Kegunaan Power Supply Beserta Jenis-Jenisnya





Baca Juga

Kegunaan Power Supply -- Kegunaan Power Supply adalah untuk merubah arus listrik bolak-balik menjadi arus listrik searah. Arus listrik dari PLN dirubah menjadi arus listrik yang digunakan oleh komponen-komponen yang membutuhkan arus listrik seperti motherboard, hardisk, TV, Kulkas dll. Power Supply merupakan bagian dari Power Conversion. Power Conversion terbagi menjadi tiga hal yaitu AC/DC Supply, DC/DC Converter, dan DC/AC Inverter. Power Supply mendapatkan energi untuk menjalankan semua tugasnya dari berbagai macam energi seperti halnya transmisi energi listrik, baterai, dan generator.

kegunaan power supply

Untuk menjalankan semua tugas kerjanya, Power Supply tidak bisa menggunakan arus bolak-balik. Maka, fungsi power supply berperan penting disini. Power supply harus merubahnya menjadi arus searah. Harapannya adalah ketika power supply melakukan konversi input arus listrik bolak-balik menjadi arus listrik searah, jumlah arus ataupun tegangan listrik yang dibutuhkan sesuai dengan takarannya. Disisi lain, power supply juga harus dapat membagi arus listrik searah secara merata. Yang tidak kalah penting adalah arus listrik ataupun tegangan yang dibagi oleh power supply tetap seimbang meskipun berbeda dalam hal daya listrik. Baca juga: Sistem Operasi Komputer Terbaik

Jika Anda belum tahu seperti apakah power supply, ada pentingnya jika Anda melihat sebuah kotak yang biasanya berada di bagian belakang biasanya diatas casing komputer. Peran power supply sangatlah penting agar nyala komputer sedikit lebih lama. Apa saja sih kira-kira fungsi dari power supply?

Kegunaan Power Supply

Fungsi utama dari power supply adalah untuk merubah arus listrik bolak balik menjadi arus listrik searah. Power supply menyuplai arus searah yang dibutuhkan komponen-komponen listrik biasanya perangkat keras komputer. Fungsi power supply sama halnya dengan Power Supply UPS. Bedanya kalau UPS dapat dipakai untuk baterai cadangan pada saat listrik tiba-tiba padam.

Jenis-Jenis Power Supply

Adapun jenis-jenis Power Supply adalah sebagai berikut:
  1. Power Supply Searah (DC Power Supply)
  2. AC to DC Supply
  3. Linear regulator.
  4. Switched-mode power supply.
  5. AC Power Supplies
  6. High Voltage power supply
  7. Uninterruptible power supply
  8. Programmable power supply

Cara Kerja Power Supply

Sebelum power supply berjalan dengan semestinya, biasanya ketika power supply dinyalakan maka power supply akan cek dan tes arus terlebih dahulu. Jika sudah berhasil maka komputer akan menerima sinyal power good pada bagian motherboard. Kemudian komputer dapat menyala dan digunakan.

Mungkin sekian dulu tentang kegunaan power supply beserta dengan fungsinya. Bahkan sudah saya sertakan dengan jenis-jenis power supply. Semoga bermanfaat. Baca juga: Pengertian Sistem Operasi Pada Komputer

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kegunaan Power Supply Beserta Jenis-Jenisnya"

Post a Comment

Peraturan Dalam Berkomentar:
1. Komentar harus relevan dengan konten blog
2. Harus menggunakan bahasa yang sopan
3. Tidak boleh menyinggung SARA or Bullying.
4. Hindari komentar SPAM. Exp: Nice gan, Makasih Gan, dll
5. Tidak ada link di dalam isi komentar. Aktif maupun tidak.

Gunakanlah Sarana Publik ini dengan Bijak. Baca dan Pahami isinya baru Berkomentar. Terimakasih.