--> Skip to main content

Cara Cek Artikel Blog dengan Copyscape Anti Plagiarisme

Cara Cek Artikel Blog dengan Copyscape Anti Plagiarisme -- Alhamdulillah selamat pagi sobat blogger dimanapun berada kita bertemu kembali di blog admin SEO Anyaran. Kali ini admin ingin menjelaskan tentang bagaimana cara mengecek artikel blog kita lolos copypaste atau tidak. Yap kali ini kita akan memakai website Copyscape untuk mengetes artikel yang sudah ditulis lolos dari plagiarisme atau belum.

Copyscape.com adalah sebuah website penyedia jasa bagi pengguna internet untuk mengecek apakah tulisan yang dibuat dalam sebuah postingan blog merupakan bajakan dari orang lain atau bahkan artikel milik kita yang justru dibajak oleh orang lain. Dalam membantu mengecek sebuah artikel atau blog, copyscape.com memberikan dua buah layanan. Yang pertama layanan berbayar atau premium akses. Sedangkan yang kedua adalah layanan free atau gratis. Dari jenis layanan tersebut sudah tentu kalau kedua layanan ini memiliki kriteria yang berbeda dalam melayani pengguna jasanya.

Untuk layanan berbayar atau paid access, sobat blogger semua diberikan kemudahan dalam mencari jumlah artikel yang sama dengan blog/website sobat. Jadi dengan layanan ini sobat akan mengetahui berapa jumlah web/blog atau jumlah artikel yang sama dengan milik sobat sendiri. Sobat mau mencoba? Langsung saja ke TKP berapa biayanya.

Untuk layanan gratis, sobat blogger hanya diberikan untuk mengecek artikel sejumlah 45 saja. Dan website copyscape akan menampilkan kurang lebih 10 artikel saja yang sama dengan milik sobat. Gimana sobat mau pilih layanan yang mana? Kalau admin sendiri sih pilih layanan gratis saja. wkwkwkw Maklum dompet masih mangap.


Oleh karena hal diatas, ini admin kasih tahu bagaimana cara menggunakan copyscape.com dengan menggunakan layanan gratisnya. Baca dengan betul-betul ya...


Cara Cek Tulisan Artikel Blog dengan Copyscape

Berikut ini adalah tata cara mengecek sebuah tulisan artikel dengan menggunakan copyscape.com. Admin memakai SS dari blog admin sendiri biar lebih jelasnya.

1. Kunjungi laman copyscape.com
2. Lihat laman awal dari beranda copyscape berikut ini.
Cara cek tulisan dengan Copyscape

3. Ketikkan atau bisa copy artikel yang ingin sobat cek.
4. Jika sudah dimasukkan maka klik tulisan "Go" warna biru disebelah kanan dari form URL tadi. Maka sobat akan diarah ke result seperti berikut ini.

Cara cek tulisan dengan Copyscape

5. Alhamdulillah, perhatikan pada gambar yang saya kasih tanda merah. Pertama, pojok kiri atas. Ada tulisan "No result". Artinya tidak ada web atau blog yang sama artikelnya dengan punya admin ini. Namun sebaliknya, apabila ada kata "5 results" artinya ditemukan 5 buah web/blog yang memiliki sama artikelnya dengan milik sobat. Jadi gunakan dengan bijak.

Cara Memasang Banner Copyscape

6. Bila sobat menginginkan proteksi lebih dari copyscape.com. Sobat dapat mendapatkan free banner dari jasa tersebut. Caranya, perhatikan warna merah bagian kanan gambar admin silahkan klik maka akan mengarah ke berbagai macam banner yang dapat sobat ambil. Hasilnya seperti berikut ini.

Cara memasang banner copyscape

7. Perhatikan gambar banner tersebut, coba klik salah satu untuk mendapatkan kode HTMLnya dan kemudian pasang di blog sobat. Lihat gambar berikut ini.


8. Dari gambar, copy dan pastekan kode HTML tersebut diblog sobat. Caranya, buka blog sobat. Masuk ke lay out atau kalau dalam bahasa Indonesia Tata Letak. Kemudian Add widget/Tambahkan widget. Pilih HTML/Javascript. Jika sudah kebuka paste kode HTML tersebut. Klik Simpan. Jika sudah keluar dari widget. Jangan lupa klik simpan lagi di pojok kanan atas biar apa yang sudah sobat tambahkan bisa kesimpan.


Nah demikianlah paparan singkat dari admin tentang Cara cek artikel dengan menggunakan copyscape lengkap dengan tambahan cara memasangkan banner copyscape untuk melindungi blog sobat dari ancaman copypaste dari blogger yang lain.

Semoga bermanfaat artikel ini. Jangan lupa kritik dan sarannya. Salam Blogging.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar