Apa Saja Ciri-Ciri Makhluk Hidup? Mari Belajar Bersama





Baca Juga


Ciri-Ciri Makhluk Hidup -- Untuk membedakan antara benda mati dengan benda hidup maka setiap benda memiliki ciri-ciri yang jelas. Dengan adanya ciri-ciri benda hidup atau makhluk hidup dan tidak hidup tersebut maka Anda bisa mengetahui seberapa banyak makhluk hidup di muka bumi ini.

Apa Saja Ciri-Ciri Makhluk Hidup?

Dalam pelajaran IPA baik SD, SMP dan SMA jelas tentu Anda mengenal berbagai macam ciri-ciri makhluk hidup. Jika Anda masih belum mengetahui apa saja tanda makhluk hidup tersebut. Silahkan simak dalam ulasan admin berikut ini. Baca juga: Cara Belajar Bahasa Inggris Sendiri dengan Cepat.

Inilah 10 Ciri-Ciri Makhluk Hidup yang Mebedakannya dengan Makhluk Tak Hidup

Adapun ciri-ciri makhluk hidup yang bisa menjadi tanda bahwa makhluk tersebut tidak mati dapat Anda baca seperti list dibawah ini.
  1. Bernafas
  2. Bergerak
  3. Peka terhadap rangsangan atau sentuhan
  4. Makan
  5. Tumbuh dan berkembang
  6. Memiliki metabolisme
  7. Mengeluarkan zat sisa
  8. Berkembang biak
  9. Bisa beradaptasi
  10. Regulasi
Itulah 10 ciri makhluk hidup. Anda jelas tentu akan paham sekali dengan semua ciri diatas. Jadi admin tidak akan menjelaskan dengan seksama hanya saja Anda bisa membaca opini admin berikut mengenai ciri-ciri makhluk hidup.

Regulasi

Setiap makhluk hidup membutuhkan regulasi untuk mengatur keserasian dalam tubuh. Keserasian ini diatur oleh hormon dan syaraf yang disebut dengan regulasi.


Bisa Beradaptasi

Makhluk hidup bisa beradaptasi maksudnya untuk mempertahankan hidupnya. Jadi apabila makhluk hidup tidak bisa beradaptasi mereka akan punah.

Berkembang biak

Demi menjaga kelangsungan hidupnya, makhluk hidup akan berkembang biak. Dalam berkembang biak makhluk hidup mempunyai dua cara yaitu secara generative atau kawain dan secara vegetative atau tidak kawin.

Eksresi

Bukan hanya menghasilkan energi saja saat terjadi metabolisme tubuh melainkan juga zat sisa. Misalnya saja keringat, urin, karbondioksida dan uap air.

Metabolisme Tubuh

Metobolisme atau reaksi-reaksi kimia dalam tubuh terjadi karena tubuh membutuhkan energi. Energi tersebut diperoleh dari penguraian dan penyusunan zat makanan.


Tumbuh dan Berkembang

Untuk mengetahui ciri makhluk hidup tumbuh dan berkembang ialah dengan melihat diri Anda sendiri. Apakah ada perbedaan saat Anda masih balita dengan sekarang? Apakah ada beda berat badan? Dan masih banyak lagi. Inilah yang dimaksud dengan ciri makhluk hidup tumbuh dan berkembang.

Makan

Makhluk hidup jelas tentu butuh makan sebagai asupan gizi. Namun sedikit berbeda antara tumbuhan, hewan dan manusia dalam memperoleh makan. Fotosintesis dipakai tumbuhan untuk menghasilkan nutrisi sedangkan manusia dan hewan mendapatkan makan dari makhluk hidup lain.


Peka Rangsangan

Tumbuhan yang berada didalam ruangan akan selalu tumbuh mengarah pada cahaya matahari. Inilah bahwa makhluk hidup peka terhadap rangsang. Tidak hanya itu, daun putri malu juga akan langsung mengatup saat Anda menyentuhnya.

Bergerak

Makhluk hidup selalu bergerak memindahkan seluruh bagian tubuhnya. Misalnya, manusia berjalan, ikan berenang dan burung terbang. Namun bagaimana dengan tumbuhan? Tumbuhan bergerak mengikuti arah datangnya sinar matahari.

Bernafas

Setiap makhluk hidup selalu bernafas guna untuk melakukan oksidasi makanan. Manusia bernafas menghirup O2 dan mengeluarkan CO2 dan H2O untuk mengoksidasi makanan berubah menjadi energi. Perlu diingat bahwa setiap makhluk hidup punya cara yang berbeda saat bernafas dan bahkan alat pernafasannya juga berbeda.

Demikianlah penjelasan mengenai ciri-ciri makhluk hidup. Semoga Anda kian paham dan jelas mengenai apa saja perbedaan makhluk hidup dan tidak hidup. Terimakasih dan semoga bermanfaat. Baca juga: Cara Belajar Gitar dengan Cepat.



Disclaimer : Gambar dalam Artikel ini Terkadang Berasal dari Sumber Media Lain. Hak Cipta Sepenuhnya Dipegang oleh Sumber Tersebut. Jika ada Masalah Terkait Hal ini, Anda dapat Menghubungi Admin Disini

Subscribe to receive free email updates:


0 Response to "Apa Saja Ciri-Ciri Makhluk Hidup? Mari Belajar Bersama"

Post a Comment

Peraturan Dalam Berkomentar:
1. Komentar harus relevan dengan konten blog
2. Harus menggunakan bahasa yang sopan
3. Tidak boleh menyinggung SARA or Bullying.
4. Hindari komentar SPAM. Exp: Nice gan, Makasih Gan, dll
5. Tidak ada link di dalam isi komentar. Aktif maupun tidak.

Gunakanlah Sarana Publik ini dengan Bijak. Baca dan Pahami isinya baru Berkomentar. Terimakasih.