--> Skip to main content

Cara Membuat Nomor Halaman di Microsoft Word 2007

Cara Membuat Nomor Halaman di Microsoft Word 2007 -- Didalam pengerjaan sebuah lembar dokumen Microsoft Word akan sangat indah jika disertai dengan nomor halaman agar lebih mudah menatanya saat menginjak proses percetakan. Untuk melakukan penomoran pada dokumen word sangatlah mudah. Anda hanya harus masuk dalam Format Page Number.

Dalam melakukan penomoran dalam dokumen word sejatinya ada dua tipe, yaitu Page Breaks dan Section Breaks. Dua jenis model penomoran word ini sangatlah berbeda fungsinya. Oleh karena itu, pelajarilah dengan betul-betul. Baca juga: Cara Membuat Kolom di Ms. Word 2007

Begini Cara Membuat Nomor Halaman di Microsoft Word 2007

Untuk melakukan tutorial kali ini akan lebih baik jika Anda langsung mempraktekkannya di dokumen yang Anda buka. Jika sudah ikuti langkah-langkah berikut ini.
  • Buka tab Ribbon Insert
  • Arahkan kursor pada area Header dan Footer lalu pilih Page Number kemudian Format page numbers.
Cara Membuat Nomor Halaman di Microsoft Word 2007
  • Disini Anda akan diberikan sebuah pilihan untuk meletakkan page number yang dimau. Bisa di bawah (tengah, kanan, kiri) dan juga bisa di atas (kanan, kiri, tengah). Dua sisanya yaitu page margin dan current position abaikan saja.
  • Jika sudah dipilih modelnya, langsung tekan saja pada bagiannya. Maka nomor halaman akan terbentuk.
  • Untuk menata dari mana nomer halaman di mulai. Silahkan masuk pada Format Page Numbers.
Cara Membuat Nomor Halaman di Microsoft Word 2007
  • Klik bagian Start At dan ketik nomor halaman awal di dalam kotak untuk memulai dari mana nomer halaman dimulai.
  • Jangan lupa klik Ok untuk mengakhiri penomoran dalam Microsoft Word 2007 Anda.
Sejatinya sampai disini penomoran word 2007 sudah selesai. Anda dapat mengatur penomoran yang lain dengan menggunakan section breaks dan page breaks. Artinya, penomoran word Anda akan mengalami pemotongan dan akan dimulai dengan format yang baru. Misalnya saja halaman 20 berada di pojok kanan atas lembar dokumen dan Anda menginginkan halaman 21 berada di bawah ataupun berganti section maka langkah yang dapat Anda tempuh adalah:
  • Masuk pada tab Lay Out
  • Klik bagian Page Set Up
  • Pilih Breaks
  • Disini ada beberapa menu breaks, yaitu Break untuk Next Page, Continuous, Even Page atau Odd Page. Silahkan tentukan. Next Page berarti halaman akan muncul pada laman berikutnya. Continuous berarti segera setelah halaman sebelumnya selesai. Even dan Odd Page berarti di halaman genap dan ganjil berikutnya.
Demikianlah Cara Membuat Nomor Halaman di Word 2007. Semoga bermanfaat. Baca juga: Cara Membuat Kurva di Ms. Word 2007
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar