Hari Lahir Pengetahuan, Pelajar Bali Peringati Ritual Saraswati





Baca Juga

Hari Lahir Pengetahuan, Pelajar Bali Peringati Ritual Saraswati -- Hari ini tepat tanggal 28 November 2015. Ada yang tahu hari apa ini? Kalau 28 Oktober itu Hari Sumpah Pemuda sedangkan 28 November hayoo hari apa? Pasti pada tidak tahu? Ya kaaan??? Hehehe. Oke kalau gag tahu maka mimin akan sedikit memaparkan ada apa sih hari ini hehe. Namun, untuk membahas hal penting ini kita harus sedikit bergeser time zone ke WITA. Ya hari ini berkaitan dengan salah satu daerah di kawasan waktu WITA. Ada yang sudah mulai mendapatkan gambaran kira-kira daerah mana?

Ritual Saraswati untuk Peringati Hari Lahir Pengetahuan

Oke sob, hari ini tanggal 28 November 2015 adalah Hari Lahir Pengetahuan. Pada hari ini di Bali sana diadakan yang namanya Ritual Saraswati untuk menghormati hari ini. Pelajar dari seluruh jenjang pendidikan mulai sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP), sekolah menengah atas (SMA) hingga perguruan tinggi semua ikut andil dalam perayaan ini. Seluruh peserta didik dari semua jenjang pendidikan di Bali sana semuanya mengenakan busana adat Bali yang di dominasi warna putih. Mereka semua bersembahyang di Pura suci dimasing-masing sekolah.

ritual saraswati, denpasar, bali
Khusus pada hari ini, seluruh siswa-siswi di Bali mengkikuti KBM lain dari pada yang biasanya. Mereka hanya mengikuti persembahyangan suci baru kemudian diijinkan pulang. Jadi mereka tidak harus menghabiskan waktunya berada di sekolah lama-lama.

Hal sangat mengharukan terjadi malah setelah upacara ritual yang siswa-siswi jalani di sekolah. Beberapa bahkan hampir semua siswa dari SMP, SMA, dan SMK malah ikut beribadah kembali di pusat jantung kota Denpasar di Pura Jagatnata. Mereka mengikuti upacara kedua kalinya di pura tersebut. Mereka bergabung dengan umat Hindu lainnya beribadah dengan khusuk di pura ini untuk menghormati Hari Lahir Pengetahuan. Mereka beribadah diiringi dengan kidungan dan alunan Gamelan khas Pulau Dewata Bali.

"Dewi Saraswati yang dipuja pada hari istimewa yang jatuh setiap Hari Saniscara Umanis Wuku Watugunung atau setiap 210 hari sekali itu merupakan lambang ilmu pengetahuan yang diibaratkan seorang wanita cantik berwibawa yang penuh arti simpati," tutur Ketut Sumadi. Source: http://news.okezone.com/read/2015/11/28/65/1257430/ritual-saraswati-pelajar-bali-peringati-hari-lahir-pengetahuan

Ketut Sumadi adalah Direktur Program Doktor Ilmu Agama Pascasarjana Institut Hindu Dharma Negeri (IHDN) Denpasar. Dia menjelaskan bahwa hari ini adalah bentuk manifestasi ilmu pengetahuan bagi Ketuhanan Yang Maha Esa. Dewi Saraswati mempunyai empat tangan yang masing-masing memegang keropak yang melambangkan usaha mendalami ilmu pengetahuan. Kemudian tangan yang memegang bunga teratai (lambang kesucian). Tangan yang memegang genitri (belajar seumur hidup) serta tangan yang memegang alat musik (ilmu pengetahuan yang indah dan berirama). Ketutpun menambahkan bahwa ilmu pengetahuan ibaratkan air yang tak terbendung. Jadi air tersebut terus mengalir.

"Jika ada orang setelah belajar menjadi merasa pintar, dan berhenti belajar, padahal masih banyak yang harus dipelajari dan menyerahkan ilmu yang dimiliki kepada Dewi Saraswati agar pemiliknya menjadi penuh wibawa, jauh dari keegoisan dan kesombongan," tambahnya. Source: http://news.okezone.com/read/2015/11/28/65/1257430/ritual-saraswati-pelajar-bali-peringati-hari-lahir-pengetahuan

Nah... sekarang sobat sudah tahukan hari ini hari apa? Yap.. Hari Lahir Pengetahuan. Jadi sesama warga negara Indonesia. Yuk.. saling meghormati dan saling menghargai satu sama lain. Kita loh satu negara sob. Masak ta harus terus selisih paham. Haduuh... Sekian dulu ya sob... Jangan lupa komen dan berbagi gratisnya... Chou !!!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hari Lahir Pengetahuan, Pelajar Bali Peringati Ritual Saraswati"

Post a Comment

Peraturan Dalam Berkomentar:
1. Komentar harus relevan dengan konten blog
2. Harus menggunakan bahasa yang sopan
3. Tidak boleh menyinggung SARA or Bullying.
4. Hindari komentar SPAM. Exp: Nice gan, Makasih Gan, dll
5. Tidak ada link di dalam isi komentar. Aktif maupun tidak.

Gunakanlah Sarana Publik ini dengan Bijak. Baca dan Pahami isinya baru Berkomentar. Terimakasih.