--> Skip to main content

Begini Contoh Kalimat Aktif Transitif dan Intransitif

Contoh Kalimat Aktif Transitif dan Intransitif -- Jika Anda masih ingat pelajaran SD, SMP dan SMA tentu masih jelas betul apa itu kalimat? Ya benar sekali, Kalimat adalah susunan kata yang paling sedikit memiliki susunan Subject dan Predikat. Jika dilihat dari jenisnya, kalimat memiliki banyak macamnya, diantaranya ada kalimat sederhana dan kalimat majemuk. Kalimat majemuk terbagi menjadi dua yaitu kalimat majemuk setara dan kalimat majemuk bertingkat. Namun pada kesempatan kali ini, admin tidak akan menjelaskan mengenai kalimat tersebut. Lantas apa yang akan admin bahas pada kesempatan kali ini.

Begini Contoh Kalimat Aktif Transitif dan Intransitif

Oke daripada penasaran, kali ini admin akan menjabarkan mengenai jenis kalimat berdasarkan polanya. Berdasarkan polanya kalimat dibedakan menjadi dua hal yakni kalimat aktif dan kalimat pasif. Apa pengertian kalimat aktif dan kalimat pasif? Oke sebelum melangkah lebih jauh admin akan menjelaskannya terlebih dahulu agar Anda tidak bingung. Baca juga: Contoh Kalimat Fakta dan Opini.

Pengertian Kalimat Aktif

Masih ingat dengan apa itu kalimat aktif? Kalimat aktif adalah kalimat yang subjeknya melakukan pekerjaan. Biasanya kalimat aktif ini letak subjek dan predikatnya bersebelahan. Jadi setelah subjek kata kerja yang dipakai biasanya diawali dengan awalan me- atau ber-. Namun tidak menutup kemungkinan kata kerja yang dipakai masih kata kerja bentuk dasar.

Contoh Kalimat Aktif

Dibawah ini adalah contoh kalimat aktif:
  1. Ayah mencuci mobil.
  2. Banu pergi ke kota.
  3. Ibu memasak di dapur.
  4. Ani naik ke puncak gunung pagi ini.
  5. Adi menendang bola dengan kencang.
Itulah pengertian dan contoh kalimat aktif. Anda bisa mempelajari lebih lanjut dengan mengembangkan diri Anda sendiri. Mencoba dengan kemampuan sendiri. Jika sudah mahir, mari kita bahas pengertian dan contoh kalimat pasif.

Pengertian Kalimat Pasif

Kalimat Pasif adalah kebalikan dari kalimat aktif. Kalimat pasif artinya kalimat yang subjeknya dikenai pekerjaan. Biasanya kata kerja yang dipakai diawali dengan awalan di-.

Contoh Kalimat Pasif

Untuk lebih jelas mengenai apa itu kalimat pasif maka silahkan baca contohnya dibawah ini.
  1. Mobil dicuci Ayah.
  2. Bola ditendang Adi dengan kencang.
  3. Andri diterima kerja di Perusahaan Kecap.
  4. Balon ditiup oleh Banu hingga meletus.
  5. Cinta ditolak dukun bertindak.
Nah itulah perbedaan antara kalimat aktif dan kalimat pasif dalam bahasa. Mengapa admin tidak menjelaskannya lebih jelas lagi? Hal ini karena fokus admin adalah jenis kalimat berdasarkan susuannya. Oke kita bahas yuk!!

Jenis-Jenis Kalimat Aktif

Jika dilhat dari objeknya jenis kalimat aktif dibagi menjadi dua saja yaitu kalimat aktif transitif dan intransitif. Lantas apakah kalimat aktif transitif dan intransitif? mari kita bahas satu demi satu.

Contoh Kalimat Aktif Transitif

Kalimat aktif transitif adalah kalimat aktif yang dilengkapi dengan objek dan keterangan. Jadi polanya bukan hanya S + P saja melainkan menjadi S + P + O atau bahkan SPOK. Dengan begitu kalimat aktif transitif ini sangat mudah dirubah kedalam bentuk kalimat pasif. Contohnya:
  1. Andre menyelesaikan tugas kuliah di teras rumah.
  2. Asfam mengendarai sepeda motor barunya.
  3. Ibu membeli garam dan gula di pasar.
  4. Kakak memberi uang saku 10.000 kepada adek.
  5. Bantar membuatkan segelas susu untuk ibunya yang sakit.
Jika Anda sudah paham dengan penjelasan tersebut mari kita bahas kembali mengenai contoh kalimat aktif intransitif.

Contoh Kalimat Aktif Intransitif

Kalimat aktif intransitif adalah kalimat aktif yang tidak dilengkapi dengan objek. Jadi polanya hanya S dan P saja atau SPK saja. Berhubung kalimat aktif intransitif tidak mempunyai objek, hampir tidak mungkin merubahnya dalam bentuk kalimat pasif. Berikut adalah contoh kalimat aktif intransitif.
  1. Tyas menangis di kamar.
  2. Asmam bertanya kepada Budi.
  3. Samsu belajar giat.
  4. Yonko menyapu sampai bersih.
  5. Agung sedang membaca dengan tekun.
Demikianlah penjebaran dengan jelas mengenai contoh kalimat aktif transitif dan intransitif dalam kehidupan sehari-hari. Semoga bermanfaat. Baca juga: Cara Membuat Puisi.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar