--> Skip to main content

WhatsApp Status Terbaru: Apa Bedanya dengan Instagram Stories dan Snapchat Stories?

WhatsApp Status Terbaru: Apa Bedanya dengan Instagram Stories dan Snapchat Stories? -- WhatsApp telah mulai meluncurkan modifikasi fitur terbaru yang terinspirasi dari Snapchat ke pembaruan yang disebut dengan 'Status' yang memungkinkan pengguna mengeposkan Story seperti Snapchat atau Instagram sebagai status mereka di aplikasi perpesanan. Pembaruan status akan Lenyap setelah 24 jam sama persis dengan Instagram dan Snapchat.

WhatsApp Status Terbaru: Apa Bedanya dengan Instagram Stories dan Snapchat Stories?

Fitur baru dari aplikasi perpesanan milik Facebook ini merupakan tiruan dari fitur Snapchat Stories, serta Instagram Stories, yang juga diperbarui dengan fitur 'Story' pada bulan Agustus 2016 yang lalu. Bahkan, WhatsApp sekarang memungkinkan pengguna mengeposkan gambar, GIF, atau klip video sebagai pembaruan status mereka di aplikasi. Baca juga: 21 Tips dan Trik Whatsapp Terbaik untuk Android dan iOS

WhatsApp telah menyelesaikan 8 tahun di era digital dan tidak diragukan lagi , whatsapp telah menyandang aplikasi perpesanan instan paling populer di seluruh dunia dengan lebih dari satu miliar pengguna saat ini. Bahkan update status Whatsapp juga telah bersifat end-to-end yang dienkripsi jadi tidak akan sembarangan orang yang bisa menyadap whatsapp sekarang ini.

WhatsApp Status vs Snapchat Story vs Instagram Stories, Mana yang Terbaik?

Ketiga aplikasi yang sudah admin sebutkan diatas sekarang telah memiliki fitur 'Story', dan semuanya bekerja dengan cara yang sama, kecuali beberapa perbedaan kecil yang telah admin bahas di bawah ini. Untuk lebih jelasnya, silahkan baca ulasan admin berikut ini.

Jumlah Pemirsa

Whatsapp sudah memiliki lebih dari 1 milliar pengguna mengungguli Instagram yang hanya mempunyai 300 juta pengguna Instagram aktif, sedangkan Snapchat hanya sekitar 15 juta pengguna saja. Sungguh prestasi yang sangat mengesankan dari whatsapp.
  • Update status WhatsApp hanya bisa dilihat oleh kontak Anda dan Anda juga dapat memilih kontak mana yang dapat melihat update status Anda dan mana yang tidak bisa.
  • Instagram Stories dapat dilihat oleh siapa saja di aplikasi kecuali pengguna tertentu saja, setelan privasi akun Anda hanya mengizinkan pengikut Anda melakukannya. Anda juga dapat memilih untuk menyembunyikan cerita dari orang-orang tertentu dan membalas pesan balasan ke cerita Anda juga.
  • Cerita Snapchat tersedia untuk semua orang di aplikasi.
Itu perbedaan jika dilihat dari Jumlah dan Siapa Pemirsa di ketiga platform. Lantas bagaimana jika dilihat dari segi fitur editing.

Fitur Editing

Meskipun ketiga aplikasi memiliki fitur pengeditan yang hampir sama yang tersedia sebelum memposting cerita Anda, termasuk didalamnya menambahkan teks, doodle dan emoticon - ada beberapa fitur yang memisahkan ketiga aplikasi tersebut.
WhatsApp Status Terbaru: Apa Bedanya dengan Instagram Stories dan Snapchat Stories
Whatsapp / Instagram / Snapchat
  • Update status Whatsapp memiliki fitur unik memberikan caption sebelum posting dan cropping gambar sebelum ditayangkan.
  • Sementara doodling pada dua aplikasi lainnya berarti Anda bisa menggambar di atas foto menggunakan warna yang berbeda, doodling pada Instagram Stories memberi Anda pilihan seperti garis tipis, tebal dan glow untuk menggambar handsfree. Doodle hati juga tersedia di aplikasi yang memberi Anda pilihan untuk mencoret-coret dengan serangkaian hati atau hanya menempatkan satu atau dua atau sebanyak yang Anda inginkan, di suatu tempat dalam Stories.
  • Fitur pengeditan unik Snapchat adalah memungkinkan Anda memotong gambar Anda, yang ditambahkan ke galeri emotikon Anda.
Cerita Snapchat dan Instagram memiliki fitur pengeditan lain yang memungkinkan pengguna untuk bereksperimen dengan filter yang berbeda hanya dengan menggesek gambar pada mode edit. Fitur ini tidak tersedia pada update status WhatsApp. Ya ini dikenal dengan Filter face atau Filter wajah dengan gambar-gambar lucu seperti, Anjing, Koala, Putri, Kelinci dan masih banyak lagi. Tapi masalahnya, face filter di Instagram Stories tidak muncul.

Screen Camera / Updating Options

  • Selain mengklik gambar atau merekam klip video, WhatsApp juga memungkinkan Anda untuk mengunggah gambar, GIF dan klip video dari penyimpanan internal perangkat Anda. Ini merupakan fitur yang tidak dimiliki Instagram atau Snapchat.
  • Selain memasang gambar atau video langsung dari layar kamera, Instagram memungkinkan Anda menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Boomerang dan Handsfree untuk memposting cerita Anda di aplikasi.
  • Snapchat hanya memungkinkan gambar dan video ditangkap secara langsung untuk diposkan di platformnya.
Whatsapp / Instagram / Snapchat

Terlepas dari semua perbedaan ini, status WhatsApp dengan sistem keamana end-to-end yang sudah dienkripsi akan menambahkan lapisan keamanan ekstra. Jadi pembaharuan whatsapp status ini terbilang cukup unggul jika dibandingkan dengan keduanya.

Facebook dan perusahaan yang dimilikinya, yaitu Instagram dan WhatsApp telah mengkloning fitur populer Snapchat dalam upaya untuk mendapatkan monopoli atas ekosfer jejaring sosial. Dengan basis pengguna yang besar di jejaring sosial serta aplikasi berbagi foto dan perpesanannya, peluang Snapchat akan umur panjang di dunia digital terlihat semakin redup.

Demikianlah informasi singkat mengenai whatsapp status terbaru, Apa bedanya dengan Instagram Stories dan Snapchat Stories? Sekian. Baca juga: Cara Mengirim Foto Full Resolution di Whatsapp
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar