Belajar SEO dan Cara Riset Keyword dengan Google Trends





Baca Juga

Belajar SEO dan Cara Riset Keyword dengan Google Trends | Mendulang Traffik dengan Google Trends adalah cara lama yang sering digunakan oleh para mastah SEO dalam mendulang traffik. Apa sih Google trend itu sebenarnya? Dan bagaimana cara menggunakannya? Pagi ini admin akan sedikit berbagi kembali tentang bermain SEO dengan Google trend. Baca dengan seksama ya tentang penjelasan admin ini.

Seluruh pencarian atau penentuan kata kunci adalah sangat bagus bagi kelangsungan blog kita. Namun pertanyaannya adalah bagaimana kata kunci yang kita pakai bertahan dari waktu kewaktu? Apakah ada pola tertentu yang dapat dipakai untuk memprediksi keberlangsungan kata kunci? Contohnya saja kata kunci "Cara mencari uang dari internet". Berapa lama kata kunci ini akan berlangsung? Satu tahun, 5 tahun, atau 10 tahun? Tidak ada yang tahu akan hal ini.

Pengetahuan semacam inilah yang harus dikuasai oleh blogger. Terkadang dengan fasilitas yang mendukung serta kemampuan lebih dalam blogging seorang blogger dapat melakukan promosi secara berbayar untuk mendapatkan posisi pertama pada SERP. Nah untuk itu, dalam rangka menyaingi konten dengan cara berbayar tersebut admin hanya berbagi tips bagaimana mendapatkan traffik dan menuju page one dengan aplikasi dari Google. Yap Google trends. Aplikasi ini menyimpan semua berita dari waktu ke waktu. Sehingga memungkinkan sobat semua mengikuti trend yang sedang beredar pada waktu baru-baru ini.

Cara Riset Keyword dengan Aplikasi Google Trends

Tidak ada judul artikel yang asal tembak saja. Tidak ada judul artikel yang dibuat asal-asalan karena semua blogger pasti tahu bahwa untuk menuju posisi page one google sangatlah bersaing antara sesama blogger. Dengan pengoptimalan judul artikel yang pas tak ayal artikel yang kita buat akan dengan mudah masuk dalam kategori cepat diakses oleh mesin telusur.

Kita ambil contoh saja admin sendiri. Admin jarang sekali ambil riset keyword agar masuk google page one. Kenapa? Karena tujuan admin disini bukan untuk mencari posisi puncak dalam pencarian google. Melainkan hanya menyalurkan hobi admin sebagai penulis. Jadi jangan berfikir artikel admin banyak yang masuk di google page one. hehe.
Admin terbilang asal-asalan dalam membuat artikel. Sudah ratusan artikel yang admin buat namun hanya ratusan pengunjung pula yang admin dapat. Pengennya sih juga berubah tapi apa daya admin bisanya hanya sampai batas ini. Belum ada suhu yang mengajari lagi.

Oke maka dari situ admin hanya berbagi tips kepada blogger-blogger yang lain yang ingin mendapatkan posisi teratas google page one. Salah satu cara yang sobat dapat lakukan adalah dengan cara meriset keyword dengan Google Trends. yuk simak tata caranya.

Pilih Kriteria Kata Kunci/Artikel

Sebelum sobat melakukan riset keyword dengan aplikasi google ini. Sobat buka dulu https://www.google.com/trends/. Di halaman ini sobat akan disuguhkan berbagai macam form yang harus di isi. Di halaman ini sudah disuguhkan beberapa topik yang akan dapat sobat pilih. Jadi sebelum sobat tentukan artikel yang akan dibuat. Alangkah lebih baik sobat tentukan kata kuncinya. Di sini bisa berdasarkan semua kategori dan berdasarkan negara. Oleh karena itu, admin sarankan pilih trend di Indonesia saja. Masalah topik silahkan isi sendiri. Misal trend tentang "PSK online". Lihat gambar dibawah ini agar lebih jelasnya.

Cara riset Kata Kunci dengan Google Trends
Kata kunci yang sedang trends di Google trends

Perhatikan pada gambar hal-hal yang admin kasih tanda merah. Perhatikan penjelasannya dibawah ini agar artikel yang sobat cari benar-benar SEO dan Trend.

[Baca Juga: Adakah Kelebihan SEO Off-Page?]


Perhatikan Informasi Topik

Pada form paling atas tertulis "Jelajahi Topik". Disinilah sobat dapat mencari garis besar Topik artikel yang ingin sobat cari. Carilah yang sedang nge-trend kemudian buat artikel yang kurang lebih sama dengan niche blog sobat.


Perhatikan Kisah

"Kisah" yang dimaksud adalah rentang waktu yang ingin dicari. Berhubung ini masih awal tahun 2016. Secara default beranda Google Trends akan menampilkan kisah pada tahun yang lalu yakni tahun 2015.


Perhatikan Kategori dan Negara Interest

Artinya sebelum sobat mencari artikel yang dimau sobat harus menentukan kategori apa yang dimau. Secara default google trends akan menampilkan "semua kategori". Pada tanda merah semua kategori jika diklik maka akan muncul beberapa kategori seperti politik, kesehatan dll. Sedangkan secara default juga Google trends akan menampilkan negara Amerika sebagai interest pertama kali. Jika sobat mau mencari trend Indonesia maka alihkan ke negara Indonesia.


Perhatikan Related Searches

Dibawah sendiri jika sobat scrool ke arah bawah beranda google trends maka akan muncul related searches yang sedang nge-trends di Google. Pilihlah sesuai yang sobat mau. Secara default ketika sobat klik maka akan membuka trends yang sedang hangat ditab yang baru. Nah dari sinilah sobat dapat membuat inspirasi untuk membuat artikel yang relatif sama dengan Trend yang ada.

Nah demikianlah cara belajar SEO dan riset kata kunci dengan Aplikasi Google Trends. Semoga bermanfaat. Jika ada pertanyaan apakah admin pernah memakai cara ini? Jawabannya pernah. Tuh lihat artikel ini tentang Arzeti Bilbina Selingkuh. Ini langsung mendapat posisi yang lumayan di Google. Bahkan dalam kurun 1-7 hari blog admin terus mulai meramping.

Oke selamat mencoba. Semoga bermanfaat sob. Salam Blogging.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Belajar SEO dan Cara Riset Keyword dengan Google Trends"

Post a Comment

Peraturan Dalam Berkomentar:
1. Komentar harus relevan dengan konten blog
2. Harus menggunakan bahasa yang sopan
3. Tidak boleh menyinggung SARA or Bullying.
4. Hindari komentar SPAM. Exp: Nice gan, Makasih Gan, dll
5. Tidak ada link di dalam isi komentar. Aktif maupun tidak.

Gunakanlah Sarana Publik ini dengan Bijak. Baca dan Pahami isinya baru Berkomentar. Terimakasih.