--> Skip to main content

Tips Mendapatkan Skor Tertinggi dalam Reading TOEFL

Tips Mendapatkan Skor Tertinggi dalam Reading TOEFL -- Reading Comprehension bertujuan untuk menguji kemampuan Anda dalam mendalami, memahami, menginterpretasikan, dan menganalisa teks bacaan dengan bermacam topik. Panjang teks bacaan dalam reading comprehension test kurang lebih 250 sampai dengan 400 kata dan diikuti oleh 10 sampai dengan 11 pertanyaan. Jumlah total pertanyaannya adalah 50 soal dengan durasi 55 menit. Topik bacaan yang pada umumnya dipakai dalam test Reading Comprehension adalah berkaitan dengan masalah akademik dalam berbagai bidang ilmu seperti biologi, geografi, fisika, ekonomi, sejarah, dan ilmu sosial lainnya. Baca juga: Strategi Mengerjakan tes Listening TOEIC agar diatas 600


strategi jitu meningkatkan skor reading toefl diatas 500

Mengingat tingkat kesulitan yang relatif tinggi, maka diperlukan pemahaman strategi untuk menjawab soal-soal reading comprehension test. Berikut ini adalah strategi atau tips yang dapat diterapkan. Baca Juga: Strategi Terjitu Meningkatkan Skor Listening TOEFL

Strategi Mengerjakan Reading Comprehension test TOEFL

Ada beberapa strategi yang dapat Anda pakai ketika dihadapkan dengan soal-soal reading comprehension untuk TOEFL test. Berikut adalah caranya:
  1. Perhatikan bahwa setiap bacaan mempunyai 10-11 pertanyaan.
  2. Perhatikan bahwa pertanyaan disajikan secara berurutan sesuai dengan urutan dalam teks.
  3. Kenali tipe-tipe pertanyaan.
  4. Jangan membuang waktu dengan membaca teks berulang-ulang
  5. Bacalah pertanyaan terlebih dahulu dan kemudian cari jawaban dari pilihan yang tersedia.
  6. Jangan mengkhawatirkan topic bacaan yang mungkin kurang familiar bagi Anda
  7. Identifikasi kata benda dan kata kerja yang penting.
  8. Baca teks sekilas. Amatilah kalimat pertama masing-masing paragraph.
  9. Baca teks dengan cermat, tandai point-point utamanya, nama-nama, definisi, kesimpulan yang penting, tempat dan angka-angka.
  10. Jangan terpaku pada satu pertanyaan.
  11. Atur waktu sebaik mungkin dengan menjawab setiap pertanyaan. Alokasikan minimal 60 detik per pertanyaan.
  12. Jangan ada soal yang tidak terjawab. Meski tidak tahu jawabannya, coba diterka. Jawaban salah tidak akan mengurangi skor Anda.

Jenis-Jenis Pertanyaan dalam Reading TOEFL

Mengenali jenis pertanyaan dalam soal reading merupakan suatu strategi yang sangat penting. Dibawah ini adalah jenis-jenis soal yang sering muncul dalam reading comprehension test.

Pertanyaan tentang topik atau tema

Topik atau tema merupakan subyek utama bacaan. Topik atau tema dapat berupa inti atau judul tulisan.
Trik menemukan topik: Baca baris pertama tiap-tiap paragraph, temukan kata kunci yang selalu diulang-ulang pada bagian awal, tengah dan akhir terutama pada kesimpulan. Kata kunci dapat berupa persamaan kata atau sinonim. Sekedar catatan, TOPIK akan selalu berupa KATA atau FRASE (Kelompok Kata).

Pertanyaan tentang gagasan utama (main idea)

Main idea adalah pokok pikiran dari paragraph yang memuat uraian, penjelasan atau keterangan dari penulis tentang topik. Main idea berupa kalimat lengkap dengan subjek dan predikat. Umumnya terletak pada awal, akhir dan bahkan ditengah-tengah bacaan.
Trik menemukan main idea: cari topik atau tema dahulu, perhatikan kata atau frase yang digunakan oleh penulis dalam mengembangkan topic, perhatikan kesimpulan paragraph, dan main idea biasanya berada di awal, akhir, atau tengah bacaan. Sekedar catatan, main idea selalu berupa kalimat lengkap.

Pertanyaan tentang Judul

Judul biasanya berupa kata, frase atau kalimat sangat pendek. Untuk menemukan judul, bacalah beberapa paragraf awal dari bacaan yang tersedia.

Pertanyaan tentang rujukan kata

Penulis sering menggunakan pronouns (kata ganti) untuk menyebutkan kembali kata benda yang telah disebutkan sebelumnya. Inilah yang disebut dengan reference word. Kata-kata tersebut meliputi he-his-him-himself, she-her-hers-herself, it dan sebagainya.

Pertanyaan tentang informasi rinci

Pertanyaan ini menanyakan tentang fakta yang disajikan dalam bacaan, meliputi : Who, What, Where, When, dan How.

Pertanyaan tentang kesimpulan

Kesimpulan merupakan rangkuman bacaan. Kesimpulan terletak di akhir bacaan. Contohnya, it can be concluded that..., we can conclude that... and etc.


Pertanyaan tentang tujuan

Yang dimaksud dengan tujuan adalah alasan utama penulis menulis bacaan tersebut. Tujuan dapat ditemukan pada paragraf pertama atau kedua. Tujuan pada umumnya memiliki hubungan erat dengan main idea.

Jika Anda telah memahami rule yang ada tersebut, saatnya Anda untuk berlatih dengan soal-soal reading comprehesion. Jika sobat ingin melatih kemampuan, maka cobalah tes berikut ini.



Bagaimana? Anda puas dengan skor yang didapat. Jika belum, silahkan terus belajar dan mencoba. Semoga bermanfaat. Baca Juga : Cara Meningkatkan Skor TOEFL hingga 500.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar