--> Skip to main content

Belajar Grammar - Present Perfect Tenses

Bos Informasi -- Selamat pagi sobat dumai dimanapun berada. Mari pagi ini kita panjatkan puji syukur atas nikmat dan hidayah dari Allah SWT. Karena dengan semua kelebihan nikmat yang tiada tara ini, mimin SEO Anyaran dapat menyapa kalian kembali dengan keadaan sehat wal'afiat. Amin. Pagi ini mimin akan menyambung materi mimin untuk siswa-siswi mimin di MTsN Kandat Kediri khususnya untuk yang mengikuti English Program for MTsN Kandat 2015/2016. Menyambung pada artikel mimin sebelumnya, kali ini mimin akan menerangkan tentang Belajar Grammar yang kedua yakni tentang Present Perfect Tense. Yuk mulai belajar dengan mimin...


Present Perfect Tense

Tapi sebelumnya sobat harus tahu kalau bahasa Inggris itu mudah. Jangan pernah bersugesti kalau Bahasa Inggris sulit. Karena ketika kita bilang sulit maka semua akan berubah menjadi susah. So, let's have fun with mimin SEO Anyaran. Baca juga: Contoh Kalimat Simple Present Tense Positif Negatif dan Tanya

Pengertian Present Perfect Tense

Present Perfect Tense adalah tenses yang terdiri dari present tense dan perfect tense. Tipe tenses ini digunakan untuk menggambarkan aktivitas dimasa lampau namun dampaknya masih sangat terasa hingga sekarang. Tenses ini dapat pula diartikan sebagai bentuk perubahan kata kerja yang dipakai untuk menyatakan sebuah tindakan dimasa lalu dan berlanjut hingga sekarang atau telah berhenti pada waktu tertentu dimasa lalu namun effectnya masih sampai sekarang.

Rumus Present Perfect Tense

Present Perfect Tense terbentuk dari auxilary verb 'have' dan 'has', dan past participle/verb-3 (kata kerja bentuk lampau ke-3). Yang perlu dipahami adalah penggunaan auxiliary verb untuk tunggal dan jamak. Kenapa? Karena ada perbedaannya. Apa sih perbedaanya? Mari belajar dengan mimin. Perhatikan 3 hal dibawah ini ya..

1. Penggunaan Auxiliary Verb "Have"

Auxiliary verb "Have" dipakai untuk bentuk tunggal: Jika subyek yang dipakai dalam membuat kalimat adalah tunggal/jamak (pertama tunggal/ketiga jamak) seperti halnya I, you, they we i.e I have eaten some noodles, you have gone to Surabaya, or we have eaten some vegetables.

2. Penggunaan Auxiliary Verb "Has"

Auxiliary verb "Has" dipakai untuk membuat kalimat jika subyeknya berupa orang ketiga tunggal / third person singular i.e he, she, and it. Contoh: He has read the book and she has left. 

3. Past Participle Verb III

Dalam hal ini kata kerja bentuk tiga terbagi menjadi 2, yaitu regular dan irregular verb. Contohnya:
  • Regular verb: walk = walked; talk = talked
  • Irregular verb: leave = left; speak = spoken
Nah kalau sudah paham dengan ketiga hal diatas saatnya belajar formulanya. Lihat bawah ini ya...

Formula Present Perfect Tense

Berikut ini adalah rumus / formula present perfect tense yang digunakan untuk membuat kalimat positif, negatif dan interogatif.

1. Kalimat Positif
Rumus: S + aux. verb(have/has) + V-3/past participle
Contoh : He has gone to Malang

2. Kalimat Negatif
Rumus: S + aux. verb(have/has) + not + V-3/past participle
Contoh: He has not gone to Malang

3. Kalimat Interogatif
Rumus: aux. verb(have/has) + S + V-3/past participle+ ?
Contoh: Has he gone to Malang?

Fungsi dan Contoh Kalimat Present Perfect Tense

Setelah belajar mengenai tentang pengertian dan formula untuk present perfect tense maka kali ini kita akan belajar mengenai fungsi dan contoh kalimat present perfect tense.
  1. Untuk menyatakan kejadian di masa lalu tanpa perduli kapan tepatnya terjadi i.e I have left.
  2. Untuk menyatakan kegiatan yang terjadi berulang kali di waktu yang lampau i.e I have called you twice.
  3. Untuk menyatakan tindakan yang dimulai pada waktu yang lampau namun masih sampai sekarang dilakukan i.e He has lived in Caracas since March and My sister has worked up to now
  4. Untuk menyatakan tindakan atau event yang baru saja terjadi i.e She has just sent you a message or The rain just stopped

Sebelum berpisah, ada yang mau belajar test tentang present perfect tenses dulu, ikut testnya dibawah ini ya...

Gimana sob,mudah bukan..?? Makanya terus ikut dengan mimin saja... Jangan yang lain !!! Hehe. Begitulah yang dapat saya sampaikan mengenai belajar tenses - present perfect tense. Sobat juga dapat belajar tentang Present Continuous tense dengan klik link berikut ini. [Klik disini]. Sampai jumpa lain kali ya sob... Chou !!!
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar