--> Skip to main content

Cara Menonaktifkan Autocorrect di iOS (iPhone dan iPad)

Cara Menonaktifkan Autocorrect di iOS -- Oh, autocorrect! Terkadang Anda sangat bingung. Anda melihat kata "Brain" dan Anda inginnya menulis kata "Brian." Anda langsung mengganti huruf dan mengubah hal aneh tersebut dengan kata-kata yang benar. Inilah yang disebut dengan Auto-Correction.

Cara Menonaktifkan Autocorrect di iOS

Contoh lain dari adanya Auto-correction ini misalnya adalah Anda mau menulis kata "Missy" menjadi "Mossy," atau "so" menjadi "do," atau "well" menjadi "we'll"? Apakah Anda tahu mengapa ini terjadi? Sebagian besar kesalahan autocorrect itu lucu, seperti Mad Lib digital. Tapi terkadang kita mengirim pesan tanpa menyadari betapa memalukannya pesan-pesan tersebut gara-gara ulah autocorrect.

Oleh karena itu, untuk mengatasi autocorrect yang selalu mengganggu dalam menulis perpesanan. Kini Di perangkat iOS Anda sudah ada cara menonaktifkan fitur Autocorrect agar tulisan pesan Anda benar-benar tidak memalukan. Lagi pula, iPhone dan iPad Anda mencoba untuk belajar dari Anda. Ada beberapa taktik yang bisa Anda gunakan untuk mencegah kesalahpahaman tersebut dan semoga saja trik berikut ini dapat membantu Anda.

Cara Menonaktifkan Fitur Autocorrect di iOS

Berikut adalah cara-cara yang dapat Anda ambil untuk menonaktifkan autocorrect agar pesan yang Anda tulis menjadi benar dan tidak memalukan saat dikirim kepada penerima pesan.

Matikan Autocorrect

Ya, Anda dapat mematikannya. Autocorrect mungkin tampak seperti fixture permanen, namun sebenarnya Anda dapat menonaktifkannya kapan pun Anda mau. Tidak ada lagi dugaan yang buruk. Tidak ada lagi miskomunikasi yang aneh. Anda cukup mengetikkan apa yang Anda maksud, kata demi kata dan jika ada yang salah eja, rubah saja sesuka Anda. Cukup ketuk Settings >> General >> Keyboard, lalu matikan Auto-Correction ke Off. Ikuti langkah yang sama untuk mengaktifkannya kembali jika Anda memerlukannya lagi.

Setel Ulang Kamus Keyboard Anda

Jauh di dalam telepon Anda, ada kamus mungil, database verbal yang menentukan apakah kata-kata Anda dieja dengan benar atau tidak. Semua yang Anda ketik dicek ulang oleh daftar ini. Tapi semakin Anda menggunakan telepon Anda secara berlebihan, maka Anda semakin mungkin secara tidak sengaja menyimpan kata-kata yang tidak benar ke kamus. Seiring berjalannya waktu, kesalahan ejaan ini bisa bertambah, yang berarti semakin banyak pula kejengkelan Anda nantinya saat menulis pesan.

Untungnya, Anda sebenarnya bisa "reboot" kamus keyboard Anda. Cukup masuk ke Settings >> General >> Reset, lalu Reset Keyboard Dictionary. Setelah Anda melakukan ini, kamus Anda menjadi papan tulis bersih, sama seperti saat Anda membeli telepon Anda. Sekarang Anda dapat memulai untuk mengecek autocorrect untuk menanggapi preferensi Anda, dan semua kata yang salah eja akan secara ajaib telah dihapus.

Benai Autocorrect Sebisa Anda Sendiri

Bila Anda salah mengeja kata di iOS, autocorrect biasanya akan masuk dengan ejaan yang benar. Hal ini juga dapat mengisi kata-kata yang dikenali sebelum Anda benar-benar mengetiknya. Tekan saja spasi atau ketuk jari Anda pada kata untuk menerima saran autocorrect.

Tapi ini juga dapat membuat Anda frustrasi. Anda mungkin pernah melakukan ini seribu kali: iOS menebak kata yang salah berulang-ulang. Pada saat Anda mengetik kata "marginal", iOS sudah bisa menebak “My,” “Maybe,” “Man,” “Mary,” “Maria,” “Math,” “Marge,” “Margi,” “Margo,” “Margin,” “Margins,” “Marginally” dan “Marginalized.” Jika Anda memilih salah satu tebakan ini secara tidak sengaja, Anda harus menghapus huruf tersebut dan kembali ke kata sebelumnya.

Sementara itu, iOS mungkin mengira itu menebak dengan benar, terutama jika Anda secara tidak sengaja menekan spasi. Hal ini akan menyebabkan autocorrect belajar dari kesalahan yang Anda lakukan yang dapat menyebabkan masalah di kemudian hari.

Untuk mengatasi hal ini, mulailah mengetik kata-kata Anda, dan saat autocorrect memberikan saran kata yang salah segera ketuk X dalam kotak autocorrect dan akhirnya pembenahan ini kan merubah sarannya. Ini memang akan memperlambat Anda pada awalnya, tapi iOS akan mempelajari preferensi Anda dengan sangat cepat dan akan berhenti menyarankannya di kemudian hari.

Mengganti teks

Jika Anda merasa ambisius, Anda dapat memrogram telepon Anda untuk mengganti satu frase dengan kata lain. Cara pintas ini bisa sangat berguna dan menghemat banyak waktu dalam mengetik.

Contohnya adalah saat Anda ingin mengatakan, "On My Way" tapi Anda mengetikkan "OMW." Dengan satu trik kecil, telepon Anda dapat secara otomatis mengubah "OMW" menjadi "On My Way." Atau Anda bisa mengubah "BRB" menjadi "Be Right Back", atau "1234" menjadi "Four Score and Seven Years Ago.". Jadi Anda dapat mengganti teks sesuai dengan apa yang Anda rasakan.

Oleh karena itu, Masuk ke Settings >> General >> Keyboard >> Text Replacement >> Ketuk tanda +. Di sini, Anda menambahkan kalimat lengkap ke kolom Frasa - contohnya adalah, "On My Way." Di bidang Shortcut, Anda tuliskan "OMW."

Tapi ada efek lain jika Anda membiarkan bidang Shortcut kosong, autocorrect akan berhenti mencoba memperbaiki ejaan kata atau frase tersebut. Mulai sekarang, Anda bisa mengetikkan kata itu dan secara teoritis autocorrect akan mengabaikannya.

Matikan Prediksi Teks

Saat Anda mengetik, Anda akan melihat kata-kata yang muncul di antara keyboard dan teks. Fitur ini disebut "predictive text", karena ponsel Anda mencoba menebak kata berikutnya yang ingin Anda ketik. Karena telepon Anda belajar dari kosa kata Anda, teks prediktif harus menjadi lebih akurat seiring berjalannya waktu.

Tapi sebaliknya juga benar, jika Anda membuat kesalahan, teks prediktif mulai menebak kata yang salah, karena Anda menggunakan data yang salah untuk mengantisipasi pilihan kata yang Anda masukkan.

Satu hal yang menyenangkan tentang teks prediktif adalah Anda dapat dengan mudah beralih saat mengetik untuk menyalakan dan mematikannya. Begini caranya, buka aplikasi Messenger, tekan dan tahan tombol keyboard (di mana Anda mengaktifkan emulator Anda) dan toggle on (atau off) pada opsi "Prediktive". Sebagai alternatif, di iOS 10, masuk ke Settings >> General >> Keyboard >> lalu matikan opsi "Prediktive" ke Off.

Nah demikianlah Cara Menonaktifkan Autocorrect di iOS. Semoga dengan cara ini maka teks yang Anda tulis tidak lagi salah dan memalukan. Semoga bermanfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar