--> Skip to main content

Kupas Tuntas Fitur Baru Iklan Matched Content dari Google Adsense Beserta Cara Memasangnya di Blog

Kupas Tuntas Fitur Baru Iklan Matched Content dari Google Adsense Beserta Cara Memasangnya di Blog -- Iklan Matched Content adalah sebuah terobosan baru yang ditawarkan oleh Google Adsense kepada para penggunanya. Iklan Matched Content ini merupakan alat rekomendasi gratis yang menawarkan cara paling mudah untuk mempromosikan konten blog/situs Anda kepada pengunjung. Dengan alat bantu yang menawarkan lebih banyak konten yang relevan kepada pembaca, Anda akan mendapatkan berbagai keuntungan beberapa diantaranya adalah meningkatkan tampilan laman situs, waktu yang dihabiskan di situs, loyalitas pembaca, tayangan iklan, dan pada akhirnya pendapatan iklan. Ini merupakan penjelasan dari Kebijakan Google Adsense tentang Iklan Matched Content.

Pembaca akan mendapatkan rekomendasi Konten yang sesuai yang didasarkan pada kesamaan-kesamaan topik yang disediakan oleh situs. Dari data Google menunjukkan bahwa rekomendasi Konten yang sesuai terhadap pengunjung, secara rata-rata meningkatkan jumlah laman yang ditayangkan sebesar 9% dan waktu yang dihabiskan di situs sebesar 10%. Bagaimana? Cukup luar biasa bukan? Baca juga: Cara Memasang Adsense For Search di Blog

Dengan unit iklan Konten yang sesuai, Anda dapat memilih laman yang diinginkan untuk menampilkan rekomendasi iklan, kemudian AdSense akan mempromosikan artikel di situs Anda yang paling relevan bagi pembaca saat berada di laman tersebut. Disisi lain, Anda masih mungkin menampilkan iklan di antara rekomendasi tetapi ini tergantung pada situs Anda. Dengan cara demikian ini, Anda dapat memonetisasi situs lebih banyak lagi.

Hal-Hal Penting Berkaitan dengan Iklan Matched Content

Berikut ini adalah beberapa hal yang tidak boleh Anda lupakan selagi berkecimpung dalam hal periklanan Google Adsense Matched Content. Hal-hal yang perlu diperhatikan adalah:
  • Unit Konten yang pas menyajikan konten yang relevan kepada pengunjung situs. Hal inilah yang akan membantu meningkatkan tampilan laman dan waktu yang dihabiskan di situs Anda oleh pengunjung.
  • Pada situs yang layak, Anda dapat menanamkan unit Konten yang sesuai di laman mana pun.
  • Rekomendasi iklan ini bersifat internal, misalnya saja, jika Anda memiliki dua buah situs i.e. areatips.net dan bosinformasi.web.id, rekomendasi yang Google berikan terhadap situs akan bersifat internal bagi situs tersebut. Perhatikan bahwa Google hanya akan membuat rekomendasi iklan yang relevan dari laman yang memang sudah memiliki iklan Google.
  • Unit iklan tersebut berfungsi pada ponsel, tablet, dan juga desktop.
  • Untuk situs yang sebagian besar postingannya tidak memiliki gambar, unit Konten yang sesuai hanya akan dimunculkan dalam format teks saja.
  • Perhatikan, Iklan matched content hanya untuk situs yang dimonetisasi dengan baik.
  • Kebijakan program AdSense selalu berlaku pada laman yang terdapat unit Iklan Matched Content.
  • Unit iklan tersebut tidak layak digunakan dalam eksperimen.
Beberapa hal diatas harus Anda pahami betul sebelum terjun kedalam iklan matched content agar nantinya. Iklan matched content benar-benar bisa diintegrasikan dengan baik. Nah apa tahap selanjutnya yang dapat Anda lakukan agar tahu apakah layak atau tidak situs berpartisipasi disini? Oke kita bahas cara melihat kelayakan situsnya terlebih dahulu.

Cara Mengecek Kelayakan Situs Berpartisipasi dalam Iklan Matched Content

Jika Anda ingin berpartisipasi dalam program ini, syarat utamnya adalah situs Anda harus memenuhi persyaratan minimum dalam hal volume/jumlah trafik dan jumlah laman unik. Untuk mengetahui apakah situs layak ikut dalam program iklan Matched content atau tidak ialah dengan cek bagian "Situs saya" di akun AdSense Anda masing-masing. Baca juga: Apa sih Adsense Bug?

Berikut adalah cara untuk cek kelayakan situs Anda:
  1. Masuk ke akun AdSense.
  2. Pada navigasi sebelah kiri, klik Setelan.
  3. Klik "Situs saya".
  4. Di bawah tab "Situs saya", klik "Konten yang sesuai".
  5. Di kolom "Situs", cek apakah situs Anda tertera atau tidak:
    • Apabila situs tertera disana, Anda langsung dapat menempatkan unit iklan Matched Content di setiap laman situs Anda.
    • Jika situs tidak tertera disana, maka status situs Anda masih belum layak untuk ikut dalam program iklan matched content.
Sedikit catatan saja, jika Anda memiliki beberapa situs yang sudah di verifikasi di Adsense kemudian setidaknya salah satu diantaranya sudah layak dalam program ini maka Anda akan dapat melihat opsi untuk membuat unit iklan matched content pada tab "Iklan saya" di akun Adsense Anda. Yang paling penting dan perlu disadari bahwa Google selalu mengupdate data situs Anda secara berkala. Sehingga, jika situs sudah memiliki jumlah pengunjung unik dan artikel yang berkualitas Google akan mengijinkannya berpartisipasi dalam program Iklan Matched Content ini. Ini contoh kelayakan situs admin.
kelayakan situs berpartisipasi dalam iklan matched content
Anda sudah siap untuk membuat unit iklan matched content yang pertama? Ayo kita buat dengan pelan-pelan agar iklan yang dibuat dapat maksimal.

Cara Memasang Unit Iklan Matched Content di Blog

Unit Iklan Matched Content adalah sebuah layanan gratis (free service) dari Google yang membantu Anda mempromosikan konten yang relevan dari situs Anda kepada pengunjung. Layanan ini sangat membantu untuk meningkatkan tampilan jumlah laman dan waktu yang dihabiskan oleh pembaca di situs Anda. Adapun cara untuk memasang kode iklannya adalah sebagai berikut ini.
  • Sign in Adsense masing-masing
  • Lihat panel sebelah kiri, pilih "Iklan Saya" ⇒ "Unit Iklan Baru". Tahap ini masih sama dengan metode pembuatan iklan adsense pada umumnya.
unit iklan baru iklan matched content
  • Nah disini akan muncul tab baru yang mungkin berbeda dengan dahulu. Seperti apa? Inilah tampilannya...
Unit iklan matched content
  • Pada tahap sesuai gambar pilihlah Matched Content dengan klik Select.
  • Jika sudah, ikuti tahap berikutnya sesuai dengan gambar.
Matched Content Unit

Catatan:
  1. Pada bagian nomor 1 merupakan tempat situs yang dinilai kelayakannya. Jika ada beberapa situs yang layak gunakanlah tombol anak panah kecil sebelah kanan untuk memilih situs mana yang akan Anda buat unit iklannya.
  2. Nomor 2 isikan dengan nama dari iklan matched content yang Anda buat.
  3. Nomor 3 pilihlah model atau gaya iklan yang Anda buat. 
  4. Nomor 4 pilihlah ukuran iklan yang pas untuk situs Anda.
    • Saran saja, gunakanlah jenis iklan responsif. Jenis ini akan menyesuaikan sendiri terhadap lebar penampung dan ukuran layar (misalnya, di seluler, desktop, tablet, dsb.). Untuk melihat perubahan dari jenis iklan ini Anda dapat melihatnya di area pratinjau.
    • Jika memakai ukuran khusus, saran saja agar Anda memilih ukuran iklan dengan rasio lebar:tinggi sekitar 2:1 untuk tata letak horizontal, atau 1:2 untuk tata letak vertikal. Jangan menggunakan ukuran iklan spanduk tradisional, yaitu ukuran 728x90. Catatan penting disini bahwa tinggi atau lebar ukuran khusus iklan Anda tidak boleh melebihi 1.200 piksel dan hanya boleh ada satu dimensi yang lebih dari 600 piksel.
  5. Nomor 5 digunakan jika unit iklan yang dibuat sudah sesuai. "SAVE and GET CODE" untuk menyimpan dan mendapatkan kode iklannya. Jika sudah disimpan saatnya Anda mengambil kode iklan seperti pada gambar.
script iklan matched content

  • Sesuai pada gambar, silahkan Anda klik "Copy Code Snippet" untuk mengintegrasikan ke situs Anda.
  • Perhatikan pada kotak sebelah kanannya, Anda harus memasangnya di antara <body>...</body>. Biar lebih maksimal, letakkanlah kode iklan tersebut tepat di akhir artikel, dan di atas atau di bawah unit iklan.
  • Jika memasang kode iklan ini langsung di template Anda, jangan lupa parse terlebih dahulu.
  • Jika di tatak letak blog, cukup pasang widget HTML dan letakkan sesuai dengan keinginan. Biar maksimal ada dibilah sisi/sidebar.
Demikianlah kupas tuntas cara memasang iklan matched content di blog. Semoga bermanfaat. Bagi yang masih belum punya kesempatan. Perbaikilah situs Anda, jangan berganti-ganti template selama 3 sampai dengan 6 bulan. Perbanyaklah artikel unik Anda dan perbaikilah kualitas artikel Anda selama waktu itu. Masalah pengunjung ada atau tidak, logikanya jika algoritma artikel Anda tergolong berkualitas dengan sendirinya pengunjung akan datang. Semua navigasi situs Anda haruslah komplit dan rapi. Silahkan mencoba. Baca juga: Cara Memasang Kode Iklan Adsense di Tengah Artikel
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar