SARA or Bullying.
4. Hindari komentar SPAM. Exp: Nice gan, Makasih Gan, dll
5. Tidak ada link di dalam isi komentar. Aktif maupun tidak.

Gunakanlah Sarana Publik ini dengan Bijak. Baca dan Pahami isinya baru Berkomentar. Terimakasih.