--> Skip to main content

WH Questions dan Berbagai Jenis Pertanyaannya

Bos Informasi -- Selamat pagi menjelang siang sob. Bagaimana kabar hari ini? Semoga sehat dan masih tetap bahagia. Di pagi menjelang siang ini mimin SEO Anyaran akan menjelaskan tentang WH-Questions dan Contoh Pertanyaannya. Materi ini untuk menyambung artikel mimin yang sebelumnya yaitu mengenai English Program For MTs N Kandat, Kediri. Kenapa mimin kok berseri untuk mempublish artikelnya? Ya karena mimin ingin mempermudah murid mimin kalau mencari materi yang mimin jelaskan didalam kelas. Mimin berharap mereka dapat membaca artikel mimin ini dan mempelajarinya setiap hari. Ok... Langsung saja kita bahas tentang materi tentang WH-Questions dan Contoh Pertanyaannya.

WH-Questions dan Contohnya

Sebenarnya dalam bahasa Inggris kita mengenal ada 2 macam pertanyaan. Yang pertama adalah WH-Questions dan yang kedua adalah Yes/No Question. Yang Yes/No questions jawabannya tidak terlalu dalam dan tidak terlalu panjang. Lha kan pertanyaannya saja menanyakan Ya atau tidak. So ostosmastis ya jawabannya hanya 2. Kalau tidak YES ya NO... Bener gag sob? heheh Maka dari situ fokus mimin kali ini hanya tentang WH-Questions. WH-Questions ini biasanya digunakan untuk menanyakan sebuah informasi. Baik dari teks atau diluar teks yang membutuhkan critical thinking.

WH-questions

Jika diliat dari susunannya, WH-Questions ini terdiri dari 2 huruf alphabet yaitu W dan H. Apa sih min kok W dan H? Yuk mari belajar dengan mimin.
  1. W yang pertama adalah What (Apa)
  2. W yang kedua adalah When (Kapan)
  3. W yang ketiga adalah Where (Dimana)
  4. W yang keempat adalah Who (Siapa)
  5. W yang kelima adalah Why (Mengapa)
  6. H yang terkahir ini adalah How (Bagaimana)
Nah, berangkat dari situ nama lain dari WH-Questions adalah 5W + H Questions. Inilah yang sering kita tahu dalam Bahasa Indonesia ataupun Bahasa Inggris. Itulah rumus atau formula untuk menanyakan informasi rinci dalam sebuah teks atau cerita. Ya kita mengenalnya dengan sebutan Lima W plus Satu H. Untuk memulai menanyakan informasi rinci sebuah teks biasanya kita dapat menanyakan tentang Apa, Kapan, Dimana, Siapa, Mengapa dan Bagaimana. Bener gag sob?

Oke kalau sudah paham tentang WH-Questions itu apa? Saatnya belajar dengan mimin tentang bagaimana cara membuat pertanyaannya. Silahkan liat pada contoh mimin dibawah ini.

Contoh WH-Questions

Sobat sudah tahu tentang definisi atau sebutan lain dari WH-Questions. Kalau begitu mari memahami pertanyaan yang mungkin terjadi dari formula diatas. Contoh:
  1. What is your language? (Apa bahasamu?)
  2. When was you born? (Kapan kamu dilahirkan?)
  3. Where was you born? (Dimana kamu dilahirkan?)
  4. Who is your mother? (Siapa ibumu?)
  5. Why is your coming here? (Mengapa kamu datang kemari?)
  6. How can you come here? (Bagaimana kamu datang kemari?)
Diatas ini adalah beberapa contoh yang sering kita temui dalam pertanyaan-pertanyaan sehari-hari. Mulai dari pertanyaan yang simple hingga pertanyaan yang rumit. Nah... apakah tidak ada pertanyaan lain yang menggunakan WH-Questions yang lain min? Tunggu dulu... ternyata setelah mimin menelusuri beberapa artikel masih ada lagi yang menggunakan pertanyaan W yang lain. Apa saja itu min? Mari lihat contoh dibawah ini ya... Agar lebih broadly lagi wawasan kita mengenai WH-Questions.

WH-Questions dan Berbagai Jenis Contoh dan Pertanyaannya

Mari memperkuat materi sebelumnya. Materi yang ada diatas sebelum menginjak materi ini. Mimin hanya menambahkan penguatan saja tentang WH-Questions kali ini. Ikuti ya... Ini adalah contoh pertanyaan dan jawabannya. Jadi jangan sampai bingung ya... hehe

  1. Who is that? That is Jono
  2. Where do you live? I live in Maroko
  3. When will you arrive? I will arrive at 07.00 tomorrow morning.
  4. What is your name? My name is Ryan
  5. Why do you love me? Because I think you need me to be yours.
  6. How do you go here? I go here by Train.
  7. Which one is better? Red or Blue? I don't know but red is perfect.
  8. Whose is this motorcycle? This motorcycle is belongs to Rudi.
  9. What time is it? It is 11.18 AM
  10. What are you doing? I am swimming
  11. How old are you? I am 17 years old.
  12. How many people at the avenue? It's about 100 people.
  13. How much it cost? The cost is about a millions dollar.
  14. How far is your home? It's 2 Km far.
  15. How long have you been here? It's about 5 years.
  16. How often you go to Malang? Once in two weeks.
Catatan: Untuk soal nomor 7 itu untuk menanyakan "yang mana". Soal nomor 8 untuk menanyakan "kepemilikan". Soal nomor 12 digunakan apabila sesuatu itu dapat dihitung dengan jelas. Sedangkan yang soal nomor 13 digunakan apabila sesuatu tidak dapat dihitung dengan pasti.

Nah begitulah sob untuk materi kali ini. Sedikit namun semoga berarti bagi murid-murid mimin nantinya. Semoga mereka menjadi penerus bangsa yang berwibawa dan bijaksana menyikapi banyak hal. Amin.

Oh iya... pesan mimin hari ini adalah contek mencontek harus sedikit demi sedikit dikurangi. Apapun pekerjaan siswa jangan pernah disepelekan. Hargai usahanya... berikan applause kepada setiap hasil karyanya. Entah mendapat 100 atau tidak. Itulah kerja kerasnya. Guru harus mengarahkannya bukan memarahinya. Senyum Sapa Salam harus diajarkan pula oleh seorang guru kepada peserta didik. Bukan kasar dan semena-mena bahwa guru yang selalu benar. Murid jauh lebih pintar daripada Guru. Mereka punya sesuatu yang Guru tidak miliki. Contohnya saja, Murid lebih jago mengoperasikan komputer dari pada Gurunya, betul atau tidak? Yang ada Guru yang sudah berumur selalu beralasan ketika harus mengerjakan sesuatu. Mereka cenderung malas dan meminta bantuan kepada yang lebih muda. Hayooo... Gag usah malulah???

Semoga bermanfaat materi kali ini tentang WH-Questionsnya... Ketemu lain hari ya sob? Assalamu'alaikum...
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar