--> Skip to main content

Contoh Kalimat Simple Present Positive Negative dan Interogative

Contoh Kalimat Simple Present Positive Negative dan Interogative -- Hmhm sudah lama nih admin tidak membahas artikel tentang pendidikan. Oke... untuk membayar kangen Anda semua mari hari ini kita belajar tentang contoh-contoh kalimat simple present tense. Tidak hanya contoh kalimat umumnya saja. Tapi hari ini admin akan menjelaskan lebih banyak lagi yaitu kalimat simple present tense positive negative dan interogative. Hmhm ada yang tahu apa maksud dari kata tersebut? Jika dalam bahasa Indonesia artinya adalah kalimat present tense positif negatif dan tanya. Mengapa kita perlu tahu dan memahaminya? Yap jelas saja untuk menambah wawasan Anda untuk belajar variasi kalimat yang dapat Anda pakai dalam menulis kalimat bahasa Inggris.

Contoh Kalimat Simple Present Positive Negative dan Interogative

Oh iya... sampai lupa? Ada yang tahu apa pengertian simple present tense? Jika tidak tahu admin jelaskan. Simple present tense adalah bentuk kata kerja yang dipakai untuk menyatakan fakta, kebiasaan, atau kejadian yang terjadi secara terus menerus dan diulang-ulang. Tenses ini merupakan tenses yang paling mudah untuk dipelajari karena merupakan dasar dalam belajar grammar bahasa inggris.

Cara termudah untuk belajar grammar simple present tense ini adalah Anda harus hafal siapa saja subyeknya. Kemudian tinggal mengikutkan kata kerja pertamanya (verb 1 atau verb 1 yang ditambah dengan s/es). Untuk memudahkan dalam belajar tenses biasanya dibubuhi dengan keterangan always, usually, everyday dan often, etc. Sebelumnya yuk mari mengingat kembali formula untuk belajar simple present tense. Baca juga: Belajar Grammar Simple Present Perfect


Cara Mudah Belajar Simple Present Tense

Untuk menulis kalimat dengan tenses ini ada tiga hal penting yang harus dipahami. Apa saja?

  1. Untuk Kalimat Positive: S + V1 s/es + Obj + Ket
  2. Untuk Kalimat Negative : S + Do/Does + not + V1 + Obj + Ket
  3. Untuk Kalimat Tanya : Do/Does + S + V1 + Obj + Ket + ?
Pada dasarnya, semua formula diatas sangatlah mudah untuk dihafalkan hanya saja Anda harus hafal subjek yang dipakai dalam kalimat. Jika memakai subjek orang pertama tunggal (I), orang kedua (You), dan orang ketiga tunggal (We) dan Jamak (They) Anda tidak perlu menambahkan s/es untuk kata kerjanya jika dalam kalimat positif. Jika menggunakan subjek orang ketiga tunggal (he, she dan it) maka kata kerja yang dipakai harus ditambah dengan s/es.

Untuk kalimat negative, tenses ini membutuhkan kata kerja bantu untuk membuatnya menjadi bermakna. Kata kerja bantu yang dimaksud adalah do/does. Kata kerja bantu do dipakai untuk subjek orang pertama tunggal, orang kedua, dan orang ketiga baik tunggal ataupun jamak. Disisi lain, kata kerja bantu does dipakai jika subjek yang dipakai adalah orang ketiga tunggal. Dan setelahnya kata kerja yang berakhiran s/es harus segera dikembalikan kedalam bentuk awalnya.

Sedangkan untuk kalimat tanya, Anda hanya tinggal memutar posisi kata kerja bantu dan hukum yang dipakai sama dengan di kalimat negatifnya.

Contoh Kalimat Simple Present Tense Positif Negatif dan Tanya

Berikut adalah contoh-contoh kalimat dalam simple present tense.

Kalimat Positif Simple Present Tense

  1. I read book everyday
  2. Samsul needs much money every month.
  3. The Earth is round
  4. Samsu, Budi and I swim in the GPI Kediri every week
  5. Mahira eats banana twice a day.
  6. The sun rises in the east and sets in the west

Kalimat Negatif Simple Present Tense

  1. I do not read book everyday.
  2. Samsul does not need much money every month.
  3. The Earth is not round.
  4. Samsu, Budi and I do not swim in the GPI Kediri every week.
  5. Mahira does not eat banana twice a day.
  6. The sun does not rise in the east and set in the west.

Kalimat Tanya Simple Present Tense

  1. Do you read book everyday?
  2. Does Samsul need much money every month?
  3. Is the Earth round?
  4. Do Samsu, Budi and You swim in the GPI Kediri every week?
  5. Does Mahira eat banana twice a day?
  6. Does the sun rise in the east and set in the west?
Hmhm mudah sekali bukan dalam belajar simple present. Baik membuat kalimat positif, negatif dan tanya sama mudahnya. Namun perlu Anda ketahui ada sedikit beda jika menggunakan kalimat verbal dan kalimat non-verbal. Tentu Anda sudah tahu apa maksudnya kan? Semoga bermanfaat. Baca juga: Belajar Grammar Simple Present Continuous
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar