--> Skip to main content

Mengais Dollar dari Admob, Apa Sih Admob?

Diartikel-artikel sebelumnya mimin sudah mengenalkan berbagai produk google yang sangat berpotensi menghasilkan ratusan bahkan jutaan dollar perbulan. Mulai dari Google Adsense dan Google adwords. Kini mimin akan menjelaskan satu produk google lagi yang sangat berpotensi menghasilkan ratusan juta dollar. Hari ini mimin akan menjelaskan tentang Google Admob.

Definisi Admob

AdMob adalah platform iklan seluler yang menawarkan layanan untuk pengiklan, penayang, biro iklan, dan pengembang aplikasi. Laman ini membahas kebijakan yang khusus berlaku bagi pengiklan yang ingin beriklan di platform AdMob. Iklan AdMob harus mematuhi kebijakan yang diuraikan dalam Kebijakan Periklanan Google.


Google admob

1. Sejarah Admob

Admob merupakan salah satu perusahaan advertising berbasis mobile (Handphone) terbesar didunia yang di miliki perusahaan Google. Pada awalnya, Admob didirikan oleh Omar Hamoui. Hamoui mendirikan admob pada tahun 2006 di San Mateo, California. Sejak awal kemunculannya perusahaan Admob mendapat respon luar biasa dari para advertising yang ingin bekerja sama. Admob menawarkan solusi iklan untuk platform Android, IOS, Flash Lite dan semua mobile browser web standar. Admob menjadi perusahaan besar iklan mobile dengan klaim melayani 40 miliar banner  mobile dan iklan teks perbulan di seluruh situs web mobile dan juga aplikasi-aplikasi android.

Pada tahun 2009 tepatnya bulan November, Admob resmi diakuisisi Google dengan nilai mencapai 750 juta dollar Amerika. Sebenarnya perusahaan Apple juga tertarik untuk mengakuisisi Admob, namun Apple kalah penawaran dengan Google. Akuisisi oleh Google sendiri selesai pada tahun 2010. Sebelum diakuisisi Google, Admob tela mengakuisisi Adwhirl merupakan perusahaan iklan mobile yang melayani platform IOS.

2. Peluang

Jika melihat pengguna internet  memakai smartphone semakin hari semakin meningkat, peluang mendapatkan passive income dari Admob bukan hal yang mustahil. Hal ini bisa dilihat pertumbuhan pengguna smartphone semakin tinggi. Kinerja admob juga berbeda dengan Adsense, jika Adsense berbasis konten blog, Admob berbasis konten aplikasi mobile. Tentunya sangat menguntungkan bagi Anda yang ingin mendapatkan penghasilan dari Admob . Dan yang pasti Anda harus menyediakan aplikasi-aplikasi baik yang Android, IOS maupun lainnya.

Bagi yang serius ingin mendalami tentang Admob, tidak banyak yang perlu di persiapkan. Beberapa diantaranya seperti menyiapkan aplikasi Android,mendaftar akun Admob dan mendaftar developer di Google Play store. Permasalahan yang sering dihadapi para pengembang aplikasi android adalah saat mendaftar developer. Nanti saya menulis artikel terpisah terkait hal ini.

3. Apa yang mudah?

Mendaftar Admob sangat mudah jika dibandingkan mendaftar Google adsense. Anda hanya menyiapkan akun gmail baru dan kemudian langsung mendaftar Google Admob. Apabila Anda sudah mempunyai akun Google Adsense yang sudah full approve, bisa langsung mendaftar Google Admob dan nantinya anda tidak perlu lagi untuk memverifikasi PIN saat ambang 10 dollar pertama.

Jika Anda sudah siap, segera daftarkan email di Admob untuk mendapatkan akun aktif. Pendaftarannya sangat mudah, silahkan membuka situs resmi di Admob.com.

Belajar Admob tidak sulit dan susah seperti belajar Adsense. Admob tidak mengenal SEO, link building, atau lainnya. Hanya perlu melakukan strategi promosi agar aplikasi Android banyak yang mendownloadnya.

4. Apa yang Sulit

Tidak semuanya menjadi mudah jika Anda baru pertama kali belajar hal baru. Kebutuhan biaya yang memadai sangat di butuhkan utuk keperluan seperti mendaftar developer di Google play store sebesar 350 ribu Rupiah. Keperluan lainnya seperti membeli software yang akan digunakan untuk membuat aplikasi Android secara instan dan cepat.  Harga software pun bervariasi antara 1 sampai 8 juta rupiah untuk pemakaiaan life time.

Bagi Anda yang ingin tantangan membuat aplikasi Android secara manual , silahkan Anda mengunjungi dan mempelajari di App Inventor, Eclipse atau yang lainnya. Saya sendiri tidak ingin pusing dan lebih santai dengan menggunakan software.

5. Perencanaan

Poin-poin perencanaannya seperti berikut ini:
  • Daftarkan email ke Admob
  • Menyiapkan dana
  • Tentukan jenis aplikasi apa yang akan dibuat baik berbentuk ebook, buku saku, game dan lain-lain. Pada poin ini bangun strategi awal terlebih dahulu.
  • Daftar developer di Play store Google.
  • Publish aplikasi di Play store Google.
  • Promosikan aplikasi
Terima kasih sudah berkunjung, begitulah tentang sedikit pengertian Admob. Anda tertarik? Silahkan baca-baca artikel lebih banyak lagi mengenai admob. Terimakasih
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar