--> Skip to main content

Apa itu WhatsApp Business dan Apa Bedanya dengan WhatsApp Original?

Apa itu WhatsApp Business dan Apa Bedanya dengan WhatsApp Original? -- Rumor dan spekulasi tentang WhatsApp Business telah bergulir untuk beberapa waktu  yang lalu sebelum perusahaan milik Facebook itu membuat aplikasi resmi bulan lalu. Sementara rincian tentang layanan baru masih sulit didapat bahkan sebulan setelah pengumuman resminya, beberapa informasi baru kini menghasilkan rincian baru tentang layanan mendatang tentang WhatsApp yang ditujukan untuk perusahaan tersebut

Apa itu WhatsApp Business

Jadi, tanpa basa-basi, mari kita lihat lebih dekat pada WhatsApp Business dan cari tahu bagaimana perbandingannya dengan aplikasi Whatsapp aslinya. Baca juga: Cara Mengirim Musik di Whatsapp iPhone.

Apa itu WhatsApp Business atau Whatsapp Bisnis?

WhatsApp Business adalah fitur baru yang dimiliki perusahaan Facebook selama beberapa minggu ini walaupun ketersediaannya hanya terbatas pada penguji beta yang sangat sedikit sampai sekarang. Seperti namanya, WhatsApp Business ditujukan untuk bisnis yang mungkin ingin menggunakan aplikasi pesan instan yang sangat populer untuk terhubung dengan klien mereka. Bisnis yang mendaftar untuk bergabung dengan platform akan dapat menggunakan layanan ini untuk memberi informasi kepada pelanggan mereka tentang waktu, konfirmasi, dan info lainnya.

Menurut laporan terbaru, WhatsApp akan menyimpan aplikasi asli dari konsumen-sentris yang terpisah dari layanan terkait bisnis yang akan datang yang kabarnya akan diluncurkan sebagai aplikasi yang sama sekali berbeda yang disebut 'WhatsApp Business'. Sebenarnya, seperti dapat dilihat dari gambar di bawah ini, perusahaan tersebut tampaknya berencana untuk tidak hanya meluncurkan satu namun dua layanan yang berbeda sebagai bagian dari ketertarikannya ke sektor perusahaan, dengan memisahkan penawarannya untuk usaha kecil dan perusahaan besar. Sementara rincian sulit didapat pada tahap ini, yang pertama kemungkinan akan ditawarkan secara gratis (paling tidak pada awalnya) sementara yang terakhir diharapkan menjadi layanan berbayar.

Perbandingan Fitur Utama WhatsApp Original vs WhatsApp Business

Sebelum kita sampai pada fitur utama WhatsApp Business, mari kita bahas hal yang satu ini: kedua aplikasi tersebut kabarnya akan terlihat dan terasa sangat mirip dalam hal antarmuka pengguna mereka jika gambar yang bocor ada kemungkinannya, namun salah satu dari area kunci perbedaannya adalah logo yang kabarnya akan menampilkan 'B' putih di dalam gelembung percakapan hijau yang familier, bukan penerima telepon yang biasa kita gunakan di aplikasi umum.

Apa itu WhatsApp Business

WhatsApp Business hadir dengan fitur yang sama sekali tidak ada dalam WhatsApp asli, termasuk pembuatan Profil Bisnis, yang mengharuskan pengguna untuk mengisi 'Deskripsi Bisnis' mereka, 'Situs Web', 'Alamat', dll. Salah satu Fitur menarik yang diharapkan layanan baru ini adalah Chat Migration yang seperti namanya memungkinkan pengguna untuk mentransfer obrolan mereka dari satu perangkat ke perangkat lain atau bahkan satu akun ke akun lainnya. Perusahaan telah memperhitungkan berbagai skenario yang mencakup penggunaan aplikasi pada satu perangkat atau beberapa perangkat secara bersamaan. Pengguna juga kabarnya bisa menggunakan WhatsApp dan WhatsApp Business pada perangkat yang sama secara bersamaan, namun hanya dengan nomor yang berbeda. Baca juga: Cara Menyembunyikan Foto Whatsapp di Android dan iOS.

Satu hal yang menarik di sini adalah bahwa pengguna juga dapat menggunakan nomor telepon rumah untuk membuat akun WhatsApp Business yang merupakan hak istimewa yang belum tersedia bagi pengguna WhatsApp biasa. Jika dilaksanakan dengan benar, berbagai permutasi dan kombinasi yang menjanjikan agar pemilik bisnis memisahkan akun bisnis mereka dari akun pribadi tentu merupakan langkah keren dari whatsapp, karena ini akan membantu orang mempertahankan kehidupan pribadi dan profesional mereka agar tetap terpisah.

Beberapa fitur berorientasi bisnis yang dapat diprediksi lainnya yang kabarnya akan tersedia dengan WhatsApp Business adalah Respons Otomatis dan Analytics. Dengan yang pertama, pengguna akan dapat menyesuaikan 'away message' yang akan keluar secara otomatis saat klien mengirim pesan di luar jam kerja, sementara yang terakhir akan memberi informasi rinci tentang statistik penting kepada pemilik bisnis seperti jumlah pesan yang dikirim, diterima, dikirim dan baca.

Bagaimana Cara Mendaftar WhatsApp Business?

WhatsApp Business tidak tersedia untuk diunduh di Google Play Store saat ini, namun Anda dapat mendaftar menjadi penguji dengan menyelesaikan survei sederhana ini. Jika permintaan Anda diterima, Anda akan dilaporkan dapat mengakses aplikasi baru di Play Store di tautan ini setelah masuk dengan akun Google yang sama. Anda juga dapat mendownload file APK Whatsapp Business dari APKMirror, namun untuk dapat benar-benar menggunakan layanan ini, permintaan Anda tetap harus diterima oleh WhatsApp terlebih dahulu.

Apakah Hal-Hal Menjadi Berbeda untuk Pengguna Reguler?

Sebagai pengguna WhatsApp umum, Anda akan melihat pesan yang sama tentang obrolan Anda yang sepenuhnya dienkripsi end-to-end, namun Anda juga akan melihat pop-up yang akan memberi tahu Anda tentang status verifikasi akun bisnis yang Anda gunakan yang akan Anda pakai untuk mengobrol. Selain itu, Anda juga akan melihat semua detail akun pemilik bisnis termasuk gambar, lokasi, kategori bisnis, nomor e-mail, situs web, dll.


Kapan WhatsApp Business Akan Diluncurkan Secara Komersial?

Tidak ada informasi yang jelas kapan peluncuran komersial WhatsApp Business. Aplikasi saat ini dalam tahap beta dan hanya tersedia untuk grup penguji beta tertentu. Proses pengujian telah berlangsung beberapa waktu, namun seperti yang disebutkan, perusahaan tersebut membawa lebih banyak penguji setiap hari, jadi mungkin tidak akan lama sebelum dilemparkan ke publik pada umumnya. Mengenai perusahaan yang sudah masuk WhatsApp Business, di Indonesia dilaporkan masih belum ada perusahaan pertama yang mendapatkan akun WhatsApp Businessnya yang diverifikasi sebagai 'akun bisnis terverifikasi', yang dilambangkan dengan tanda hijau di samping namanya. Perusahaan lain, seperti berbagai macam maskapai penerbangan swasta juga kabarnya siap bergabung dalam daftar di masa yang akan datang.

WhatsApp Business: Apa yang Akan Ditawarkan oleh Bisnis dan Pelanggan?

Meskipun sebagian besar dari apa yang admin ketahui tentang WhatsApp Business masih dalam rumor dan spekulasi, mungkin sebaiknya tidak butuh waktu lama bagi perusahaan tersebut untuk secara resmi mengumumkan rincian lebih lanjut tentang layanan tersebut. Entah akan hadir di arena perusahaan atau bukan karena telah menjadi konsumen whatsapp business beta harus tetap dipantau, namun dengan semua upaya yang dilakukan Facebook dalam layanan pesan instan, ini akan menjadi kejutan besar dalam waktu dekat. Setidaknya itulah yang admin pikirkan tentang hal ini, tapi bagaimana denganmu? Apakah Anda juga berpikir WhatsApp dapat mereplikasi tingkat kesuksesan konsumennya di arena perusahaan? Atau menurut Anda, korespondensi bisnis melalui pesan instan satu langkah terlalu jauh untuk Anda? Itu akan terjawab saat Anda sudah menggunakan aplikasi Whatsapp Business ini nantinya.

Sekian informasi mengenai apa itu whatsapp business dan apa bedanya dengan whatsapp original. Semoga Anda tahu dan paham atas semua pembaharuan aplikasi whatsapp kali ini. Semoga bermanfaat. Baca juga: Cara Merekam Video Call di Whatsapp dan Facebook.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar