Cara Mengatasi HP Samsung Bootloop Android





Baca Juga

Cara Mengatasi HP Samsung Bootloop Android -- HP samsung dijalankan dengan sistem operasi Android. Android ini kadang-kadang mengalami bootloop. Bootloop terjadi karena adanya kesalahan setelah Anda melakukan instal custom ROM. Bukan hanya karena masalah instal custom ROM yang menyebabkan Hp Samsung Android Anda mengalami bootloop melainkan juga karena Anda melakukan upgrade Android secara manual.

Cara Mengatasi HP Samsung Bootloop

HP Samsung Android Anda jika sudah terkena bootloop maka akan terus melakukan reboot yang tidak semestinya. Jadi layar utama tidak akan pernah bisa terbuka. Jadi bagi Anda yang masih awam dengan flashing Android atau masih baru belajar bereksperimen dengan Android maka jangan sekali-kali bertindak aneh-aneh karena kalau Android Anda bootloop Anda sendiri yang akan rugi. Baca juga: Cara Memperbaiki Internet Galaxy S8 yang Lemot

Bootloop Android bisa saja terjadi bukan hanya di HP Samsung melainkan juga bagi mereka pengguna Asus, Lenovo, Oppo, Andromax, Advan dan masih banyak lagi asal smarptphone tersebut beroperasi dengan menggunakan sistem operasi Android.

Mengenal Istilah Bootloop Android

Mengapa Android bootloop dan tidak dapat menampilkan tampilan sistem operasi yang benar? Jika Anda sebagai praktisi dalam bidang teknologi tentu Anda akan mendapatkan berbagai jawaban. Sehingga, kemungkinannya ada berbagai macam faktor yang menyebabkan Android bootloop. Misalnya saja faktor karena file aplikasi korup, langkah instal aplikasi yang salah, dan adanya malware atau virus. Lantas bagaimana cara mengatasi bootloop Android HP Samsung?

Cara Mengatasi HP Samsung Bootloop Android

Cara mengatasi bootloop Android ini bukan hanya dapat dipakai di HP Samsung melainkan juga pada berbagai macam smartphone Android ataupun tablet yang mengoperasikan OS Android. Mari kita coba buka apa saja solusi mengatasi Android bootloop.

Non-Aktifkan Android

Untuk cara pertama mengatasi smartphone Android bootloop ialah dengan mematikan Android Anda. Caranya matikan ponsel, lepas baterai dan microSD. Tunggu beberapa menit. Hal ini bertujuan untuk menghambat baterai mengirim daya ke motherboard Android. Jika sudah, coba rakit ulang dan nyalakan.


Coba Masuk Ke Android Stock Recovery

Berikutnya adalah apa yang disebut dengan Android Stock Recovery Mode. Untuk dapat masuk ke mode tersebut, Anda harus memastikan bahwa Android Anda sudah dalam keadaan mati. Lanjut, Anda harus menekan kombinasi tombol supaya Android masuk ke Android Recovery Mode. Tapi yang perlu Anda tahu, setiap Android memiliki kombinasi tombol yang berbeda antara satu dengan yang lainnya, misalnya:
  • Untuk HP Samsung maka Anda harus menekan tombol Volume Up + Home + Power. Tekan kombinasi ketiga tombol secara bersamaan beberapa detik untuk masuk ke stock recovery mode.
  • Jika berhasil, gunakan tombol volume down untuk mengarahkan kursor Anda. Lalu, pilih Wipe data atau Factory Reset. Dengan begini maka HP Samsung Anda akan diatur seperti pengaturan bawaan pabrik. Oleh karena itu, semua data dan file yang berada di internal memory akan terhapus total.
  • Jika sudah, tekan Reboot System Now untuk merestart ulang Android Anda.
Mudah bukan? Jika ternyata dengan cara ini, HP Samsung Anda masih mengalami bootloop Anda tidak perlu khawatir karena admin masih mempunyai satu cara lagi mengatasi hp samsung bootloop.

Coba Masuk ke Custom Recovery

Jika HP Samsung Anda ternyata sudah mengalami root atau flashing pada custom ROM maka Anda harus masuk ke CMW recovery. Untuk langkah-langkahnya adalah...
  • Matikan HP Samsung Bootloop kemudian lepas baterainya beberapa detik saja. Lantas pasang dan nyalakan. Tekan tombol kombinasi agar masuk ke mode CMW Recovery.
  • Jika berhasil, tekan pilihan Wipe data / factory reset. Maka Anda harus memberikan konfirmasi dengan menekan Yes.
  • Berikutnya, pilih Mounts and Storage dilanjutkan dengan menekan Format/Data dan Format/Cache. Jika berhasil maka semua data dan cache di HP Samsung Android Anda akan dihapus.
  • Tahap terakhir silahkan reboot HP Samsung Anda.
Semoga saja dengan cara ini, HP Samsung Android Anda sudah tidak mengalami bootloop dan dapat dinyalakan normal seperti biasa kembali. Memang sedikit ekstrim apa yang sudah dipelajari diatas karena Anda diharuskan untuk menghapus semua data dan cache di Android Anda terlebih lagi Anda harus melakukan Factory Reset. Oleh karena itu, seandainya masih ada waktu silahkan Anda backup semua data smartphone Anda tiap kali ada kesempatan. Jadi pada saat HP Samsung Android bootloop, Anda tidak kebingungan kembali.

Sekian dulu mengenai paparan singkat Cara Mengatasi HP Samsung Bootloop Android. Semoga bermanfaat. Baca juga: 10 Fitur Unggulan Samsung Galaxy S8 yang tidak ada di iPhone

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengatasi HP Samsung Bootloop Android"

Post a Comment

Peraturan Dalam Berkomentar:
1. Komentar harus relevan dengan konten blog
2. Harus menggunakan bahasa yang sopan
3. Tidak boleh menyinggung SARA or Bullying.
4. Hindari komentar SPAM. Exp: Nice gan, Makasih Gan, dll
5. Tidak ada link di dalam isi komentar. Aktif maupun tidak.

Gunakanlah Sarana Publik ini dengan Bijak. Baca dan Pahami isinya baru Berkomentar. Terimakasih.