Cara Menulis Daily Activity dengan Bahasa Inggris





Baca Juga

Cara Menulis Daily Activity dengan Bahasa Inggris -- Setiap hari kita melakukan kegiatan mulai dari bangun tidur sampai kita tidur kembali. Kita lakukan itu secara rutin setiap hari. Nah itulah yang disebut dengan Daily Activity. Apa yang anda fikirkan jika mendengar perintah untuk mngerjakan soal tentang hal tersebut? Bingung? Tidak tahu? Atau dibiarkan saja. Mimin yakin pasti jawabannya akan berbeda-beda. Bagi orang / anak yang gemar menulis ini tidak akan menjadi masalah. Ini karena mereka hanya merangkai kata menjadi kalimat kemudian meneruskannya menjadi paragraph demi paragraph. Anak tersebut sudah terbiasa dengan hal itu. Namun bagaimana dengan anak yang minim kosa kata dan malas untuk menulis? Guru pasti akan sulit untuk mengajarkan tentang hal ini. Maka dari itu yuk ikut mimin mengupas materi tentang Daily Activity.

Definisi Daily Activity

Sebelum kita mengupas tentang tata cara memberikan materi daily activity alangkah lebih baik kalau siswa dikenalkan dengan pengertian daily activity. Jika mereka dibiarkan begitu saja tentunya akan mengartikan phrase, klausa, atau kalimat perkata. Itulah ciri anak Indonesia. Gurupun juga akan mengartikan seperti ini daily means sehari-hari, setiap hari, atau harian while activity means kegiatan. Tapi kalau diamati dengan jelas ada sedikit pengertian yang kurang benar. Jika daily diartikan dengan sehari-hari berarti itu yang dilakukan setiap hari bagaimana kalau yang melakukan kegiatan setiap bulan ganjil minggu kedua atau yang dilakukan setiap akhir bulan. Seperti contoh berikut ini...

  • Saya berkunjung ke Korea setiap bulan ganjil minggu kedua untuk berlibur
  • Saya pergi ke Kalimantan Selatan setiap akhir bulan untuk menemui kakek dan nenek

Berdasarkan contoh diatas tersebut. Bagaimana menurut anda? Terutama bagi pendidik. Apakah itu bukan daily activity? Atau itu Monthly Activity? Untuk menjawab pertanyaan dari mimin, mimin sendiri akan mengungkapkan sedikit gagasannya. Menurut mimin daily activity itu adalah kegiatan yang dilakukan rutin setiap hari ataupun sebuah kegiatan yang dilakukan oleh kita baik yang harian, mingguan, bulanan, ataupun yang tahunan asalkan kegiatan itu dilakukan ajeg setiap waktu tersebut. Gimana? Ada yang salah hehe

Daily Activities

Jadi kesimpulan dari makna daily activity adalah kegiatan yang dilakukan rutin/ajeg setiap hari, bulan, ataupun tahunan. Tugas yang diberikan oleh guru biasanya digunakan untuk mengukur seberapa banyak kosa kata yang dimiliki. Selain itu guru juga ingin lebih tahu kegiatan sehari-hari dari peserta didiknya. Kenapa? Karena siswa adalah close friend seorang guru. Jika guru tidak dapat menjadi teman dekat siswa dan cenderung kaku, kasar, dan memiliki tabiat untuk melecehkan siswa/siswi secara sexsual ataupun yang lainnya. Siswa akan cenderung pasif dan takut untuk mengembangkan dirinya. PR yang sangat besar bagi guru untuk lebih dekat dengan siswa/siswinya yang sangat kontrast dengan dirinya.

Kosa Kata Daily Activity

Dibawah ini mimin sebutkan beberapa kosa kata yang sering dipakai untuk menceritakan daily activity. Daily activity biasanya menceritakan kegiatan diri sendiri, orang tua, teman, ataupun kekasih. Yuk disimak beberapa kosa kata berikut ini.

  1. Bangun tidur = wake up / get up
  2. Mandi = Take a bath
  3. Sholat = pray to Allah
  4. Sarapan pagi = breakfast
  5. Makan = eat
  6. Minum = drink
  7. Makan siang = Have lunch
  8. Makan malam = dinner
  9. Pergi ke sekolah = go/es to school
  10. Bekerja = go to work
  11. Pergi ke kantor = go to office
  12. Membeli = buy
  13. Menyapu = sweep
  14. Membaca = read
  15. Menulis = write
  16. Mendengar = listen
  17. Menonton = watch
  18. Merapikan = tidy up
  19. Membersihkan = clean
  20. Tidur = sleep / go to bed
Nah itulah beberapa kosa kata yang sering digunakan dalam membuat text daily activity. Apakah ada kosa kata yang lain? Yap... masih ada banyak lagi. Jadi, kalian harus belajar lebih giat lagi untuk memperdalam kosa kata ini.

Contoh Text Daily Activity

I wake up at 04.15 a.m every morning. Then, I tidy up my bedroom. After that, I wash my face and my hand. At 04.30 a.m, I take a bath and after finish, I take Shubuh pray. At 04.45 a.m, I go to market to buy some vegetables to help my mother. At 05.00 a.m, I prepare to go to school. I have breakfast for about 15 minutes after 05.15 a.m. My school is so far from my home so I go to school in the early morning. I go to school at 05.30 a.m. I study at school at 06.45 a.m till at 16.00 p.m. My school is Islamic School so it needs more time than usual. I come back after I finish study at the school at 16.00 p.m. Then, I take Ashar pray after I arrive in the home. At 16.30 p.m untill 19.00 p.m, I sweep the yard, I take a bath, I take Maghrib pray, I have dinner and I take Isya' pray. After all of them are finished, I enjoy to read some books to build my knowledge for about 2 hours. At 21.00 p.m, I go to bed.

Nah begitulah kiranya cara menulis Daily Activity. Hanya perlu mengingat-ingat apa saja yang sudah kita kerjakan seharian ini dan kuasai banyak kosa kata bahasa Inggris maka kalian akan sangat mudah untuk menulis/berbicara dalam bahasa Inggris. Terus belajar ya...

Catatan: Ini salah materi untuk English Program for MTsN Kandat, Kediri

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menulis Daily Activity dengan Bahasa Inggris"

Post a Comment

Peraturan Dalam Berkomentar:
1. Komentar harus relevan dengan konten blog
2. Harus menggunakan bahasa yang sopan
3. Tidak boleh menyinggung SARA or Bullying.
4. Hindari komentar SPAM. Exp: Nice gan, Makasih Gan, dll
5. Tidak ada link di dalam isi komentar. Aktif maupun tidak.

Gunakanlah Sarana Publik ini dengan Bijak. Baca dan Pahami isinya baru Berkomentar. Terimakasih.