Apa yang dimaksud dengan Google Weblight?





Baca Juga

Apa yang dimaksud dengan Google Weblight? -- Google Weblight adalah Aplikasi google yang digunakan untuk membaca sebuah situs web yang mana kecepatan internetnya sangat lambat. Aplikasi ini membantu pengguna internet menghemat kuota dalam mengakses sebuah situs web. Jadi apabila sobat sedang mencari tugas kuliah misalnya namun kuota menipis alangkah lebih baik jika sobat memakai Google Weblight agar kuota yang dipakai tidak jebol.

Dalam memberikan sokongan pengehamatan kuota biasanya sebuah website yang diakses melalui aplikasi Google Web Light akan diawali dengan kata googleweblight.com. Aplikasi ini hanya untuk Android dengan browser Google Chrome. Ini merupakan salah satu inovasi dari Google untuk mempermudah penggunanya untuk mengakses sebuah situs meskipun dalam keadaan kuota internet yang sangat menipis.

Awal Mula Google Weblight

Google Web Light ini telah dirilis akhir tahun 2015 yang lalu. Sebuah licensi dari Google yang dimuat di harian Android Police mengatakan bahwa Google I / O 2015  sebenarnya sudah merencanakan sebuah inovasi baru untuk mempermudah pengguna dalam mengakses sebuah situs dengan koneksi internet yang lambat. Bahkan Google berencana untuk membantu pengguna di belahan dunia yang kecepatan internet 3Gnya sangat lambat.

[Baca Juga: Apa itu Accelerated Mobile Pages?]

Kelebihan Aplikasi Google Weblight Pada Android

Dengan menggunakan aplikasi Google web light pada android maka pengguna akan mendapatkan keuntungan sebagai berikut:
  • Kecepatan loading situs 4x lebih cepat daripada halaman asli
  • Lebih irit kuota sekitar 80%
  • Pengalaman pengguna yang lebih baik mencapai 50% dalam mengakses situs dengan waktu tunggu yang relatif lebih singkat.
Bagaimana apakah sobat tidak tertarik untuk mendapatkan keuntungan tersebut?

Untuk lebih jelas dalam menggunakan fitur ini sobat dapat menghubungi supportnya di googleweblight@google.com. Sedangkan untuk mengakses situsnya sobat dapat pergi ke googleweblight.com. Salah satu kekurangan dari fitur aplikasi ini adalah ini tidak memiliki nama resmi namun hanya sering kali disebut dengan bagian internal dari "google weblight".


Tampilan Google Weblight Bos informasi

Apakah sobat penasaran? Jangan khawatir untuk Indonesia tentunya fitur Google ini telah di ujicobakan pada beberapa waktu yang lalu. Jadi ya sekarang tentunya sudah dapat dinikmati dengan mudah. Sedikit catatan saja, sobat dapat menggunakan fitur Google Web light jika dalam situasi seperti berikut ini:
  1. Aplikasi ini hanya akan bekerja pada koneksi internet yang lambat
  2. Aplikasi ini awalnya hanya dapat diakses pada negara-negara uji coba seperti Indonesia, India dan Brazil. Kemungkinan sudah dapat ditemui di beberapa negara.
  3. Dengan menggunakan smartphone OS Android (bukan tablet) dilengkapi dengan browser Chrome atau browser Android v2.3/yang terbaru sobat dapat menemukan "Transkode" Google Weblight.
  4. Halaman yang didukung aplikasi Google Weblight hanya akan muncul jika menggunakan search langsung dari Google.

Dengan menggunakan aplikasi google weblight tamplian sebuah situs memang akan sangat sederhana dengan desain minimalis, Namun jangan khawatir, kecepatan loading situs akan sangat cepat. Disisi lain sobat juga dapat menggunakan tampilan penuh dalam mengakses situs dengan menekan tombol tampilan penuh diatas halaman situs.

[Baca Juga : Cara Memasang Accelerated Mobile Pages pada Wordpress]

Selain beberapa keuntungan dan kekurangan yang sudah dijelaskan diatas ternyata masih ada keuntungan dan kekuarangan yang dimiliki oleh Google Weblight, yaitu:
  • Bagi pengguna PPC semacam Google Adsense atau lainnya jangan khawatir pendapatannya berkurang karena kode iklan masih tertata dengan benar karena sejak Mei 2015 beberapa PPC seperti Adsense, Sovrn, dan Zedo telah didukung pada fitur ini, Namun
  • Google Analytic tidak tersedia pada fitur Google yang satu ini.

Bagaimana apakah publisher adsense atau lainnya harus takut menggunakan aplikasi ini? Tidak usah. Masih aman-aman saja kok karena halaman posting akan dijabarkan normal kearah bawah. Tak hanya itu tombol semua navigasi akan ditempatkan pada menu hamburger jadi akan mempermudah pengguna dalam mengakses situs. Jika sobat penasaran untuk mencoba aplikasi ini. Kunjung saja di alamat berikut ini:
  • Untuk pengguna ponsel kunjungi link berikut ini http://googleweblight.com/?lite_url=[destination] syaratnya situs utama harus memenui kriteria http://www.example.com
  • Pengguna dekstop Chrome. Buka emulator chrome dengan tautan http://googleweblight.com/?lite_url=[your_website_URL]. URL harus memenuhi syarat (http://www.example.com).

Jika ingin melihat hasilnya seperti apa klik link berikut ini. [Klik Disini]

Yap begitulah paparan hari ini semoga bermanfaat tentang Apa itu Google Weblight? Ketemu lain waktu sob. 

Salam Blogging.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apa yang dimaksud dengan Google Weblight?"

Post a Comment

Peraturan Dalam Berkomentar:
1. Komentar harus relevan dengan konten blog
2. Harus menggunakan bahasa yang sopan
3. Tidak boleh menyinggung SARA or Bullying.
4. Hindari komentar SPAM. Exp: Nice gan, Makasih Gan, dll
5. Tidak ada link di dalam isi komentar. Aktif maupun tidak.

Gunakanlah Sarana Publik ini dengan Bijak. Baca dan Pahami isinya baru Berkomentar. Terimakasih.