Bagaimana Cara Belajar Mobil Manual? Apakah Sulit?





Baca Juga


Cara Belajar Mobil, Cara Belajar Mobil Manual -- Bagi Anda yang akan belajar mengendarai mobil, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah tenang karena semua prinsip dalam belajar mobil intinya sama saja. Ingat, berkendara dimana saja terutama dijalan raya Anda harus selalu menjaga kemanan baik bagi diri sendiri ataupun pengendara lainnya.

Cara Belajar Mobil Manual

Anda harus terus waspada agar pengendara lain tidak terganggu karena ulah Anda. Pastikan bahwa Anda mematuhi semua peraturan dalam berkendara yang aman dan jangan sampai ugal-ugalan. Bisa-bisa bukan Anda sendiri yang terluka dan orang lain yang jadi korbannya. Berikut adalah panduan cara belajar mobil manual yang dapat Anda ikuti.

Begini Cara Belajar Mobil Manual Agar Terhindar dari Marabahaya

Ada beberapa cara belajar mobil manual agar tidak merugikan orang lain. Cara ini semoga bisa mengurangi resiko terjadi hal yang tidak diinginkan. Percayalah bahwa Anda bisa menguasai mobil Anda hanya dalam waktu 7 hari.

Pahami Betul Fitur Mobil Anda

Menghafal adalah poin penting dalam belajar mobil manual. Anda harus segera menghafal bagian penting dari mobil Anda seperti injakan rem, gas dan kopling. Hal ini bertujuan untuk Anda agar tidak sampai salah injak yang justru membahayakan diri sendiri dan orang lain. Disisi lain Anda juga harus menghafal lokasi dari lampu sign, bel dan masih banyak lainnya. Dari itu semua, hal yang tidak kalah penting adalah Anda harus segera mempelajari bagaimana cara berpindah antara gigi mobil 1 ke lainnya. Ada 5 buah tingkatan gigi mobil dan 1 posisi netral. Belajarlah menguasainya agar belajar mobil manual Anda mudah dan cepat dipahami.

Konsentrasi Penuh

Jangan sampai Anda sudah gugup terlebih dahulu saat Anda mulai masuk di kabin dan duduk di mobil Anda. Jadi Anda harus mencoba serilex mungkin dan harus menjaga konsentrasi penuh. Anda harus tenang sehingga bisa menguasai dasar-dasar belajar mobil secara manual. Jika Anda masih belum bisa menguasai mobil Anda maka Anda harus tunggu hingga perasaan Anda tenang.

Pastikan Mobil dalam Keadaan Netral

Ini tergolong dalam proses yang mendebarkan juga. Aturlah posisi mobil dalam keadaan netral sehingga saat proses menyalakan mobil Anda tidak akan terganggu. Apabila sudah dalam keadaan netral coba nyalakan atau starter mobil Anda. Jika sudah menyala maka pikiran Anda harus lebih jeli lagi bahwa ada 3 buah pedal yang harus Anda kuasai, yaitu kanan untuk gas, kiri untuk kopling, dan tengah untuk rem.

Kopling dan Gas Harus Seimbang

Sudah lama berada di dalam mobil? Mobil Sudah Menyala? Roda gigi sudah masuk 1? Tapi mengapa mobil tidak mau jalan? Ya Anda belum menginjak pedal gas dan pedal kopling. Ingat, saat Anda mulai menginjak gas maka pedal kopling harus dilepas dengan pelan-pelan dan seimbang. Jika Anda sudah menginjak gas dan tidak seimbang saat melepas pedal kopling maka mobil akan mengeluarkan bunyi yang sangat kasar. Jadi berhati-hatilah. Bahkan, jika salah melepas pedal kopling terlebih dahulu mobil juga akan mati tiba-tiba atau bahkan bisa berjalan dengan kesendat-sendat.

Perdalam Penguasaan Rem

Menyetir mobil jangan terlalu cepat. Jika sudah terlalu cepat maka Anda harus segera bermain dengan rem. Fungsi utama rem adalah untuk mengurangi laju kendaraan Anda. Jadi kuasai betul. Anda harus bisa berpindah kaki kanan dari gas ke rem sedangkan kaki kiri biarkan berada di pedal kopling.


Latihan Mobil di Tempat yang Benar

Agar semua teori diatas bisa Anda pahami maka Anda harus segera praktek. Praktek adalah jalan tercepat untuk belajar mobil manual. Semakin sering maka Anda akan semakin lancara dalam berkendara dengan mobil. Disisi lain, Anda juga harus mempertimbangkan dimana Anda harus berlatih belajar mobil. Pilih tempat lapang yang luas yang bisa membantu Anda. Tujuannya agar Anda mudah menghafal semua hal yang sudah dijelaskan diatas. Apabila sudah dirasa cukup mahir ditempat lapang maka Anda bisa mencoba jalanan umum.

Demikianlah penjelasan mengenai cara belajar mobil manual. Semoga saja Anda bisa menguasai mobil Anda dengan cepat dan Anda tidak perlu harus kursus mengemudi. Sekian.



Disclaimer : Gambar dalam Artikel ini Terkadang Berasal dari Sumber Media Lain. Hak Cipta Sepenuhnya Dipegang oleh Sumber Tersebut. Jika ada Masalah Terkait Hal ini, Anda dapat Menghubungi Admin Disini

Subscribe to receive free email updates:


0 Response to "Bagaimana Cara Belajar Mobil Manual? Apakah Sulit?"

Post a Comment

Peraturan Dalam Berkomentar:
1. Komentar harus relevan dengan konten blog
2. Harus menggunakan bahasa yang sopan
3. Tidak boleh menyinggung SARA or Bullying.
4. Hindari komentar SPAM. Exp: Nice gan, Makasih Gan, dll
5. Tidak ada link di dalam isi komentar. Aktif maupun tidak.

Gunakanlah Sarana Publik ini dengan Bijak. Baca dan Pahami isinya baru Berkomentar. Terimakasih.