Cara Menggunakan Mail Merge di Microsoft Word 2016 untuk Mac





Baca Juga

Cara Menggunakan Mail Merge di Microsoft Word 2016 untuk Mac -- Jika Anda perlu mengirim dokumen batch untuk sekelompok individu, misalnya, undangan untuk sebuah acara atau pertemuan; fitur Microsoft Mail Merge adalah cara cepat dan mudah untuk melakukannya. Pada artikel ini, admin akan menunjukkan cara kerjanya yang bekerja di Mac.


office word 2016

Fitur mail merge ini akan sangat mempermudah pengguna dalam membuat berbagai macam tugas. Jadi agar Anda memahaminya silahkan dibaca dengan seksama. Baca juga: Cara Install Office 2007, 2010, 2013, dan 2016

Menggunakan Fitur Mail Merge di Microsoft Word 2016 untuk Mac

Mail merge tidak hanya untuk dokumen; Anda dapat menggunakannya untuk brosur, newsletter, atau bahan untuk surat massal. Menyiapkan dokumen untuk mail merge maka Anda harus melalui dua tahap, yang meliputi dokumen utama dan sumber data yang terdiri dari nama dan alamat individu untuk setiap dokumen. Informasi yang tersimpan dalam sumber data yang digunakan oleh Word untuk menggabungkan kemudian menghasilkan dokumen untuk masing-masing recipient.

Mari kita mulai dengan mengumpulkan informasi untuk setiap penerima yang disebut Field Name. Sebuah field name berisi tentang informasi seperti nama, alamat, dan salam. Bagian penting lainnya dari membuat dokumen mail merge adalah Form, yang meliputi informasi yang dikirim ke penerima. Berikut adalah cara menggunakan fitur Mail Merge di Ms. Word 2016.

Membuat Daftar Penerima

Buka Microsoft Word, kemudian pilih tab Mailings> Pilih Recipient> Create a New List ...

Cara Menggunakan Mail Merge di Microsoft Word 2016 untuk Mac

Jendela sumber data akan muncul di layar. Seperti yang Anda lihat, Daftar Fields sudah diisi dengan nama dan Anda sudah bisa menggunakannya. Untuk amannya, agar Anda tidak bingung gunakanlah data Anda masing-masing. Pilih masing-masing bidang, kemudian klik tombol minus untuk menghapusnya. Setelah membersihkan masing-masing bidang, lanjtukan untuk memasukkan bidang Anda sendiri. Anda dapat mengatur masing-masing bidang, menggunakan panah atas dan bawah. Setelah selesai, klik Create.

Cara Menggunakan Mail Merge di Microsoft Word 2016 untuk Mac

Berikan nama kemudian klik Simpan sumber data.

source data name

Isilah bidang dengan nama dan alamat masing-masing penerima, setelah selesai, klik OK. Catatan, untuk menambah atau menghapus record, klik tanda plus atau minus di sudut kiri bawah jendela.

Cara Menggunakan Mail Merge di Microsoft Word

Insert Merge Fields and Selesaikan Merging Document

Sekarang adalah bagian yang mudah, yaitu memasukkan kolom merge fields. Pilih tab Mailings, lalu klik Insert Merge Field, kemudian pilih kolom merge field. Ulangi langkah-langkah ini untuk mengisi dokumen Anda dengan merge field yang tepat.

insert merge field

Simpan Form Letter, pilih tab Mailings, lalu klik Finish & Merge kemudian klik Edit Individual Documents.

finish merge

Anda kemudian dapat meninjau dokumen atau mencetaknya.

final document

Catatan: Pengguna Word 2016 untuk Windows akan melihat ada sedikit perbedaan antara kedua versi. Word 2016 untuk Mac ironisnya mengingatkan kita tentang Word '97 untuk Windows. Karena, keduanya menghasilkan hasil yang sama.

Demikianlah Cara Menggunakan Mail Merge di Ms. Word 2016 untuk Mac. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menggunakan Mail Merge di Microsoft Word 2016 untuk Mac"

Post a Comment

Peraturan Dalam Berkomentar:
1. Komentar harus relevan dengan konten blog
2. Harus menggunakan bahasa yang sopan
3. Tidak boleh menyinggung SARA or Bullying.
4. Hindari komentar SPAM. Exp: Nice gan, Makasih Gan, dll
5. Tidak ada link di dalam isi komentar. Aktif maupun tidak.

Gunakanlah Sarana Publik ini dengan Bijak. Baca dan Pahami isinya baru Berkomentar. Terimakasih.