Pengalaman Belajar SEO Blog dengan Penulis Jangsigma.com





Baca Juga

Pengalaman Belajar SEO Blog dengan Penulis Jangsigma.com -- Artikel kali ini memang sengaja admin tulis karena memang tidak memiliki materi apa yang hendak mau ditulis. Alhasil menulis yang sekiranya memang dapat menghilangkan penat saja. Hahaha. Cerita ini berawal dari tahun 2013 akhir menjelang tahun 2014 awal saat admin mulai tertarik dengan dunia blogging. Informasi yang hanya sekilas saja dari kakak senior sewaktu kuliah dan mengikuti UKM atau Unit Kegiatan Mahasiswa bernama UDK (Unit Dakwah Kampus) mengenai blog dijadikan admin sebagai cambuk untuk mulai mencari tahu dunia blogging dan internet.

Pengalaman Belajar SEO Blogging dengan Penulis Jangsigma.com

Untuk mendalami ilmu tersebut, admin setiap hari mencari tahu apa itu blog? apa itu blogger? apa itu seo? dan masih banyak lagi dengan hasrat admin bisa memahami itu semua dengan kemampuan sendiri. Lalu kakak senior bagaimana? Beliau tidak bisa mengajarkan itu semua karena admin belum ada 1 tahun sudah keluar dari UDK jadi ilmu tentang blogging belum sempat di enyam. Baca juga: Tips dan Trik SEO Ala Sumbodo Malik.

Selama berbulan-bulan admin menelusuri semua informasi yang admin butuhkan tentang dunia blogging. Ternyata ada sebuah hal penting yang menurut admin itu penting untuk dipelajari yaitu Cara mendapatkan uang dari internet dan salah satunya ternyata lewat blog. Admin belajar terus. Baca dan membaca hingga admin sedikit-sedikit mulai mengenal Apa itu Google Adsense?

Singkat cerita, di waktu itu pada 2014 admin mulai tertarik pada jasa pembuatan Google Adsense Full Approve. Selama kurang lebih 8 bulanan admin menjadi seorang jasa pembuat Google Adsense Full Approve dengan biaya yang terbilang bersaing dengan kompetitornya karena memang pada waktu itu Google Adsense masih terbilang asing dan jarang ada yang punya. Sempat berhasil dengan melakukan penjualan adsense yang melimpah namun admin ingat tujuan pertama belajar di dunia internet itu bukan menjadi penjual akun Google Adsense. Akhirnya, menjelang tahun 2014 admin berusaha menjadi seorang blogger murni walaupun sempat tertipu dalam dunia internet karena sudah berinvestasi pada situs bodong yang tidak bertanggungjawab dan masih banyak lagi.

Pada awal-awal menjadi seorang blogger, berat sekali rasanya mengembangkan blog yang admin handle. Pasalnya, guru juga tidak punya. Gurunya hanya internet itu sendiri dan membaca artikel orang lain. Bielajar SEO blog saja tidak pernah, skill apa yang bisa dibawa kedunia internet yang persaingannya sangat berat. Sempat sangat senang ketika dengan berjalannya waktu admin mendapatkan akun Google Adsense untuk blog sendiri. Namun, pada saat itu tidak tahu cara main google adsense yang aman. Admin coba klik sendiri iklan Google Adsense. Anda tentu sudah tahu apa jawabannya?! Ya... dengan klik iklan sendiri di Google Adsense maka akun adsense admin dibanned secara permanen. Belum dapat apa-apa sudah banned duluan.

Selama berbulan-bulan, bermodal Wi-Fi dari warnet, kemudian melihat ada kesempatan di desa yang mana paman dari admin sudah mulai membangun Wi-Fi sendiri (Yap Wi-Fi Gratisan) walaupun admin harus menanggung malu, sampai-sampai tidur di rumah paman berkali-kali demi mendalami SEO Blogging dan segala tetek bengeknya. Tahu apa yang admin dapat? Hanya Pengetahuan dan Teknik Blogging ala kadarnya yang admin tahu. Admin tidak mengerti bagaimana cara riset kata kunci yang pas. Bagaimana cara membangun blog agar berhasil dalam 6 bulan saja. Hanya ilmu seperti menambah widget blog seperti jam, twitter, blink-blink, menambah musik, flag counter dan masih banyak lagi bisa admin pelajari dengan sendirinya. Namun secara profesional admin tidak mengerti sama sekali. Jadi buat artikel tanpa riset kata kunci dan kadang-kadang bisa masuk pageone.

Hari demi hari, bulan demi bulan terus berlalu. Situs admin ini sudah mulai berubah nama dan berubah template. Hapus satu bangun satu. Sampai bingung admin mau pakai yang mana. Akhirnya, menjelang selesai S1 admin mulai fokus pada satu situs, yaitu http://learningbasedweb.blogspot.com yang dahulunya bukan itu karena sudah admin rubah saat masuk di S2. Nama situs ini admin ambil saat ada dosen S2 admin yang meminta mengumpulkan sebuah blog sebagai tugas akhir. Dari sini, admin semakin menggebu-gebu untuk belajar adsense dan blog karena melihat dosen admin yang sudah sepuh namun sangat mahir dengan bermain internet dan menghasilkan uang dari internet dengan mudah.

Perkenalan dengan Penulis Jangsigma.com

Sempat bingung dan tidak jelas mau kemana arahnya. Situs admin mulai dibangun dan terus dibangun walaupun isinya gado-gado tidak jelas. Isinya yang pertama berupa bahasa inggris kemudian sekarang sudah bertransformasi menjadi bahasa indonesia. Bermodal pengetahuan yang sudah dimiliki, admin mencoba browsing sana-sini mengenai cara meningkatkan trafik blog dengan cepat. Akhirnya, admin menemukan sebuah grup Blogger Indonesia di Facebook.

Admin langsung saja join kedalamnya dengan harapan siapa tahu admin bisa mendapatkan ilmu blogging dari sana. Ya benar sekali. Admin memang mendapatkan banyak ilmu dari sana yaitu BW + Comment. Atau biasa disebut dengan blogwalking dan komentar di situs orang maka nantinya kita juga akan mendapatkan hal yang sama. Sudah beberapa bulan admin ikut disana namun situs blog admin tidak ada apa-apanya. Sambil baca-baca postingan disana, admin tahu bahwa cara mendapatkan uang dari internet bukan hanya dengan Google Adsense namun juga dari program lain. Alhasil admin mencoba daftar Chitika dan Infolink. Alhamdulillah keterima.

Setelah sudah diterima, tapi admin tidak mendapatkan uang dari internet sesuai dengan bayangan. Bingung, galau dan banyak sekali dibenak admin. Sudah lama bermain internet tapi tidak menghasilkan apa-apa. Disisi inilah admin ingat-ingat, pada waktu yang lalu admin pernah bermain PTC misalnya Neobux, Clicksense dan masih banyak lagi. Sempat mau lari kesana dan mencoba bermain PTC kembali namun niat tersebut admin urungkan.

Waktu terus berputar, menunggu dan terus menunggu. Hingga suatu ketika ada hentakan yang sangat besar saat teman sekelas SD admin yang satu-satunya tidak lulus SMP dengan admin berhasil mendapatkan uang 101 juta rupiah dari Youtube. Dialah teman dekat admin sejak SD hingga SMP. Dikit-dikit mengajak admin bermain PS. Berangkat pagi pulang sore. Hampir setiap hari seperti itu. Namun saat dia pergi SMA, dia keluar kota karena ijazahnya SMP cuma berlabel Paket C dan lama tidak bicara dengan admin. Alhasil, saat dia pulang dia punya ilmu internet yang tidak admin ketahui (Baca: Dia sekarang menjadi bos pemasangan Wi-Fi di desa admin tinggal). Heheheh. Baca juga: Cara Riset Kata Kunci dengan Google Trends.

Mulai dari situlah, admin mencoba berlangganan internet dari sahabat admin tersebut. Mulai tekun dan otak-atik situs admin alhasil situs admin yang sempat tidak jelas mulai diseriusi. Berubah domain TLD gratisan akhirnya adsense full approve bisa ditangan. Mengingat masih menjadi anggota Blogger Indonesia admin berlatih untuk mendapatkan uang adsense dari BW dan Komen. Dan dari sinilah admin bertemu dengan seseorang yang sekarang menjadi mentor bahkan sekaligus menjadi seperti keluarga admin sendiri. Ya... dialah mas atau bapak penulis Jangsigma.com asal Tangerang.

Awal kenalnya sih aneh. Lha wong admin aslinya berteman dengan bang Wes't (Nama akun facebook) dari Jawa Barat. Dialah yang menjadi penghubung admin dengan si penulis jangsigma.com ini. Bang West ini orangnya supel, gokil dan baik hati. Dia seorang pekerja bordir makanya dia punya situs juga diberinama bordirsoftware.blogspot.com. Eh benar gag ya? hehe. Tiap ada kesempatan admin selalu bertukar pikiran dengannya tentang bermain blog. Sempat juga melakukan tukar cendol adsense. Taulah pasti kalau yang bermain blog dan SEO. Tapi entah kemana bang west sekarang. Mungkin dia sibuk dengan kerjaannya makanya dia jarang berkomunikasi lagi.

Selama beberapa kesempatan, admin melihat posting dan melihat nama di akun Facebook bernama Naufal Hadian. Di lihat-lihat namanya juga tidak spesial. Fotonya saja anak kecil. Eh... Heheh Jangan aneh, itu ternyata foto anak kesayangannya. Sempat bermain BW + Komentar dengan mas Naufal Hadian itu. Tapi dari gaya bahasanya admin fikir orang itu kaku dan tidak mau mengajari bagaimana cara membuat blog menjadi SEO. Tapi ternyata admin salah. Hehehe. Ternyata orangnya ya gitu deh. Baik ya baik. Jahat ya jahat Wkwkwkwkw. Kalau Anda kenal dengan penulis jangsigma.com ini pasti akan tahu bagaimana beliau.

Singkat cerita, admin mendapat kabar dari bang Awest kalau ternyata orang baik menurut info darinya yang bernama mas Naufal Hadian itu hilang dari Grup Blogger Indonesia karena Akun Google Adsense yang sudah bernilai 3 juta lebih dibanned oleh Google akibat pekerjaan seseorang yang tidak bertanggungjawab. Nah berhubung biasanya, admin, bang awest dan bang naufal hadian ini yang selalu balas komentar blog admin coba untuk kirim pesan messenger dan menanyakan kenapa tidak BW + Komen untuk meningkatkan trafik blog. Ternyata benar, berdasarkan informasi darinya akun Google Adsensenya sudah dibanned makanya ada sedikit penurunan motivasi dalam blogging. Entah dari mana semangat itu beliau dapatkan kembali karena tiba-tiba ada keajaiban yang beliau dapatkan.

Waktu terus berjalan dan admin akhirnya memutuskan untuk menikah. Meskipun demikian istri admin sudah tahu kalau blogger adalah salah satu pekerjaan admin. Nah dari sanalah admin kian dipermudah oleh Allah SWT untuk berkenalan dengan Mr. Mamduh Hulaimi si penulis Jangsigma.com. Sekitar awal tahun 2017, admin dikenalkan oleh Allah dengan beliau. Teknik SEO blog yang diajarkan begitu mengena dan mudah dipahami.

Teknik SEO Blog Ala Jangsigma.com

Berikut adalah listnya.
  1. Cari Cara Riset Kata Kunci dari Google Trends, Keyword Planner dan masih banyak lagi.
  2. Update artikel minimal 1x dalam sehari. Namun bagusnya 3x dalam sehari.
  3. Tidak usah share sana sini. Biarkan berjalan natural.
  4. Backlink menurutnya tidak penting biar backlink Google yang menjamin kemampuan blog.
  5. Backlink natural yang dibuat oleh orang lain dinilai super backlink untuk menaikkan posisi SERP artikel.
Dengan memakai teknik SEO dari jangsigma inilah admin akhirnya mampu menjadikan situs ini berubah menjadi situs biasa menjadi situs yang bisa dipertimbangkan. Walaupun pada awal tahun ini pula admin merubah domain TLD situs ini dengan domain id yang termurah nyatanya admin sekarang bisa gajian dari Google Adsense.

Berkat ketekunan dan bantuan dari jangsigma.com maka admin bisa menjadikan situs ini sebagai salah satu media untuk menghasilkan pendapatan. Ya sedikit-sedikit yang penting bisa menghasilkan. Namun nahasnya, setelah beberapa bulan berjalan situs ini mulai keyok karena adanya pembaharuan algoritma Google Fred dan Google Hawk. Situs dengan backlink yang tidak normal akan jatuh di mata Google.

Sekian informasi kali ini. Entah ini baik atau tidak ingat selalu 'Sebaik-baiknya orang adalah yang bermanfaat bagi orang lain'. Terimakasih admin sampaikan kepada semua orang yang sudah mengajari belajar SEO Blogging dan Teknik SEO Blog. Bahkan yang sudah mengajari bagaimana cara menulis artikel SEO agar masuk halaman pertama Google. Semoga bermanfaat.

Demikian paparan mengenai Pengalaman Belajar SEO Blog dengan Penulis Jangsigma.com. Semoga bisa menginspirasi bagi blogger muda yang masih baru masuk dunia blogging. Ya walaupun admin masih 3 tahun berkecimpung dalam dunia cyber ini. Kita sambung lain kesempatan ya... tunggu series berikutnya. Chaow.... Baca juga: Cara Mengoptimasi Artikel Agar SEO Friendly.

Subscribe to receive free email updates:


0 Response to "Pengalaman Belajar SEO Blog dengan Penulis Jangsigma.com"

Post a Comment

Peraturan Dalam Berkomentar:
1. Komentar harus relevan dengan konten blog
2. Harus menggunakan bahasa yang sopan
3. Tidak boleh menyinggung SARA or Bullying.
4. Hindari komentar SPAM. Exp: Nice gan, Makasih Gan, dll
5. Tidak ada link di dalam isi komentar. Aktif maupun tidak.

Gunakanlah Sarana Publik ini dengan Bijak. Baca dan Pahami isinya baru Berkomentar. Terimakasih.